Cara Membuat Semir Ban dari Sunlight Sendiri di Rumah

Dalam kendaraan bermotor, ban merupakan salah satu komponen penting. Namun sayangnya banyak yang melupakan tentang perawatan bagian mobil satu ini. Padahal untuk menjaganya tetap kinclong, pemilik kendaraan hanya perlu mengetahui cara membuat semir ban dari sunlight.

Tampil Gagah dengan Ban Hitam Pekat

Ban kendaraan sama dengan sepatu pantofel, memiliki warna hitam. Semakin hitam warnanya tentu akan mengubah tampilan si pemilik menjadi lebih gagah. Maka dari itu tidak heran bila banyak roang sangat rajin menyemir ban kendaraan layaknya semir sepatu.

Penyemiran ban sendiri juga bisa memberikan beberapa manfaat. Misal seperti menghindari dari keretakan dini. Namun manfaat satu ini terbilang minim dan bahkan banyak orang yang mengatakannya bohong. Terlepas dari itu, apa salahnya menyemir ban setiap membutuhkannya bukan?

Ban yang hitam pekat juga tentu menambah kegagahan kendaraan. Apalagi jika didukung dengan bersihnya kendaraan seperti habis di cuci. Maka dari itu banyak tempat cucian motor atau mobil yang menawarkan semir ban dan pada bagian – bagian tertentu kendaraan agar tetap kinclong.

Cara Membuat Semir Ban dari Sunlight di Rumah

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa pemilik kendaraan gunakan untuk membuat semir ban sendiri. Namun kebanyakan orang lebih milih menggunakan fanta dan sunlight atau sabun cuci piring sebagai bahan utamanya. Berikut cara membuat semir ban dari sunlight dan fanta dengan mudah di rumah

  • Cuci ban kendaraan hingga bersih maksimal
  • Gunakan sabun dan sikat agar partikel debu lebih pasti hilang
  • Siapkan botol air minum bekas atau wadah lainnya
  • Tuangkan fanta sebanyak 250 ml ke dalam wadah
  • Tambahkan satu sendok makan sunlight ke dalam fanta
  • Aduk hingga rata
  • Gunakan sponge atau kuas kecil untuk mengoleskan adonan ke ban
  • Tunggu olesan ban hingga kering

Jika lapisan semir sudah kering maka pemilik mobil bisa melihat perbedaannya dengan jelas. Tentu lebih baik sesudah di semir walaupun menggunakan bahan murah dan mudah di dapatkan ini. Dengan mengetahui cara membuat semir, maka Anda dan banyak pemilik kendaraan lain tidak perlu lagi beli semir ban.

Campuran Lain untuk Membuat Semir Ban Di Rumah

Sebelumnya penulis sudah menyampaikan bahwa ada banyak cara atau adonan lian untuk membuat semir ban. Jika pemilik kendaraan ingin mencobanya maka bisa mengikuti beberapa saran berikut ini. Ketika ingin lebih niat lagi maka perhatikan beberapa perubahan atau perbedaan dari setiap bahan semir.

1.    Menggunakan Air Gula

Tahukah Anda bahwa ternyata gula bisa menjadi semir ban yang bagus. Cara membuatnya cukup mudah yaitu menggabungkan air dengan gula pasir atau gula putih. Gunakan air panas agar gula mudah larut dan siap digunakan. Perbandingan bahannya adalah ½ gelas air dengan 4 sendok makan gula.

Pemilik kendaraan perlu memperhatikan konsekuensi dari cara ini yaitu serangga semut. Semua pasti memahami bahwa semut menyukai gula sehingga penyimpanan bahan semir dari gula harus hati hati. Penggunaan pada bannya juga demikian, khawatir ban rusak karena semut.

2.    Menggunakan Minyak Goreng

Sedikit orang tahu bahwa ternyata minyak goreng bisa membuat ban kendaraan menjadi mengkilap hitam seperti baru. Untuk adonan semir kali ini tidak menggunakan bahan campuran apapun, hanya minyak goreng saja. Namun pemilik kendaraan hanya boleh mengoleskan pada bagian pinggir ban saja.

Jika mengoleskan minyak pada bagian tengah ban maka ban menjadi licin dan berbahaya bagi kendaraan saat beroperasi. Selain menjadi semir ban, minyak goreng juga bisa menghitamkan jok motor atau mobil. Tentunya pengolesan dengan tujuan tersebut hanya sedikit atau secukupnya.

Pentingnya Menyemir Ban Kendaraan Secara Rutin

Pada dasarnya semir ban ini hanya bertujuan estetika atau penampilan kendaraan saja. Tidak ada tujuan khusus seperti menghindari keretakan atau pecah ban lain. Namun untuk sebagian kelompok orang yang sangat peduli penampilan, tentu kendaraan harus selalu dalam keadaan prima.

Jika menyemir ban di tempat cuci kendaraan sendiri biasanya membutuhkan tambahan biaya. Padahal hanya mengoleskan sedikit produk semir. Namun memang jika melihat harga produknya, bisa terbilang m,mahal untuk hal yang tidak terlalu penting.

Maka dari itu lebih baik menggunakan semir dari bahan – bahan murah seperti sabun cuci piring, minyak goreng, minuman bersoda, dan gula. Penggunaannya pun bisa kapan saja, tidak harus pergi ke tempat cuci kendaraan. Misal esok hari ada acara yang mengharuskan kendaraan kinclong maka bisa langsung gunakan.

Teknik Menyemir Ban Motor dengan Benar

Sebagai pemilik kendaraan bermotor penting untuk mengetahui cara menyemir ban dengan baik. Teknik ini juga berhubungan erat dengan jenis semirnya, apakah spray, oles, atau lainnya. Jika pemilik

Namun syarat untuk tidak mencuci ban adalah kondisinya tidak terlalu kotor, mungkin hanya debu jalanan biasa saja. Ketika Anda menggunakan semir oles atau pasta maka harus mencuci ban terlebih

Untuk pengaplikasian semir ban yang sangat mudah maka bisa menggunakan produk cair. Biasanya terkemas berbentuk botol dan ada lapisan sponge di atasnya. Cara pakainya sangat mudah yaitu tinggal tekan sedikit botolnya dan cairan akan menyebar di sponge. Kemudian langsung oleskan alat semir ke ban.

Demikian cara membuat semir ban dengan sunlight dan beberapa tambahan bahan lainnya. Semoga dapat Anda dalam menghemat keperluan estetika kendaraan.