ARTINYA DOA MASUK WC

Hello Sobat INDONEWSID!

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan doa-doa yang biasa dibaca di dalam WC. Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya apa sebenarnya arti dari doa-doa tersebut? Berikut ini akan dijelaskan mengenai arti dari doa masuk WC yang sering kita baca.

Pertama-tama, doa masuk WC yang paling sering kita dengar adalah “Bismillah, Allahumma Inni A’udzubika Minal Khubutsi Wal Khabaa’its”. Artinya adalah “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah aku berlindung pada-Mu dari godaan syaitan laki-laki dan syaitan perempuan”.

Dalam Islam, di dalam WC adalah tempat yang dianggap kotor dan tidak suci. Maka dari itu, sebelum masuk WC, kita harus membaca doa agar terhindar dari godaan syaitan dan agar kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Selain itu, ada juga doa yang biasa dibaca ketika keluar dari WC yaitu “Ghufranaka”. Artinya adalah “Ya Allah, aku memohon ampunan-Mu”.

Dalam Islam, keluar dari WC juga dianggap sebagai suatu kegiatan yang tidak suci. Oleh karena itu, kita harus memohon ampun kepada Allah SWT agar dosa dan kesalahan yang dilakukan saat di dalam WC bisa diampuni.

Kemudian, ada juga doa yang sering dibaca saat mencuci tangan setelah keluar dari WC yaitu “Alhamdulillahilladzi Adhhaba Annil Adza Wa Afani”. Artinya adalah “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari tubuhku dan membuatku sehat”.

Mencuci tangan setelah keluar dari WC adalah suatu keharusan. Karena dengan mencuci tangan, kita bisa membersihkan tangan dari kotoran dan bakteri yang ada di dalam WC. Maka dari itu, kita juga harus bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kesempatan untuk membersihkan diri.

Selain doa-doa tersebut, masih ada doa lain yang bisa dibaca saat masuk dan keluar dari WC. Misalnya saja “Allahumma Inni A’udzubika Minadz Dzubsi Wal Hama’m” yang artinya adalah “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari segala kotoran dan mandi-mandi”.

Dengan membaca doa-doa tersebut, kita diharapkan bisa terhindar dari segala macam godaan syaitan dan dosa saat di dalam WC. Kita juga bisa memohon ampun kepada Allah SWT agar dosa dan kesalahan yang kita lakukan di dalam WC bisa diampuni.

Namun, sekali lagi kita harus ingat bahwa doa-doa tersebut bukanlah suatu ritual yang harus dilakukan. Kita bisa membacanya atau tidak, yang terpenting adalah kita selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri di dalam WC.

Jadi, itulah sedikit penjelasan mengenai arti doa masuk WC. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membuat kita semakin mengerti tentang agama Islam.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!