Panduan Cara Beli Asuransi Online yang Aman

Asuransi dapat Anda beli secara online dengan sangat mudah saat ini. Cara kerja dari asuransi online juga sama dengan asuransi offline pada umumnya. Untuk Anda yang ingin melakukannya juga, berikut adalah cara beli asuransi online yang aman dan bisa Anda coba.

Mengunjungi Beberapa Situs Agen Asuransi Online

Tahap pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli asuransi online yang aman adalah mengunjungi beberapa situs dari agen asuransi. Apabila Anda masih belum mengetahui banyak informasi mengenai beberapa agen asuransi, bisa menggunakan mesin pencarian daring.

Anda bisa membandingkan satu agen dengan yang lainnya dan usahakan untuk memilih agen asuransi yang memiliki kredibilitas kepercayaan yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari ada atau tidaknya surat izin. Agen asuransi yang terpercaya adalah agen yang telah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

Anda bisa memilih agen asuransi yang sesuai dengan kebutuhan seperti besarnya premi asuransi yang harus dibayarkan beserta manfaat yang diperoleh dan dapat pertanggungan.

Melengkapi Berkas Dokumen Pendaftaran

Setelah Anda menentukan agen setelah proses analisa dan seleksi seperti yang telah dijelaskan pada uraian sebelumnya, cara beli asuransi online yang aman berikutnya adalah melakukan pendaftaran. Dalam pendaftaran, Anda harus melengkapi berkas dan dokumen pendaftaran.

Setiap agen tentunya memiliki form dan syarat dokumen yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar agen asuransi online akan menyediakan laman informasi untuk calon nasabahnya. Laman tersebut berisi berkas dokumen, serta syarat yang bisa Anda unduh di website resmi agen yang dipilih.

Unduh dan penuhi semua syarat untuk bisa didaftarkan secara online. Beberapa berkas yang menjadi prasyarat biasanya adalah kartu tanda pengenal atau kartu tanda penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga, serta fotokopi akta keluarga.

Syarat dapat diunggah dengan cara di scan terlebih dahulu berkas tersebut. Lengkapi semua berkas untuk pengajuan asuransi online.

Membaca Polis secara Rinci dan Teliti

Tahap berikutnya untuk bisa membeli asuransi online dengan aman adalah membaca dengan teliti seluruh dokumen yang memuat tentang data tertanggung beserta objek pertanggungannya. Hal ini menjadi tahap terpenting dari keseluruhan proses pendaftaran asuransi online.

Akan lebih baik jika membacanya terlebih dahulu, sebelum Anda resmi menjadi nasabah atau peserta asuransi. Pahami secara keseluruhan poin-poin dengan teliti sebelum melakukan persetujuan.

Apabila menemukan poin yang tidak sesuai dengan kesepakatan di awal, Anda bisa mempertanyakannya kepada pihak agen asuransi melalui surel atau nomor telepon yang tertera. Jangan pernah malu untuk bertanya mengenai hal yang belum Anda pahami dalam poin yang disampaikan.

Melakukan Pembayaran Premi Sesuai Ketentuan

Anda bisa dikatakan sebagai nasabah asuransi online pada agen tertentu setelah melakukan pembayaran premi. Cara beli asuransi online yang aman berikutnya adalah melakukan pembayaran premi secara tepat.

Pihak penyedia produk asuransi online akan mengakui Anda sebagai nasabahnya setelah menyelesaikan tahap ini. Pembayaran yang Anda lakukan harus sesuai dengan polis yang telah Anda pilih dan ambil.

Usahakan untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu tanpa menunggak. Tunggakan hanya akan menyulitkan Anda dalam pengajuan klaim ketika dibutuhkan secara mendadak.

Hal-Hal yang Bisa Menjadi Pertimbangan dalam Memilih Asuransi

Ketika Anda memilih produk dari salah satu agen asuransi online, jangan ragu-ragu untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Informasi tersebut akan sangat membantu Anda dalam memastikan beberapa prosedur.

Prosedur tersebut antara lain pengajuan atau pendaftaran sebagai calon nasabah, pembayaran premi, hingga klaim asuransi jika Anda membutuhkan. Prosedur yang ditaati dengan baik akan memudahkan Anda dalam pembelian dan pengajuan asuransi.

Untuk mendapatkan asuransi online yang aman, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan seperti ulasan berikut ini.
Produk Asuransi Kesehatan Bisa Menanggung Biaya Selama Rawat Inap

Cara beli asuransi online yang aman pertama adalah dengan memastikan fasilitas kesehatan apakah hanya rawat jalan atau rawat inap juga.

Ketika Anda ingin membeli produk asuransi kesehatan, pastikan bahwa asuransi tersebut dapat menanggung biaya rawat inapnya. Pengeluaran untuk rawat inap di suatu rumah sakit, biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Dengan memilih produk asuransi yang dapat menanggung biaya rawat inap, Anda tidak akan merasa kesulitan dalam hal pembiayaan selama perawatan. Pastikan juga fasilitasnya dengan mengetahui kelas yang akan Anda dapatkan sesuai dengan polis asuransi.

Paket atau Murni

Hal berikutnya yang juga penting adalah memastikan produk yang akan beli itu murni atau paket. Beberapa produk asuransi kesehatan yang ditawarkan juga sepaket dengan asuransi jiwa. Harga produk asuransi yang paket tentunya akan lebih mahal dari yang murni.

Anda bisa memilih dengan mempertimbangkan prioritas dan kebutuhan ketika membelinya. Sesuaikan juga dengan taraf ekonomi Anda agar tetap bisa membayar premi setiap bulan atau tahunnya.

Memperhatikan Jenis Klaim yang Ditawarkan Agen Asuransi

Hal terakhir yang bisa Anda perhatikan sebelum membeli asuransi yakni jenis klaim yang disediakan. Setiap agen asuransi kesehatan menyediakan beberapa cara klaim atas biaya kesehatan yang diperuntukkan untuk para nasabahnya.

Ada agen asuransi yang menggunakan sistem cashless atau reimburse. Pengajuan klaim ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda dalam memilih agen asuransi atau produknya.

Cara Klaim Asuransi Online

Ada sedikitnya dua cara untuk klaim asuransi yakni cashless dan reimburse. Pada klaim cashless tidak melibatkan uang tunai dalam transaksinya. Cara beli asuransi online yang aman adalah dengan memilih agen yang menyediakan klaim cashless.

Sedangkan klaim reimburse, nasabah harus melunasi semua pengeluaran di rumah sakit terlebih dahulu, baru mendapatkan ganti dari pihak agen asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *