Daftar Asuransi Mobil Terbaik dan Tips Memilihnya

emberikan jaminan keamanan pada aset yang dimiliki merupakan langkah antisipasi untuk kemungkinan terburuk. Salah satu aset berharga yang diasuransikan adalah mobil. Berikut ini beberapa tips memilih asuransi mobil terbaik beserta daftar rekomendasinya.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Sebelum Anda mempelajari daftar rekomendasi asuransi mobil yang terbaik, ada baiknya untuk mengetahui tips memilihnya. Hal ini akan mempermudah dalam menentukan jenis asuransi serta mendapatkan keuntungan maksimal.

Pilih Jenis Asuransi yang Sesuai

Tips pertama dalam menentukan asuransi untuk kendaraan Anda yaitu memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti diketahui bersama, bahwa asuransi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Setiap produk asuransi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, All Risk dan TLO juga memiliki segmen pasar tersendiri. All Risk lebih cocok untuk kalangan menengah ke atas, sedangkan TLO direkomendasikan untuk kalangan menengah karena murah.

Pilih Asuransi yang Punya Bengkel Rekanan Luas

Dalam menentukan asuransi mobil terbaik, Anda juga harus memperhatikan bengkel rekanan yang tersedia di seluruh Indonesia. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena pertolongan pertama saat terjadi kerusakan adalah melalui tempat tersebut.

Pastikan asuransi yang Anda pilih mempunyai relasi bengkel di setiap kotamadya atau kawasan karesidenan. Cara ini berguna untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan klaim atau menerima perbaikan kendaraan yang diasuransikan.

Periksa Legalitas & Kredibilitas Perusahaan

Aspek ketiga dalam menentukan pilihan asuransi mobil yang terbaik yaitu legalitas dan kredibilitas perusahaan. Jangan sampai karena Anda tergiur harga murah dengan fasilitas mewah, namun tidak mengantongi izin secara resmi.

Anda juga bisa menilai kredibilitas perusahaan asuransi yang akan dipilih dengan melihat Risk Based Capital (RBC) nya. Setiap lembaga atau perusahaan asuransi akan dianggap sehat jika memenuhi nilai RBC minimal 120%.

Bandingkan Harga Premi dengan Fasilitas yang Didapatkan

Tips terakhir dalam memilih asuransi terbaik untuk kendaraan Anda yaitu membandingkan harga premi dengan fasilitas yang diperoleh. Beberapa orang memilih harga murah karena menyesuaikan dengan kemampuan, padahal keputusan tersebut kurang tepat.

Usahakan dalam menentukan polis yang Anda inginkan sudah sesuai dengan benefit dari produk tersebut. Harga murah dengan fasilitas minim tentu akan menyulitkan diri sendiri ketika terjadi resiko terburuk. Akan lebih baik jika Anda membeli polis agak mahal namun semua kebutuhan terpenuhi.

Daftar Asuransi Mobil Terbaik

Setelah Anda menyimak berbagai tips diatas, baca ulasan di bawah ini sebagai salah satu referensi dan rekomendasi dalam memilih asuransi mobil. Sesuaikan dengan nilai pendapatan dan kebutuhan dari polis yang tersedia.

Asuransi Mobil Sinarmas

Pilihan pertama yang bisa dijadikan pertimbangan adalah asuransi mobil Sinarmas. Perusahaan tersebut menyediakan dua jenis asuransi, yaitu All Risk dan TLO. Keduanya bisa dipilih secara bebas oleh masing-masing nasabah.

Biaya premi setiap bulannya mulai dari Rp 35 ribu untuk jenis TLO dan Rp 175 ribu untuk tipe All Risk. Keunggulan dari asuransi Sinarmas yakni klaimnya hanya membutuhkan 1 hari kerja melalui aplikasi. Selain itu, Anda juga diberikan fasilitas gratis naik taksi selama mobil dalam perbaikan.

Asuransi Mobil Adira Autocillin

Asuransi mobil terbaik selanjutnya yaitu Adira Autocillin. Pada produk Autocillin, Adira hanya menyediakan satu jenis asuransi mobil, yaitu All Risk. Walaupun demikian, fasilitas yang didapatkan oleh para nasabah sangatlah lengkap.

Anda akan mendapatkan fasilitas berupa gratis towing dan perpanjangan STNK saat menjadi pemilik polis dari Adira Autocillin. Tidak hanya itu, proses klaim menggunakan aplikasi hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja saja.

Asuransi Mobil Adira Syariah

Masih dari perusahaan Adira, terdapat asuransi yang lebih ramah di kantong bernama Adira Syariah. Biaya premi setiap bulannya adalah Rp 71 ribu untuk tipe TLO dan Rp 281 ribu bagi pemilik polis All Risk. Para nasabah juga semakin dimudahkan dengan 300 lebih bengkel rekanan dari Adira.

Proses pengajuan klaim menggunakan aplikasi pada Adira Syariah juga sangat cepat, yakni 1 hari kerja. Keuntungan paling utama dari produk tersebut adalah semua biaya premi akan dikembalikan jika tidak ada klaim dari nasabah.

Asuransi All Risk dan TLO MAG

TLO MAG adalah produk asuransi tipe All Risk dari PT Asuransi Multi Artha Guna. Biaya premi asuransi ini mulai dari Rp 782 ribu setiap tahunnya. Usia mobil yang diterima oleh perusahaan tersebut yaitu 10 tahun.

Anda dapat mengajukan klaim asuransi TLO MAG melalui aplikasi dan akan diproses hanya dalam kurun waktu 1 hari kerja. Tidak hanya itu, keuntungan lain dari asuransi ini adalah mempunyai relasi bengkel rekanan lebih dari 500 gerai di seluruh Indonesia.

Asuransi Mobil ACA

PT Asuransi Central Asia juga tidak mau kalah dengan berbagai perusahaan asuransi lainnya. Produk yang disediakan adalah tipe All Risk dengan nominal premi setiap tahunnya mulai dari Rp 782 ribu.

Proses pengajuan klaim asuransi dari ACA tersebut juga sangat mudah dan cepat, yakni 1 hari kerja melalui aplikasi. Keuntungan menarik lainnya adalah setiap nasabah akan disediakan mobil pengganti saat kendaraan diperbaiki secara gratis.

Asuransi Kendaraan All Risk Tugu Pratama

Asuransi mobil terbaik berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan yaitu Tugu Pratama. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi kendaraan tipe All Risk dengan biaya premi mulai dari Rp 33 ribu saja. Walaupun terbilang murah, Tugu Pratama juga memiliki lebih dari 300 bengkel rekanan.

Hal yang menarik dari asuransi mobil Tugu Pratama yaitu bisa melakukan klaim reimburse di bengkel non rekanan. Prosedur yang ditentukan oleh perusahaan adalah nasabah mengajukan permohonan terlebih dahulu. Apabila sudah mendapat persetujuan, Anda bisa mendapatkan penggantian dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.