DOA UNTUK PENGANTIN SESUAI SUNNAH

Pengantar

Hello Sobat INDONEWSID! Pernikahan adalah momen sakral yang sangat dinanti oleh pasangan yang akan menikah. Tidak hanya itu, keluarga dan sahabat pun turut merasakan kebahagiaan yang sama. Nah, dalam momen bahagia ini, ada banyak doa yang bisa kita panjatkan untuk pasangan yang akan menikah. Namun, di antara sekian banyak doa, ada beberapa doa yang sesuai sunnah yang bisa kita baca. Apa saja doa-doa tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini!

Doa Sebelum Akad Nikah

Sebelum akad nikah dilangsungkan, ada beberapa doa yang bisa dibaca. Pertama, doa yang biasa dibaca Nabi Muhammad SAW saat melakukan akad nikah adalah: “Allahumma inni as-aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaya wa a’udhu bika min sharriha wa sharri ma jabaltaha ‘alaya.” Artinya, “Ya Allah, aku mohon kebaikan dalam pernikahan ini dan kebaikan apa yang Engkau jadikan padaku. Aku juga berlindung kepada-Mu dari segala keburukan dalam pernikahan ini dan keburukan apa yang Engkau jadikan padaku.”Kedua, doa yang bisa dibaca adalah: “Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idha syi’ta sahla.” Artinya, “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan Engkaulah yang menjadikan kesedihan menjadi mudah jika Engkau menghendakinya.”

Doa Setelah Akad Nikah

Setelah akad nikah dilangsungkan, ada beberapa doa yang bisa dibaca. Pertama, doa agar pasangan bisa hidup dengan baik dan saling membantu: “Allahumma barik lahumaa wa barik lahumaa fiima ahlathuma wa ja’al thawaabahuma ‘ala ahsani ma ahlaka wa aghninaa bihima ‘anil fakri.” Artinya, “Ya Allah, berkahilah mereka dan berkahilah apa yang mereka jalani. Jadikanlah pahala mereka sebaik-baik yang mereka lakukan dan hindarkanlah mereka dari segala kekurangan.”Kedua, doa agar pasangan bisa saling mencintai dan melindungi: “Allahumma habbib ilaiya fulan (nama pengantin pria) wa habbib ilaihi fulanah (nama pengantin wanita) kama rozaqtahumaa jami’an.” Artinya, “Ya Allah, cintailah fulan (nama pengantin pria) dan cintailah fulanah (nama pengantin wanita) sebagaimana Engkau memberikan rezeki kepada mereka berdua.”

Doa Pernikahan

Selain doa sebelum dan setelah akad nikah, ada juga doa pernikahan yang bisa dibaca. Doa ini berfungsi untuk meminta keberkahan dalam pernikahan dan meminta pertolongan Allah SWT untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Doa tersebut adalah: “Allahumma inni as-aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaya wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaya.” Artinya, “Ya Allah, aku memohon kebaikan dalam pernikahan ini dan kebaikan apa yang Engkau jadikan padaku. Aku juga berlindung kepada-Mu dari segala keburukan dalam pernikahan ini dan keburukan apa yang Engkau jadikan padaku.”

Doa Setelah Pernikahan

Setelah pernikahan dilangsungkan, ada juga doa yang bisa dibaca. Doa ini berfungsi untuk meminta keberkahan dalam kehidupan berumah tangga yang baru dimulai. Doa tersebut adalah: “Allahumma inni as-aluka khairal mawjibati wa khairal mablaghah wa khairal amali wa khairal aqibati.” Artinya, “Ya Allah, aku memohon kebaikan dalam segala sesuatu yang diwajibkan, kebaikan dalam segala sesuatu yang didapatkan, kebaikan dalam segala amal, dan kebaikan dalam akhir hidupku.”

Kesimpulan

Itulah beberapa doa untuk pengantin sesuai sunnah yang bisa dibaca sebelum, saat, dan setelah pernikahan. Semoga doa-doa tersebut bisa memberikan keberkahan dan membawa kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga kita. Jangan lupa untuk selalu mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW dalam segala hal, termasuk dalam pernikahan. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!