Asuransi Pendidikan Anak BCA: Manfaat dan Plus Minusnya

Asuransi pendidikan untuk anak perlu dipersiapkan sejak dini untuk mempermudah pembiayaannya di masa depan. Dalam hal ini, salah satu rekomendasi asuransi yang terpercaya adalah asuransi pendidikan anak BCA. Berikut ulasan lengkap terkaitnya.

Manfaat yang Didapatkan

Manfaat atau keuntungan saat memiliki polis pada perusahaan asuransi adalah aspek penting yang harus Anda perhatikan. Hal ini karena semua resiko dan kemungkinan perlu diperhitungkan, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia. Berikut beberapa manfaat yang ditawarkan oleh asuransi ini.

Manfaat Pendidikan

Manfaat pertama adalah manfaat pendidikan, di mana setiap peserta asuransi akan memperoleh biaya pendidikan hingga 200%. Nilai pertanggungan dibedakan sesuai dengan usia. Usia tertanggung adalah antara 18-21 tahun dengan nilai pertanggungan antara 40-80%.

Manfaat Meninggal Dunia

Baca Juga: Produk Asuransi BNI Syariah dan Cara Klaimnya

Ketika Anda menjadi nasabah asuransi pendidikan dari BCA, maka secara otomatis akan memperoleh manfaat meninggal dunia. Bentuk manfaat tersebut bisa dicairkan dalam bentuk tunai atau sesuai dengan ketentuan.

Selain itu, ahli waris akan diberi donasi berupa akumulasi manfaat pendidikan beserta bonus tambahan dan akhir polis. Anda juga akan memperoleh 110% dari total premi dasar yang sudah terbayar, sehingga dapat meringankan beban keluarga.

Manfaat Tambahan (Tidak Terjamin)

Manfaat tambahan ini adalah berbentuk bonus yang diberikan pada situasi dan kondisi tertentu. Bonus yang ditawarkan oleh BCA yaitu bonus akhir polis dan bonus tahunan. Keduanya akan bisa diklaim mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Manfaat Tambahan Meninggal Dunia

Manfaat terakhir ini akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan. Dalam hal ini, pihak asuransi akan memberikan manfaat tambahan meninggal dunia senilai 100% dari uang pertanggungan. Polis yang berjalan pun juga otomatis terhenti tanpa biaya tambahan apapun.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap produk asuransi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal itu merupakan sebuah hal yang wajar. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari asuransi pendidikan anak BCA yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari asuransi pendidikan BCA adalah adanya fasilitas untuk mempelajari polis selama 14 hari, sehingga para pemula dapat memahaminya secara keseluruhan. Uang Pertanggungan (UP) dari asuransi tersebut juga cukup tinggi, yaitu mencapai 200%.

Sistem pembayaran yang ditetapkan BCA juga terbilang fleksibel. Anda bisa memilih periode pembayaran mulai dari 5 tahun, 10 tahun, dan 15 tahun. Hal itu semakin menarik dengan hadirnya berbagai bonus tahunan dan akhir polis untuk setiap nasabahnya.

Polis juga akan berhenti secara otomatis jika tertanggung meninggal dunia. Dalam kondisi tersebut, pihak asuransi akan mengembalikan premi sekaligus memberikan santunan dengan nilai yang sudah ditetapkan.

Kekurangan

Kekurangan dari asuransi pendidikan BCA juga cukup banyak. Salah satunya yakni manfaat meninggal dunia tidak akan diberikan jika tertanggung terlibat dalam penerbangan ilegal. Selain itu, jika nasabah meninggal karena terlibat balapan atau adu kecepatan juga tidak dapat klaim bonus.

Polis ini mengandung berbagai resiko, seperti resiko pembatalan produk dan risiko kredit. Setiap nasabah yang meninggal dunia karena virus HIV, bunuh diri, dan tindak kejahatan asuransi juga tidak mendapat manfaat tambahan.

Polis Asuransi Pendidikan Anak BCA

Polis dari BCA pada bidang pendidikan anak hanya ada satu, yaitu EduPlan atau dikenal juga dengan Proteksi Edukasi Maksima. Produk ini muncul ke permukaan melalui proses kerja sama antara BCA dengan PT AIA Financial (AIA).

Asuransi Proteksi Edukasi Maksima

Asuransi ini memberikan banyak fasilitas dan berbagai kemudahan untuk para buah hati sebagai generasi penerus bangsa. Manfaat yang diberikan pun tidak main-main, yakni mencapai 200% dari uang pertanggungan.

Polis EduPlan diperuntukkan pada anak dengan usia 18-21 tahun yang diperkirakan akan atau mulai memasuki jenjang universitas. Periode pembayaran premi produk ini terbagi menjadi 3, yaitu 5 tahun, 10 tahun, dan 15 tahun.

Syarat Registrasi

Setiap calon nasabah yang menginginkan registrasi asuransi pendidikan anak BCA, maka harus menyiapkan beberapa berkas. Semua beras tersebut nantinya digunakan sebagai administrasi dan pemrosesan serta verifikasi data.

Secara umum, berkas yang harus Anda lengkapi yaitu kartu identitas, surat kuasa pendebetan rekening, dan surat pengajuan asuransi jiwa. Batasan minimal usia untuk bisa terverifikasi adalah 18 tahun. Jangan lupa menyertakan ilustrasi untuk mempermudah proses pengajuan.

Prosedur Pendaftaran Asuransi

Dalam proses pelaksanaannya, registrasi nasabah baru dapat dilakukan dengan 2 metode, yakni offline dan Online. Kedua-duanya sah dan dapat dipertanggungjawabkan kevalidannya, sehingga para pengguna bisa menyesuaikan dengan kesibukan dan pilihannya masing-masing.

Apabila Anda menginginkan registrasi via offline, maka harus membawa berkas dan persyaratan di atas ke kantor cabang terdekat. Namun, proses pendaftaran via online cenderung lebih sederhana karena calon nasabah hanya perlu membuka website resmi untuk melakukan registrasi.

Setelah semua persyaratan yang Anda ajukan memenuhi ketentuan, maka langkah berikutnya adalah membayar premi perdana. Setiap nasabah harus menyetorkan biaya premi pertamanya dengan segera karena hal itu menjadi salah satu syarat berlaku dan penerbitan polis.

Cara Melakukan Klaim Asuransi

BCA pun memberikan kemudahan dan banyak pilihan untuk para nasabahnya dalam melakukan klaim asuransi. Langkah pertama adalah menghubungi nomor CS dari AIA (021 30001980/021 1500980). Anda juga harus mengirimkan semua berkas persyaratan dan formulir ke cabang terdekat.

Setelah semua berkas untuk klaim asuransi pendidikan anak BCA ini terkumpul, petugas akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi data. Anda bisa meninggalkan kantor setelah penyerahan berkas. Semua informasi akan disampaikan melalui email atau nomor telepon terdaftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *