Manfaat Asuransi Mobil

9 Manfaat Asuransi Mobil Adalah Sebagai Berikut

Manfaat asuransi mobil adalah untuk memberikan jaminan risiko finansial terhadap kendaraan Anda. Hal tersebut barulah satu dari sekian banyaknya manfaat mengasuransikan mobil Anda. Manfaat-manfaat tersebut dapat ditinjau secara umum maupun khusus seperti berikut ini.

Jaminan Perlindungan Mobil

Waktu kedatangan musibah pada kendaraan atau saat berkendara tidak ada yang tahu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan antisipasi dini. Hal ini karena kerugian pasti akan diperoleh, jika sewaktu-waktu terjadi, kerusakan, kecelakaan, maupun pencurian menimpa Anda.

Apabila Anda mengasuransikan mobil, perusahaan asuransi akan memberikan jaminan agar kerugian yang diperoleh tidak berlebihan. Ketika mobil yang terdaftar asuransi mengalami kerusakan atau kecelakaan, pihak asuransi dapat membantu meringankan biaya perbaikannya.

Manfaat satu ini memang tidak akan Anda rasakan secara langsung di awal mendaftarkan asuransi mobil. Akan tetapi, ini akan sangat membantu Anda di kemudian hari.

Baca Juga: Asuransi Mobil Autocillin: Pilihan Produk dan Jaminannya

Solusi untuk Risiko Tingginya Tingkat Kecelakaan

Korlantas Polri mencatat angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 103.645 kasus. Data ini menunjukan bahwa risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas pada kendaraan bermotor amatlah tinggi.

Anda pun bisa saja menjadi salah satu pengendara yang mengalaminya. Oleh karena itu, keikutsertaan asuransi mobil sangat berguna untuk membantu menanggung biaya kerugian yang disebabkan kecelakaan pada mobil jika sewaktu-waktu terjadi.

Perencanaan Keuangan Lebih Baik

Salah satu manfaat asuransi mobil adalah membuat perencanaan keuangan Anda jadi lebih baik. Ini karena Anda telah menyisihkan sebagian dari dana darurat untuk keperluan khusus yaitu perbaikan mobil. Ini juga memungkinkan Anda tidak perlu merogoh kocek besar untuk keperluan tersebut.

Coba bandingkan apabila tidak menggunakan asuransi mobil. Pada bulan dimana terjadi kerugian, Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak dibanding bulan-bulan sebelumnya. Belum lagi jika terjadi kecelakaan, ditambah biaya perawatan pasca kecelakaan yang membuat pengeluaran tidak terkendali.

Asuransi mobil memungkinkan pengeluaran bulanan Anda stabil. Pada bulan-bulan pasca perbaikan pun, keuangan Anda tidak akan terganggu. Hal ini karena asuransi telah melingkupi biaya tinggi yang seharusnya dikeluarkan.

Belum lagi, biaya yang diperlukan untuk perbaikan mobil tidak bisa dikatakan murah. Kocek yang dikeluarkan setidaknya mencapai jutaan rupiah. Apalagi jika terjadi kerugian yang sangat besar seperti pencurian mobil.

Selain dapat digunakan untuk memberikan proteksi pada mobil pribadi, asuransi mobil juga dapat digunakan untuk mobil operasional perusahaan. Ini juga akan memberikan manfaat yang sama pada keuangan perusahaan pada risiko tertentu yang bisa dialami.

Cara Lain untuk Investasi Mobil

Mobil yang terproteksi asuransi memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Oleh karena itu mengasuransikan mobil dapat menjadi salah satu wujud investasi terbaik. Sehingga, ketika ingin menjualnya serta kelengkapan asuransi, Anda tentu akan sedikit diuntungkan.

Memberikan Rasa Aman dan Ketenangan Batin

Selain beberapa daftar di atas, manfaat asuransi mobil adalah memberikan perasaan aman dan ketenangan batin pada saat berkendara. Ini mengingat ada asuransi yang akan menanggung biaya kerugian ataupun kerusakan pada mobil.

Meskipun demikian, Anda harus tetap berhati-hati dalam berkendara. Hal ini perlu dilakukan agar tidak merugikan pengguna jalan lainnya.

Lebih Praktis

Beberapa asuransi menawarkan layanan penjemputan mobil ketika terjadi kerusakan. Cukup dengan menghubungi pihak asuransi, dan sampaikan lokasi mobil yang diasuransikan, maka mobil Anda pun akan dijemput dan diantarkan ke bengkel.

Hal ini tentu membuat Anda tidak perlu repot mencari bantuan penjemputan sendiri untuk mengantarkan mobil tersebut ke bengkel.

Setelah Anda melakukan klaim penjemputan dan pengantaran ke bengkel, mobil pun akan segera diperbaiki. Apabila seluruh proses perbaikan sudah selesai, mobil akan kembali diserahkan ke lokasi yang Anda cantumkan di polis.

Memelihara Nilai Kendaraan

Berikutnya, manfaat asuransi mobil adalah memelihara nilai kendaraan. Hal ini karena setiap mobil berpotensi mengalami risiko kerusakan. Asuransi mobil hadir dengan menawarkan dan memberikan perlindungan untuk mengcover biaya perbaikan.

Adanya pergantian biaya kerusakan pada mobil membuat Anda tidak ragu lagi untuk melakukan perbaikan. Dengan begitu, kualitas dan nilai mobil Anda akan tetap terjaga. Asuransi akan membantu Anda memastikan mobil selalu dalam kondisi terbaik.

Manfaat ini sangat berguna bagi Anda yang bermaksud untuk menjual mobil di kemudian hari. Hal ini karena nilai jual mobil akan berbanding lurus dengan kualitas kendaraan Anda. Apabila dijumpai kerusakan fisik maupun mesin yang parah pada mobil Anda, tentu akan mempengaruhi nilai jualnya.

Memperoleh Perlindungan Terhadap Pengemudi

Tak hanya menjamin penggantian rugi terhadap kerusakan mobil, beberapa asuransi juga menawarkan tambahan layanan yang mengcover kecelakaan diri. Hal ini memiliki arti bahwa asuransi mobil juga melingkupi jaminan biaya perawatan rumah sakit bagi pengemudi dan penumpang mobil.

Selain itu, asuransi juga akan menanggung risiko perawatan mulai dari luka ringan, luka berat yang mengakibatkan cacat, bahkan kematian karena kecelakaan mobil.

Memperoleh Layanan Tambahan

Mengasuransikan mobil juga memungkinkan Anda mendapatkan layanan tambahan. Salah satu layanan tambahan yang dimiliki oleh asuransi mobil adalah jaminan perlindungan 24 jam.

Jaminan ini merupakan layanan hotline service yang dapat Anda hubungi kapan saja untuk membantu keadaan darurat. Keberadaan layanan tambahan ini membuat Anda tidak perlu merasa khawatir apabila mengalami kondisi darurat di luar jam kerja.

Selain itu, ada juga yang memberi opsi layanan tambahan berupa pertanggungan biaya untuk keperluan derek mobil. Bahkan, termasuk bantuan untuk mengurusi persoalan dengan pihak berwajib, dan sejenisnya.

Beberapa perusahaan asuransi juga menyediakan pilihan layanan tambahan seperti jaminan spare part asli untuk aksesoris mobil. Dengan ini, salah satu manfaat asuransi mobil adalah memperoleh jaminan perluasan yang dapat Anda konsultasikan dengan pihak penyedia jasa asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *