Apa Itu Jurusan Aktuaria

Apa Itu Jurusan Aktuaria ? Inilah Penjelasan Lengkap Dan Informasi Jurusan Aktuaria

Apasih Jurusan Aktuaria Itu? Teman-teman jika kalian sekarang lagi duduk di kelas 12 SMA dan belum tau mau kuliah di jurusan apa nanti, saya punya tulisan yang harusnya sih bisa ngebantu kalian. Kali ini saya mau membahas salah satu jurusan yang sekarang rame peminatnya. Mau tau tidak jurusan apa? Jurusan nya adalah jurusan aktuaria. Semakin tambah tahun maka semakin berkembang juga bidang keuangan dan perbankan di mana pun. Jurusan ini semakin banyak dikenal dikalangan masyarakat bahkan jurusan ini sudah menjadi incaran calon mahasiswa.
Apakah sobat salah satu calon mahasiswa yang mengincar jurusan bidang aktuaria?

Kenapa Harus Memilih Jurusan Akturia

Tau ga sih sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Aktuaria. Jurusan Aktuaria langka di Indonesia. Mengapa dikatakan langka, karena tidak semua perguruan tinggi memiliki jurusan ini. Padahal, tenaga pendidik untuk jurusan ini masih cukup banyak di Indonesia. Selain itu beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk kuliah di Jurusan Aktuaria yaitu: Lulusannya tersebar di perusahaan besar, Gaji yang ditawarkan untuk profesi aktuaris tergolong tinggi, Meningkatkan kemampuan aplikatif berhitung dan bernalar karena permasalahan yang di dalam bidang ini cukup kompleks

Baca Juga : Pengertian Saintek Adalah dan Soshum Lebih dalam Lagi

Nah didalam Artikel ini akan dijelaskan apa itu Jurusan Aktuaria beserta prospek kerjanya
Program Studi Ilmu Aktuaria masih terdengar langka terdengar di telinga masyarakat karena jurusan aktuaria ini tergolong baru di Indonesia. Untuk calon mahasiswa baru yang berminat mendaftar di Jurusan Aktuaria pastinya yang sudah memiliki ketetarikan pada bidang matematika karena dijurusan ini bidang ilmu matematika sangatlah dipentingkan atau dibutuhkan di program studi aktuaria ini. Meskipun demikian, program studi ini terbuka bagi lulusan SMA baik jurusan IPA/IPS, maupun SMK.

Jurusan Aktuaria adalah Jurusan yang masuk kedalam FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Sejarah lahirnya Jurusan aktuaria muncul untuk menjawab meningkatnya permintaan terhadap produk asuransi. Kenapa gitu? Jadi kalau sobat daftar asuransi, sobat pastinya akan membayar yang namanya premi. Untuk pembayaran nya bisa bulanan dan juga bayarnya per tahun. Ada banyak pertanyaan gimana sih cara nentuin besaran preminya? Jadi ada beberapa cara dan rumus nih, perhitungan premi di sini bisa dilakuin pakai ilmu aktuaria.
ilmu yang selalu mempelajari pengelolaan risiko keuangan di masa yang datang disebut dengan aktuaria. Didalam Jurusan Aktuaria sobat pasti mempelajari mata kuliah yaitu tentang ilmu tentang probabilitas, matematika, statistik, keuangan, dan pemrograman.

Ada beberapa bidang yang dipelajari di Jurusan Aktuaria.

Matematika Finansial. Bidang yang paling pertama dipelajari adalah matematika Finansial dimana pada bidang ini kalian akan mempelajari tentang tingkat suku bunga dan anuitas (rangkaian pembayaran atau penerimaan yang sama jumlahnya). Mata kuliah yang sama dengan matematika finansial contohnya adalah pengantar matematika finansial dan matematika dana pensiun.

Peluang dan Statistika. Bidang yang kedua adalah peluang dan statistika. Pada bidang peluang dan statistika untuk jurusan aktuaria pastinya juga mempelajari bagaimana pengantar teori peluang, analisis data, variabel acak dan karakteristiknya, serta konsep pengujian hipotesis untuk membuat suatu keputusan.

Baca Juga : Jurusan Kuliah IPA Mana Nih yang “Kamu” Banget?

Akuntansi. Bidang yang ketiga yaitu akuntansu. Pada bidang ini dimana akan mempelajari tentang apa itu prinsip-prinsip dasar akuntansi, bagaimana konsep akuntansi dalam laporan tahunan, bagaimana akuntansi untuk aset investasi, serta analisis laporan keuangan.

Ekonomi. Pada bidang ini akan mempelajari tentang mikroekonomi dan makroekonomi.
Pemodelan dan Teori Risiko. Bidang pemodelan dan teori resiko berikatan dengan bidang asuransi,misalnya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi umum serta pemodelan dalam industri asuransi.

Wah, ternyata banyak juga bidang-bidang ilmu yang berkaitan dengan aktuaria. Menarik untuk dipelajari, bukan? Apalagi untuk Quipperian yang suka pelajaran hitung-hitungan, pas banget jadi mahasiswa jurusan aktuaria!

Ada yang bercita-cita menjadi aktuaris? jika kalian sudah mulai bercita-cita menjadi seorang aktuaris jangan sampai melewatkan 5 informasi penting tentang ilmu aktuaria dan profesi aktuaris di dalam artikel ini supaya lebih paham lagi dengan bidang aktuaria dan seluk-beluk di dalamnya.

Berikut 5 informasi penting tentang ilmu aktuaria:

1. Aktuaria berkaitan sama industri asuransi

Aktuaria sangatlah berkaitan erat dengan industri asuransi. Diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwasanya aktuaria itu adalah hal yang berikatan dengan penaksiran sebelum penetapan asuransi. Orang yang telah berprofesi aktuaris mempunyai peranan penting dalam industri asuransi, ia ditugaskan sebagai penilai risiko, penerjemah risiko, penaksir dan pengkalkulasi kemungkinan terjadinya kemungkinan risiko.

2. Aktuaria berperan di investasi dan keuangan

Diambil dari CRICOS Provider Code 00002J dijelaskan bahwa Aktuaria selalu dengan investasi selain dengan investasi Aktuaria juga dikaitkan oleh valuasi asset (investment and valuation), Manajemen Risiko (risk management), asuransi (insurance), dan dana pension superannuation.

3. Apa peran Aktuaria dalam Keuangan?

Tanggung jawab seorang aktuaris di dunia keuangan sangatlah banyak. Seorang aktuaris memiliki tugas dan wewenang yaitu sebagai berikut : menggunakan tingkat mortalita membuat dan menetapkan harga produk asuransi, tingkat investasi, skala biaya, klasifikasi risiko, tingkat morbidita, dan juga skala penjualan. Untuk menjadi aktuaria Kamu harus bisa menjamin kesehatan keuangan dengan memastikan kecukupan kewajiban

4. memiliki kemampuan dan tanggung jawab

Seorang Aktuaris harus memiliki kemampuan dan juga tanggung jawab karna aktuaris masih langka dan dangat dibutuhkan maka dari itu harus meningkatkan kemampuan untuk menjadi aktuaris. Aktuaris adalah pekerjaan yang memiliki gaji yang sangat tinggi.

5. caranya menjadi seorang aktuaria

Dizaman sekarang belom banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan aktuaria bahkan ada perguruan tinggi yang membuat jurusan aktuaria untuk gabungan antara ilmu matematika dan ilmu statistika dan juga bahkan ada yang menjadikannya sebagai pendidikan manajemen. Buat yang berminat menjadi seorang aktuaria sangatlah diperlukan pendidikan yang telah mensyaratkan untuk sudah lulus dari berbagai teori baik ekonomi, akuntansi, probabilitas dan statistic, juga matematika asuransi , teori risiko dan masih banyak lagi.

Ada yang bertanya apa sih gelar dari jurusan akturia?

lulus kuliah dari Jurusan Aktuaria akan mendapat gelar Sarjana jurusan Aktuaria (S.Aktr), tetapi itu belum bisa disebut sebagai aktuaris, mengapa? karena untuk menjadi seorang aktuaris, harus mengikuti dan harus lulus ujian profesi aktuaris yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Profesi aktuaris tengah menjadi sorotan atau prioritas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang gencar melakukan sosialisasi program 1000 aktuaris. Dari beberapa data yang ada bahwa data menyebutkan saat ini jumlah aktuaris di Indonesia baru memenuhi sekitar 50% dari kuota yang diharapkan. Jadi, hal tersebut bisa membuka peluang yang besar bagi calon aktuaria yang ingin berkarier di bidang ini. Semangat ya!
Semua pasti bisa jika sudah ada niat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.