DOA KELUAR RUMAH DAN NAIK KENDARAAN

Hello Sobat INDONEWSID!

Kita sebagai umat muslim tentu diwajibkan untuk selalu berdoa sebelum melakukan setiap kegiatan, termasuk ketika hendak keluar rumah dan naik kendaraan. Doa ini meminta perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT agar kita selalu dalam lindungan-Nya. Berikut ini adalah doa keluar rumah dan naik kendaraan yang bisa kita amalkan.

Doa keluar rumah pertama adalah:

“Bismillah, tawakaltu ‘alallah, la haula wala quwwata illa billah.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa ini mengandung makna bahwa kita sebagai hamba Allah SWT harus selalu mengingat dan memohon perlindungan-Nya dalam setiap langkah hidup kita.

Doa keluar rumah kedua adalah:

“Allahumma inni a’udzubika an adhilla aw udhalla, aw azilla aw uzalla, aw azlima aw uzlama, aw ajhala aw yujhala ‘alaiya.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu agar aku tidak tersesat atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, menzhalimi atau dizhalimi, menjadikan aku bodoh atau dibodohkan.”

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT agar selalu dalam jalan yang benar dan tidak terjebak dalam kesesatan.

Doa keluar rumah ketiga adalah:

“Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal fakri wal ‘adzabi fil qabri.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kekufuran, kemiskinan, dan siksa kubur.”

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT agar selalu dijauhkan dari kekufuran, kemiskinan, dan siksa kubur.

Selain itu, ketika hendak naik kendaraan, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

“Bismillahi majreha, wa mursaha, innarabbii la gafoorurrohiim.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku mengendarai kendaraan ini dan aku menyerahkannya pada-Nya, sungguh, Tuhan ku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa ini mengandung makna bahwa kita selalu mengingat dan memohon perlindungan-Nya saat berkendara agar selalu dalam lindungan-Nya.

Doa naik kendaraan kedua adalah:

“Subhanalladzi sakhkhara lana hadza, wa maa kunna lahu muqriniin, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun.”

Artinya: “Mahasuci Allah yang telah menundukkan ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Nya lah kami akan kembali.”

Doa ini mengandung makna bahwa segala yang ada di dunia ini adalah anugerah dari Allah SWT dan kita harus selalu bersyukur serta mengingat-Nya dalam setiap kegiatan kita.

Terakhir, doa naik kendaraan ketiga adalah:

“Allahumma antas-saahibu fiis-safari, wal-khaliifatu fil-ahli, Allahumma innii a’udzubika min wa’s-sa’ wal-hammi wal-hazan wal-‘ijzi wal-kasli wal-bukhli wal-jubni wa dhala’id-daini wa ghalabatir-rijaal.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau sahabatku dalam perjalananku, dan Engkau pelindung keluargaku. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kelelahan, kesusahan, kelemahan, kekikiran, kepengecutan, kekorupan, hutang dan dari kekuasaan orang-orang yang zalim.”

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT dalam setiap perjalanan kita dan juga memohon perlindungan dari segala bentuk kesulitan dan kekurangan dalam hidup kita.

Kesimpulan

Demikianlah doa keluar rumah dan naik kendaraan yang bisa kita amalkan sebagai umat muslim. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT agar selalu dalam lindungan-Nya dalam setiap langkah hidup kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!