Cara Daftar Asuransi Kesehatan BPJS dan Swasta

Kini, asuransi kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan karena biaya kesehatan terus meningkat. Jika Anda sudah memiliki asuransi, berapapun tanggungan medis yang harus dibayarkan tidak menjadi persoalan. Cara daftar asuransi kesehatan pun mudah.

Namun, sebelum masuk ke tata caranya, perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis asuransi kesehatan yang tersedia, yaitu dari BPJS dan pihak swasta. Lebih jelasnya, silahkan Anda simak uraian di bawah ini.

Cara Daftar Asuransi Kesehatan ke BPJS

Asuransi kesehatan dari BPJS tergolong mudah untuk didapatkan asalkan Anda melakukannya sesuai prosedur. Untuk mendapatkannya, Anda bisa daftar secara online atau offline dengan mendatangi langsung kantor BPJS yang ada di daerah tempat tinggal.

Baca Juga : Asuransi Mobil Garda Oto: Pilihan Produk dan Cara Klaim

Cara Daftar Asuransi Kesehatan BPJS Secara Online

Cara daftar asuransi kesehatan BPJS secara online banyak dipilih karena lebih fleksibel dan tidak perlu mengantri. Selain itu, Anda juga tidak perlu download aplikasi karena pendaftaran online bisa diakses melalui situs website.

Namun, sebelum membuka alamat websitenya, terlebih dahulu siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut di antaranya, KK, KTP, kartu NPWP, nomor telepon dan alamat email. Setelah semuanya siap, selanjutnya buka website bpjs-kesehatan.go.id di Google Chrome.

Apabila halaman website sudah terbuka, cara daftar asuransi kesehatan selanjutnya yaitu isi semua formulir dengan benar. Jangan lupa juga untuk mengupload data sesuai ketentuan yang ada. Setelah itu, pilih besaran iuran sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda.

Jika semua data yang diminta telah diisi, selanjutnya simpan data tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapatkan nomor registrasi yang akan dikirim melalui email. Apabila sudah muncul notifikasi email, cetak virtual account dan silahkan pergi ke bank yang ditunjuk untuk melakukan pembayaran.

Setelah pembayaran lunas, beberapa saat kemudian akan muncul email yang berisi kartu ID BPJS. Kartu tersebut bisa Anda cetak sendiri, sedangkan kartu JKN-KIS dicetak di kantor cabang.

Cara Daftar Asuransi Kesehatan BPJS Secara Offline

Selain pendaftaran secara online, asuransi BPJS juga bisa didapatkan melalui pendaftaran offline. Bagi yang menghendaki pendaftaran secara offline, Anda bisa datang langsung ke kantornya. Namun sebelum itu, siapkan dulu berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas hampir sama dengan cara online.

Setelah berkas siap, silahkan pergi ke kantor BPJS dan isi formulir pendaftarannya. Formulir tersebut harus Anda isi secara lengkap dan benar. Bila perlu, cek ulang isian formulir sebelum Anda serahkan ke petugas BPJS.

Data-data yang ada di formulir selanjutnya akan diinput oleh petugas ke dalam sistem. Setelah itu, Anda akan mendapatkan nomor virtual account dan jumlah iuran. Iuran tersebut harus segera Anda bayar ke bank yang telah ditunjuk pihak BPJS.

Jika iuran sudah lunas, cara daftar asuransi kesehatan berikutnya yaitu serahkan bukti pembayaran tersebut ke petugas BPJS guna mencetak kartu JKN-KIS. Setelah dicetak, kartu baru akan aktif 2 minggu kemudian.

Cara Daftar Asuransi Kesehatan Swasta

Selain BPJS, asuransi kesehatan juga bisa didapatkan melalui perusahan-perusahaan swasta. Cara pendaftarannya juga tidak sulit. Bagi Anda yang berkenan menggunakan asuransi kesehatan swasta, cara pendaftarannya bisa dilakukan secara online dan offline. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Daftar Asuransi Kesehatan Swasta Secara Online

Daftar asuransi kesehatan di perusahaan swasta yang pertama bisa Anda lakukan secara online. Cara ini memang lebih praktis, namun Anda harus secara mandiri memilih produk asuransinya. Terlebih lagi, setiap perusahaan memiliki tata cara yang berbeda-beda.

Namun, secara umum tata caranya hampir sama. Langkah pertama, pendaftaran asuransi kesehatan secara online bisa diakses melalui situs website masing-masing perusahaan. Setelah situs website terbuka, isi formulir pendaftaran yang ada di halaman tersebut.

Kemudian, pilih jumlah iuran per bulan sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Iuran per bulan semacam ini dinamakan dengan premi. Setelah memilih jumlah iuran, simpan semua data yang telah Anda isi dalam formulir.

Tidak lama, akan muncul notifikasi email masuk yang berisi nomor registrasi. Silahkan Anda cetak virtual account tersebut dan lakukan pembayaran. Pada cara daftar asuransi kesehatan yang satu ini, pembayarannya juga harus dilakukan sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Setelah pembayaran lunas, tidak berapa lama kemudian Anda akan mendapatkan telepon dari perusahaan asuransi untuk meminta konfirmasi. Ikuti semua prosedur yang diminta agar asuransi Anda bisa segera aktif.

Cara Daftar Asuransi Kesehatan Swasta Secara Offline

Apabila pendaftaran secara online dianggap rumit, silahkan lakukan secara offline. Pendaftaran secara offline tentu sangat menguntungkan karena bisa sekaligus konsultasi terkait produk asuransi mana yang tepat untuk Anda gunakan.

Untuk proses pendaftarannya sendiri, Anda harus datang langsung ke perusahaan yang menyediakan jasa asuransi kesehatan dengan membawa berkas persyaratan. Pendaftaran secara offline akan sedikit beda dengan cara online.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, biasanya, para calon nasabah akan terlebih dulu diwawancarai mengenai data dirinya oleh pihak asuransi. Setelah itu, pihak asuransi akan memberikan penjelasan secara detail terkait manfaat asuransi kesehatan yang dipilih sesuai kesanggupan premi.

Apabila Anda setuju, silahkan isi dokumen secara benar dan lengkap. Jangan lupa juga untuk menandatangani dokumen tersebut sebagai bukti persetujuan. Setelah itu, serahkan ke pihak asuransi agar datanya diajukan ke kantor pusat.

Setelah membaca pembahasan di atas, Anda semakin yakin bukan jika cara daftar asuransi kesehatan itu sangat mudah dilakukan? Selain manfaat berupa proteksi kesehatan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan investasi juga. Karenanya, daftar asuransi ini cukup disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.