Asuransi Mobil Toyota: Jenis dan Kelebihannya

Asuransi adalah salah satu bentuk proteksi keamanan yang sangat efektif untuk kendaraan Anda, saat resiko terburuk terjadi. Toyota sebagai pabrikan otomotif ternama di Indonesia, tentu juga menyediakan asuransi mobil. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai asuransi mobil Toyota.

Jenis Asuransi Pada Mobil Toyota

Asuransi pada mobil keluaran dari Toyota sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu All Risk, Total Loss Only (TLO), dan Kombinasi keduanya. Setiap produk asuransi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Baca Juga: 5 Syarat Klaim Asuransi Mobil dan Prosesnya

Asuransi All Risk

Produk pertama yang cukup banyak digunakan adalah All Risk atau berarti segala resiko. Seusai dengan deskripsinya, produk asuransi ini memberikan jaminan keamanan terhadap pemilik polis atas semua kerusakan yang ada.

Asuransi mobil Toyota jenis All Risk memang bersifat komprehensif, artinya semua kerusakan dari berbagai tingkat bisa diklaim dengan mudah. Apabila kendaraan Anda hilang atau mengalami tindakan kriminalitas sekalipun, pihak perusahaan asuransi bersedia mengganti kerugiannya.

Hal itu diimbangi dengan biaya premi bulanan yang cukup mahal. Penetapan harga tersebut tentunya didasarkan pada biaya ganti rugi secara penuh oleh perusahaan asuransi. Kendaraan yang bisa didaftarkan pada produk asuransi All Risk pun harus berusia minimal 8 tahun.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi dari Toyota selanjutnya bernama Total Loss Only (TLO). Berbeda dengan tipe All Risk yang menjamin seluruh kerusakan dan ganti rugi, TLO hanya menerima klaim jika kerusakan diatas 75%.

Nilai persentase tersebut ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan dasar kerusakan sebesar itu membuat kendaraan tidak bisa dipakai kembali. Oleh karenanya, apabila Anda mengajukan klaim pada kerusakan ringan, maka akan ditolak.

Walaupun fasilitas yang diberikan jauh berbeda dengan asuransi tipe All Risk, hal itu cukup adil dengan biaya premi yang terjangkau. Asuransi TLO lebih direkomendasikan untuk kalangan menengah ke bawah untuk menghindari berbagai resiko yang terjadi.

Asuransi Kombinasi

Bagi Anda yang menginginkan pola kombinasi pada asuransi kendara kesayangna, maka hal itu bisa diwujudkan. Asuransi kombinasi juga memudahkan para nasabah dalam memberikan jaminan keamanan dan ganti rugi untuk kendaraannya tanpa terbebani biaya berlebih.

Cara kerja dari asuransi kombinasi yaitu penggunaan asuransi ditetapkan pada periode tertentu, sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan. Pada umumnya, asuransi jenis TLO akan dipakai terlebih dahulu sebelum merasakan manfaat dari asuransi All Risk.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil Toyota

Setiap pemilik polis akan mendapatkan banyak benefit dan manfaat dari asuransi yang digunakannya. Keuntungan tersebut bisa mengarah kepada pemilik kendaraan maupun kendaraan yang diasuransikan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mendapatkan Layanan dan Perbaikan Premium

Keuntungan yang pertama yaitu Anda akan mendapatkan berbagai layanan dan perbaikan premium dari bengkel resmi Toyota di seluruh Indonesia. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bahwa pemegang asuransi selalu mendapat prioritas pelayanan sebagai wujud apresiasi.

Anda tidak perlu khawatir apabila dalam perjalanan menemukan kerusakan atau mengalami musibah yang mengakibatkan mobil ringsek. Segera bawa ke cabang bengkel Toyota terdekat, maka kendaraan tersebut akan segera tertangani dengan baik.

Memperoleh Suku Cadang Asli Produksi Toyota

Manfaat selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah setiap nasabah mempunyai kesempatan mendapatkan spare part original dari Toyota. Hal ini tidak akan Anda peroleh apabila memperbaiki di bengkel umum. Kalaupun bengkel tersebut menyediakan suku cadang asli, harganya tentu berbeda.

Seperti yang diketahui bahwa suku cadang asli mempunyai harga cenderung mahal. Jika perbaikan di bengkel resmi Toyota, maka hal itu sudah menjadi tanggungan pihak asuransi. Ditambah dengan mekanik yang handal sesuai standar perusahaan, kendaraan Anda akan ditangani secara maksimal.

Mendapatkan Jaminan Asuransi Total Loss Only (TLO)

Setiap pemilik polis asuransi mobil Toyota akan memperoleh jaminan asuransi Total Loss Only (TLO) di tahun pertama. Berbeda dengan produk TLO yang pada umumnya membebankan 75% kerusakan, fasilitas ini bisa diklaim pada kerusakan 50% saja.

Fasilitas tersebut diberikan oleh perusahaan Asuransi sebagai apresiasi atas kepercayaannya menggunakan produk Toyota. Jaminan TLO juga berlaku untuk semua orang yang membeli mobil baru dari Toyota.

Kepastian Hasil Perbaikan yang Tepat

Manfaat dari asuransi Toyota nomor 4 adalah setiap nasabah akan mendapatkan kepastian hasil perbaikan. Hal itu dikarenakan semua perbaikan di bengkel resmi Toyota ditangani langsung oleh mekanik handal dan berpengalaman. Kualifikasi tenaga kerja pun sudah sesuai standar perusahaan.

Sebagai bentuk kepastian hasil perbaikan, bengkel resmi Toyota juga memberikan jaminan atau masa garansi selama 1 tahun sejak perbaikan. Apabila ditemukan kendala yang sama pada kendaraan tersebut, maka nasabah tidak akan memperoleh perbaikan kembali secara gratis.

Terjangkau Oleh Bengkel Resmi Toyota

Keuntungan yang satu ini masih memiliki keterkaitan dengan fasilitas sebelumya. Dimanapun Anda berada, jika mengalami kendala akan dijangkau oleh bengkel Toyota terdekat. Lakukan panggilan telepon ke agen asuransi terdekat atau via Customer Service.

Setelah semua detail kerusakan atau kendala tersampaikan, pihak asuransi akan berkoordinasi dengan bengkel Toyota terdekat dari Anda. Selanjutnya, mereka akan mengirimkan mekanik ke lokasi yang dilaporkan untuk memperbaiki kendaraan tersebut.

Memperoleh Fasilitas Emergency Roadside Assistance

Selain semua keuntungan di atas, Anda juga akan memperoleh fasilitas dari asuransi mobil Toyota bernama Emergency Roadside Assistance. Fasilitas untuk para nasabah asuransi Toyota tersebut akan memberikan bantuan secara 24 jam penuh.

Bantuan yang diberikan pun tidak dikenai batasan tertentu. Anda bisa menyampaikan keluhan via telepon ke Customer Service untuk kemudian ditindaklanjuti. Beberapa bantuan yang ditawarkan adalah bantuan bengkel terdekat, mobil gandeng, dan mobil derek.

Leave a Reply

Your email address will not be published.