DOA MOHON KEBAIKAN DUNIA AKHIRAT

Hello Sobat INDONEWSID!

Kita semua ingin hidup bahagia, sukses, dan sejahtera di dunia dan di akhirat. Namun, untuk mencapai kebahagiaan dan keberhasilan yang sejati, kita perlu mengandalkan Allah SWT dan berdoa memohon kebaikan dunia akhirat. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat kita panjatkan setiap hari agar kehidupan kita lebih baik.

1. Doa sebelum tidur

Sebelum kita tidur, ada baiknya kita berdoa memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan sebelum tidur: “Bismika Allahumma amutu wa ahyaa”. Artinya, “Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup kembali”. Dengan mengucapkan doa ini, kita memohon perlindungan dari Allah SWT dan percaya bahwa Dia akan melindungi kita selama tidur.

2. Doa ketika bangun tidur

Setelah kita bangun dari tidur, ada baiknya kita mengucapkan doa syukur kepada Allah SWT karena diberikan kesempatan untuk hidup kembali. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika bangun tidur: “Alhamdulillahilladzi ahyana ba’da maa amatana wa ilaihin nusyuur”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah kami mati dan kepada-Nya kami akan kembali”.

3. Doa ketika bangun dari sujud

Setelah kita sujud dalam shalat, ada baiknya kita mengucapkan doa yang memohon kebaikan dunia akhirat. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika bangun dari sujud: “Allahumma-ghfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, berilah aku kekuatan, tinggikanlah derajatku, dan berilah aku rezeki yang cukup”.

4. Doa ketika berjalan ke masjid

Ketika kita hendak pergi ke masjid untuk shalat, ada baiknya kita mengucapkan doa agar perjalanan kita diberkahi dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika berjalan ke masjid: “Allahummaftahli abwaba rahmatik”. Artinya, “Ya Allah, bukalah pintu rahmat-Mu untukku”.

5. Doa ketika masuk masjid

Ketika kita masuk ke dalam masjid, ada baiknya kita mengucapkan doa agar shalat kita diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika masuk masjid: “Allahummaftahli abwaba rahmatik”. Artinya, “Ya Allah, bukalah pintu rahmat-Mu untukku”.

6. Doa ketika keluar dari masjid

Setelah selesai shalat di masjid, ada baiknya kita mengucapkan doa agar amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika keluar dari masjid: “Allahumma-ghfirli ma qaddamtu wa ma akhartu wa ma asrartu wa ma a’lantu wa ma anta a’lamu bihi minni”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah dosa-dosa yang telah aku lakukan di masa lalu, yang akan aku lakukan di masa depan, yang aku sembunyikan, yang aku ungkapkan, dan yang hanya Engkau yang mengetahuinya”.

7. Doa ketika melihat orang yang lebih tua

Ketika kita melihat orang yang lebih tua, ada baiknya kita mengucapkan doa agar kehidupan kita diberkahi dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika melihat orang yang lebih tua: “Allahumma bariklahu fi umrihi wa aj’alahu minal mukhlisin”. Artinya, “Ya Allah, berkahilah umurnya dan jadikanlah dia sebagai orang yang ikhlas”.

8. Doa ketika melihat orang yang lebih muda

Ketika kita melihat orang yang lebih muda, ada baiknya kita mengucapkan doa agar kehidupan kita diberkahi dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika melihat orang yang lebih muda: “Allahumma bariklahu fi umrihi wa aj’alahu minal mukhlisin”. Artinya, “Ya Allah, berkahilah umurnya dan jadikanlah dia sebagai orang yang ikhlas”.

9. Doa ketika melihat orang yang sedang sakit

Ketika kita melihat orang yang sedang sakit, ada baiknya kita mengucapkan doa agar kesembuhan diberikan oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika melihat orang yang sedang sakit: “Allahumma rabban nas adhibil ba’sa, ishfi anta syafi, la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman”. Artinya, “Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah kesakitan ini, sembuhkanlah dia, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit”.

10. Doa ketika melihat orang yang meninggal dunia

Ketika kita melihat orang yang meninggal dunia, ada baiknya kita mengucapkan doa agar rohnya diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika melihat orang yang meninggal dunia: “Allahumma-ghfirli hayyina wa mayyitina wa shahidina wa gha’ibina wa saghirina wa kubirina”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah kami yang hidup dan yang mati, yang hadir dan yang tidak hadir, yang kecil dan yang besar”.

11. Doa ketika melihat orang yang berdoa

Ketika kita melihat orang yang sedang berdoa, ada baiknya kita mengucapkan doa agar doanya diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika melihat orang yang berdoa: “Allahumma ajib da’watahu, wa kshif ghammatahu, wa akrim naza’atahu, wa wasi’a rizqahu, wa ‘afih shiqaquhu, wa ‘alih sirrahu”. Artinya, “Ya Allah, kabulkanlah doanya, hilangkanlah kesedihannya, muliakanlah derajatnya, lapangkanlah rezekinya, sembuhkanlah penyakitnya, dan jaga rahasianya”.

12. Doa ketika mendengar adzan

Ketika kita mendengar adzan, ada baiknya kita mengucapkan doa agar kita diberi kemampuan untuk menunaikan shalat. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika mendengar adzan: “Allahumma rabba hadhihid da’watit tammah, was-salatil qaimah, ati muhammadanil wasilata wal fadilah, wab’athhu maqamam mahmudanil ladzi wa’adtahu”. Artinya, “Ya Allah, Tuhan panggilan yang sempurna ini, dan shalat yang tetap, berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah (kedudukan di surga) dan keutamaan, dan bangkitkanlah dia ke tempat yang mulia yang Engkau janjikan kepadanya”.

13. Doa ketika masuk toilet

Ketika kita masuk ke toilet, ada baiknya kita mengucapkan doa agar diberikan kemudahan dan kebersihan. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika masuk toilet: “Bismillahi Allahumma inna a’udzubika minal khubutsi wal khaba’its”. Artinya, “Dengan nama Allah, ya Allah aku berlindung dari jin laki-laki dan jin perempuan”.

14. Doa ketika keluar toilet

Setelah selesai dari toilet, ada baiknya kita mengucapkan doa agar diberikan kemudahan dan kebersihan. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika keluar toilet: “Ghufraanaka”. Artinya, “Ya Allah, ampunilah aku”.

15. Doa ketika makan

Ketika kita makan, ada baiknya kita mengucapkan doa agar makanan kita diberkahi dan bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika makan: “Bismillah”. Artinya, “Dengan nama Allah”.

16. Doa ketika selesai makan

Setelah selesai makan, ada baiknya kita mengucapkan doa agar mendapat keberkahan dan terhindar dari penyakit. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika selesai makan: “Alhamdulillahil ladzi at’amana wa saqana wa ja’alana minal muslimin”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang memberi makan dan minum kepada kami dan menjadikan kami sebagai orang-orang yang beriman”.

17. Doa ketika hujan turun

Ketika hujan turun, ada baiknya kita mengucapkan doa agar hujan membawa berkah dan keberkahan. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika hujan turun: “Allahumma sayyiban nafi’an”. Artinya, “Ya Allah, hujan yang bermanfaat”.

18. Doa ketika melihat petir dan kilat

Ketika kita melihat petir dan kilat, ada baiknya kita mengucapkan doa agar terlindungi dari bahaya. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika melihat petir dan kilat: “A’udzu billahi minash shaitanir rajim”. Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk”.

19. Doa ketika melihat pelangi

Ketika kita melihat pelangi, ada baiknya kita mengucapkan doa agar kehidupan kita diberkahi. Berikut ini adalah doa yang dapat kita ucapkan ketika melihat pelangi: “Subhanalladzi khalaqas samawati wal arda wa ja’ala zulumati wan nuur”. Artinya, “Maha suci Allah yang menciptakan langit dan bumi dan menjadikan kegelapan dan cahaya”.

20. Doa kesimpulan

Itulah beberapa doa yang dapat kita ucapkan setiap hari agar kehidupan kita lebih baik di dunia dan di akhirat. Dengan mengandalkan Allah SWT dan berdoa memohon kebaikan, kita dapat meraih kebahagiaan, sukses, dan sejahtera yang sejati. Semoga doa-doa kita selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!