Asuransi Kesehatan Murni: Pengertian dan jenis

Untuk antisipasi terhadap jaminan kesehatan, kini banyak yang mulai sadar untuk mendaftarkan diri di asuransi. Untuk opsinya sendiri, ada yang disebut dengan asuransi kesehatan murni. Berikut ulasan terkaitnya untuk menambah wawasan Anda.

Pengertian Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang akan memberikan tanggungan finansial jika Anda memerlukan biaya pengobatan. Produk asuransi kesehatan yang murni sendiri tidak ditujukan untuk investasi.

Selain itu, asuransi murni juga menawarkan premi yang lebih terjangkau. Oleh sebab itu, asuransi yang satu ini cukup banyak dicari oleh orang di luaran sana dan mungkin salah satunya Anda.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Murni

Sebagai upaya memenuhi permintaan para pelanggannya, asuransi kesehatan ini tersedia dalam beberapa jenis. Dengan demikian, Anda bisa memilih dan menggunakan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini daftarnya.

Asuransi Kesehatan Keluarga

Jenis asuransi yang pertama yaitu keluarga. Asuransi kesehatan yang satu ini akan menanggung semua biaya pengobatan seluruh anggota keluarga yang dimiliki nasabah. Untuk itu, produk asuransi murni ini cocok sekali bagi Anda yang memiliki banyak anggota keluarga.

Asuransi Kesehatan Individu

Selain menyediakan asuransi untuk anggota keluarga, ada pula asuransi kesehatan individu. Produk asuransi yang kedua ini cocok bagi Anda yang senang memplaning masa depan secara individu. Di antara contoh asuransi kesehatan murni individu yaitu Allianz SmartHealth Maxi Violet.

Baca Juga: Produk Asuransi BNI Life Lengkap yang Bisa Dipilih

Asuransi Kesehatan Syariah

Jenis asuransi yang ketiga yaitu syariah. Asuransi nomor tiga ini cocok bagi Anda yang sedang mencari proteksi kesehatan berprinsip syariah. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi riba atau hal-hal lain yang bertentangan dengan syariah.

Sederet Rekomendasi Asuransi Kesehatan Murni

Sekarang ini banyak sekali asuransi kesehatan yang bermunculan. Saking banyaknya, Anda mungkin bingung memilihnya karena sebagian besar dari mereka pasti memberikan tawaran yang menggiurkan. Nah, berikut rekomendasi badan asuransi yang cocok untuk Anda.

Cigna Proteksi Sehat

Badan asuransi kesehatan yang recommended untuk Anda yaitu Cigna Proteksi Sehat. Asuransi murni ini menawarkan klaim cashless yang tersebar di 800 ribu lebih rumah sakit yang ada di Indonesia.

Jika Anda menggunakan asuransi ini, maka akan mendapatkan santunan harian untuk biaya inap sebesar Rp.300 ribu sampai Rp.1,5 juta. Selain itu, ada juga biaya pembedahan yang akan ditanggung oleh pihak asuransi sebesar Rp.3-15 juta.

Simas Sehat Gold

Badan asuransi kesehatan berikutnya yaitu Simas Sehat Gold. Asuransi kesehatan murni ini bisa dikatakan lebih lengkap dibandingkan dengan Cigna Proteksi Sehat. Pasalnya, tidak hanya santunan rawat inap saja yang akan ditanggung pihak asuransi, namun juga biaya konsultasi dokter.

Bagi nasabah yang ingin berkonsultasi dengan dokter, baik umum maupun spesialis, pihak asuransi akan menanggung biayanya sesuai tagihan rumah sakit. Selain itu, biaya rawat jalan sampai santunan meninggal dunia pun juga ada.

AXA Mandiri Smartcare Executive

Selain badan asuransi di atas, ada pula AXA Mandiri Smartcare Executive yang menyediakan pelayanan jauh lebih lengkap. Tidak hanya biaya rawat jalan, konsultasi ke dokter atau rawat inap, asuransi murni ini juga mau menanggung biaya rawat ICU, pembedahan hingga ambulan.

Lippo HealthPlus Family

Rekomendasi asuransi kesehatan berikutnya yaitu Lippo HealthPlus Family. Asuransi tersebut cocok bagi Anda yang mencari pertanggungan biaya kamar dan rawat inap saja. Untuk rawat inap, asuransi ini akan menanggung semua tagihan yang diminta pihak rumah sakit tanpa batasan maksimum.

Sedangkan untuk kamarnya, Lippo HealthPlus akan menanggung biayanya hingga Rp.1,4 juta perhari. Lebih menariknya lagi, limit manfaat tahunan dari asuransi ini bisa mencapai Rp.300 juta.

Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi kesehatan murni terkenal sebagai produk asuransi yang memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Bagi Anda yang penasaran apa saja manfaat yang akan didapatkan ketiga menggunakan asuransi ini, simak ulasan berikut.

Biaya Lebih Rendah

Salah satu keuntungan paling terlihat saat menggunakan asuransi kesehatan yang murni adalah biayanya lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan asuransi ini tidak memiliki pembagian alokasi dari premi yang dibayarkan.

Nasabah Tidak Mengalami Kerugian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asuransi kesehatan ini memberikan manfaat tanpa investasi. Dengan demikian, para nasabah juga tidak mungkin mengalami kerugian sebagaimana asuransi kesehatan yang menggunakan sistem investasi.

Biaya Premi Sangat Terjangkau

Selain kedua manfaat di atas, asuransi kesehatan ini cocok sekali dipilih karena biaya preminya sangat terjangkau. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk investasi, akuisisi dan biaya lainnya.

Cara Tepat Memilih Badan Asuransi Kesehatan Murni Terpercaya

Bingung memilih badan asuransi mana yang terpercaya dan terbaik? Mari simak ulasan berikut. Di bawah ini akan diulas terkait cara tepat memilih badan asuransi kesehatan.

Pilih Badan Asuransi yang Menyediakan Sistem Klaim

Badan asuransi bisa dikatakan baik apabila menyediakan sistem klaim untuk nasabahnya. Oleh karena itu, pilih badan asuransi yang menyediakan klaim, baik cashless atau reimbursement.

Pilih Badan Asuransi yang Menyediakan Pre-Existing Condition

Biasanya, pihak asuransi tidak mau menanggung penyakit yang sudah ada ketika nasabah mendaftarkan diri. Akan tetapi, beberapa asuransi ternyata ada yang mau menanggung biaya pengobatannya dengan beberapa syarat khusus.

Pilih Badan Asuransi yang Mau Menanggung Biaya Rawat Jalan

Umumnya, badan asuransi kesehatan hanya mau menanggung biaya rawat inap saja. Namun, terdapat pula yang mau menanggung biaya rawat jalan meskipun jumlahnya sangat sedikit. Bagi Anda yang mencari asuransi terbaik, sebaiknya mencari yang mau menanggung biaya rawat jalan.

Sebelum menggunakan asuransi kesehatan murni, sebaiknya Anda cari informasi dulu sebanyak-banyaknya agar tidak mengalami kerugian. Supaya lebih jelas, informasi tersebut bisa Anda dapatkan dari orang-orang yang paham atau sudah pernah menggunakan asuransi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *