Asuransi Kesehatan Prudential: Daftar Produk dan Keunggulannya

Asuransi kesehatan Prudential telah cukup dikenal publik dan menjadi salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan Prudential merupakan penyedia layanan asuransi kesehatan yang telah ada sejak dulu. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Seputar Asuransi Prudential Indonesia

PT. Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia merupakan bagian dari perusahaan Prudential plc di London, Inggris. Prudential Indonesia itu sendiri didirikan pada tahun 1995, sehingga usianya saat ini telah mencapai 67 Tahun.

Di lingkup Asia, Prudential Indonesia menginduk pada kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA) yang bertempat di Hong Kong. Prudential Indonesia berpegang pada pengalaman internasional dalam menjalankan perusahaannya.

Bertitik tolak di bidang asuransi jiwa, serta berbekal pengetahuan dan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia pun berkomitmen untuk mengembangkan bisnis di Indonesia.

Baca Juga : Asuransi Mobil Toyota: Jenis dan Kelebihannya

Pada awal peluncurannya pada tahun 1999, produk asuransi yang ditawarkan adalah yang berkaitan dengan investasi (unit link). Pada tahun tersebut, Prudential Indonesia memimpin produk unit link tersebut di pasar Asia.

Kemudian, di tahun 2007 Prudential Indonesia kembali meluncurkan Unit Usaha Syariah. Hal itu, membuat Prudential Indonesia kembali menjadi pimpinan pasar asuransi jiwa berbasis syariah di Indonesia pada tahun pertama berdirinya.

Asuransi kesehatan Prudential sudah memiliki Unit Usaha Syariah dari tahun 2007. Hal ini membawa Prudential pun banyak dianggap sebagai yang pemimpin pasar asuransi jiwa berbasis syariah sejak awal pendiriannya di Indonesia.

Hingga barulah pada tanggal 31 Desember 2019, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta. Tak hanya itu, kantor pemasaran juga telah tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Medan, Batam, Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Denpasar.

Saat ini, telah ada sekitar 383 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Batam. Lebih dari 260.000 agen asuransi profesional yang berlisensi yang tersebar di seluruh Indonesia, dan telah lebih dari 2 juta pengguna terlayani.

Prudential Indonesia saat ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, Anda tak perlu khawatir lagi apabila ingin bergabung dengan asuransi kesehatan Prudential.

Ragam Produk-Produk Asuransi yang Ditawarkan

Prudential Indonesia menawarkan hingga dua belas jenis produk asuransi kesehatan yang dapat Anda pilih. Produk asuransi yang ditawarkan terbagi menjadi dua kategori yaitu asuransi yang konvensional, dan asuransi yang berbasis syariah.

Produk-produk asuransi kesehatan konvensional Prudential di antaranya adalah PRUSolusi Sehat, PRUPrime Healthcare, PRUPrime Healthcare Plus, PRUMed Cover, PRUCritical Hospital Cover, dan PRUHospital & Surgical Cover Plus.

Sementara itu, produk asuransi prudential syariah meliputi PRUSolusi Sehat Syariah, PRUPrime Healthcare Syariah, PRUPrime Healthcare Plus Syariah, PRUMed Cover Syariah, PRUCritical Hospital Cover Syariah, dan PRUHospital & Surgical Cover Plus Syariah.

Keunggulan Produk Asuransi Prudential

Keunggulan asuransi kesehatan Prudential yang pertama adalah fleksibilitas dalam memilih tipe kamar dan batas harga kamar, serta wilayah pertanggungan asuransi. Cakupan wilayah asuransi kesehatan Prudential juga menjangkau hingga ke seluruh dunia, sesuai dengan rencana yang dipilih.

Limit manfaatnya mencapai Rp. 65 miliar, dengan limit booster sesuai dengan rencana yang dipilih. Sementara itu, masa pertanggungan asuransi kesehatan minimal satu tahun dan dapat diperpanjang sampai usia 99 tahun.

Manfaat kunjungan dokter umum dan spesialis ataupun sub spesialis setiap jenis spesialisasinya masing-masing dua kali perhari. Pembayaran manfaat apabila dilakukan perawatan di luar wilayah pertanggungan pada persentase tertentu berpedoman pada ketentuan polis.

Manfaat masa perawatan yang diperoleh adalah selama 30 hari sebelum dan 90 hari setelah tindakan bedah rawat jalan (one day surgery). Manfaat rawat jalan untuk kanker dan cuci darah adalah sesuai dengan tagihan, baik dengan atau tanpa rawat jalan sebelumnya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Premi Asuransi Kesehatan

Premi adalah kewajiban pengguna layanan membayarkan sejumlah dana kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung. Setiap bulannya, jumlah dana yang harus dibayarkan telah ditetapkan oleh pihak asuransi.

Jumlah dana yang harus dibayarkan oleh setiap pengguna layanan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini karena jumlah premi yang ditetapkan mempertimbangkan kondisi setiap pengguna layanan.

Kegunaan dari premi asuransi ini adalah untuk menanggung biaya perawatan pengguna layanan apabila terkena musibah. Jadi, ketika Anda terkena musibah di kemudian hari, biaya perawatan akan diringankan oleh asuransi menggunakan dana yang dibayarkan pada bulan-bulan sebelumnya.

Besaran premi asuransi kesehatan Prudential ini dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai jenis produk yang dipilih, risiko kesehatan, hingga kondisi finansial. Faktor-faktor tersebut akan menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tinggi atau rendahnya biaya yang wajib dibayarkan.

Jenis Produk

Faktor pertama adalah jenis produk asuransi yang dipilih. Apabila Anda memilih jenis asuransi yang terintegrasi dengan investasi, maka biaya preminya akan lebih tinggi dibanding jenis produk yang biasa. Layanan yang diberikan nantinya juga akan mempengaruhi besaran premi Anda.

Resiko yang Ditanggung

Faktor kedua adalah risiko kesehatan yang akan ditanggung. Misalnya saja apabila Anda memiliki penyakit bawaan, tentu risiko biaya perawatannya akan jauh lebih besar, dibandingkan jika tidak memiliki penyakit bawaan.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan, akan memiliki risiko kesehatan yang lebih besar dengan yang memiliki berat badan normal. Begitu juga, dengan orang yang merokok akan menanggung biaya premi lebih besar dibanding orang yang tidak merokok.

Kondisi Finansial

Faktor ketiga adalah kondisi finansial. Sebelum Anda memilih jenis produk asuransi kesehatan, sebaiknya pertimbangkan juga pendapatan dan kebutuhan pengeluaran tiap bulannya.

Sebaiknya Anda juga tidak hanya terfokus pada besar kecilnya premi yang akan dibayarkan. Tetapi, amati juga rekam jejak dari perusahaan asuransi yang Anda minati. Asuransi kesehatan Prudential telah memiliki kredibilitas yang tak perlu Anda ragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.