DOA SHOLAT JENAZAH PEREMPUAN

Kenapa Doa Sholat Jenazah Perempuan Penting?

Hello Sobat INDONEWSID, ketika seseorang meninggal dunia, umat Islam harus segera menunaikan sholat jenazah. Namun, tahukah kamu bahwa sholat jenazah perempuan memiliki doa yang berbeda dengan sholat jenazah laki-laki?

Doa sholat jenazah perempuan sangat penting untuk dilakukan agar roh sang perempuan mendapatkan keberkahan dan masuk ke dalam surga-Nya. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, kita harus mempelajari doa sholat jenazah perempuan dengan baik.

Doa Sholat Jenazah Perempuan

Sebelum memulai doa sholat jenazah perempuan, pastikan kamu sudah mengetahui jumlah rakaat yang harus dilakukan. Sholat jenazah perempuan terdiri dari 4 rakaat, yang kemudian diikuti dengan membaca doa-doa berikut ini:

Doa Takbir Keempat

“Allahumma anta shalihun wa anta malikul la ilaha illa anta, Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alaika wa nuthni ‘alaikal khairi wa nashkuruka wa la nakfuruka wa nakhla’u wa natruku mai yafjuruka, Allahumma iyyaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilaika nas’a wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘azabaka inna ‘azabaka bil kuffari mulhiq.”

Doa Ketiga

“Allahumma la tahrimna ajrah wa la tudillana ba’dah.”

Doa Kedua

“Allahumma ighfir lihayyina wa mayyitina wa shahidina wa gha’ibina wa saghirina wa kubirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaytahu minna fa ahyihi ‘ala al-islam, wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu ‘ala al-iman.”

Doa Pertama

“Subhanallahi wa bi hamdih, subhanallahil ‘azhim, astaghfirullah.”

Berdoa Dalam Sholat Jenazah Perempuan

Doa sholat jenazah perempuan sangat penting untuk melengkapi sholat jenazah. Namun, selain doa yang sudah dijelaskan di atas, kita juga dianjurkan untuk berdoa untuk sang perempuan yang telah meninggal. Berikut ini adalah contoh doa yang dapat kita panjatkan:

Doa Untuk Sang Perempuan

“Ya Allah, ampunilah segala dosa dan kesalahan yang dilakukan oleh [nama perempuan yang telah meninggal], dan berikanlah surga-Mu sebagai tempat tinggalnya. Berikanlah ketabahan dan kekuatan pada keluarga yang ditinggalkan, dan janganlah biarkan mereka terus meratapi kepergian [nama perempuan yang telah meninggal]. Amin.”

Kesimpulan

Dalam sholat jenazah perempuan, kita harus membaca doa-doa yang khusus untuk perempuan. Doa ini sangat penting untuk memohon ampunan dan keberkahan bagi sang perempuan yang telah meninggal. Selain itu, kita juga harus berdoa untuk kebaikan sang perempuan dan keluarga yang ditinggalkan. Semoga kita selalu diberikan kemampuan untuk melaksanakan sholat jenazah dengan benar dan khusyu. Amin.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.