Cara Menyenangkan Mengerjakan PR

5 Cara Menyenangkan Mengerjakan PR untuk Siswa Anak Sekolah

Para pelajar sudah pasti memiliki pekerjaan rumah alias PR setidaknya 3 buah dalam seminggu. Namun sayangnya, banyak yang merasa berat mengerjakan PR. Padahal ada cara menyenangkan mengerjakan PR yang bisa diterapkan untuk membantu menghilangkan rasa malas mengerjakan PR.

5 Cara Menyenangkan Mengerjakan PR yang Bisa Dicoba

Cara untuk mengerjakan PR ini bisa diterapkan kepada anak kecil atau yang sudah lebih besar. Itu karena pada dasarnya semua tingkatan pelajar membutuhkan cara belajar yang menyenangkan. Untuk lebih mendalaminya, silakan simak 5 jenis cara agar belajar menjadi menyenangkan berikut ini:

1. Kerjakan PR Dalam Suasana yang Kondusif

Hal yang dibutuhkan pertama kali untuk belajar adalah suasana yang kondusif. Suasana kondusif artinya suasana yang tenang dan cocok untuk belajar. Tidak tercampur dengan bunyi berisik yang berasal dari mana saja.

Juga tidak perlu mencium bau aneh yang umumnya juga bisa muncul kapan saja. Disarankan untuk mengerjakan PR di dalam ruangan yang tenang.

Jauh dari jalan raya yang berisik, atau aktivitas pabrik yang gaduh. Semprotkan juga pengharum atau penyegar ruangan agar pelajar dapat mengerjakan PR dengan rileks dan nyaman.

Baca Juga: 5 Manfaat Belajar Mandiri untuk Siswa Anak Sekolah

2. Beri Iringan Musik yang Tenang

Penelitian mengatakan bahwa musik memiliki andil yang cukup penting bagi memelihara konsentrasi belajar. Musik mampu membawa saraf otak menuju kerja yang lebih konsentrasi.

Perasaan yang terjalin juga akan semakin rileks dan santai. Untuk itu, menambahkan musik di saat belajar dapat menjadi sebuah poin yang ditimbang dan diperhatikan.

Setel musik yang mengalun tenang, hindari musik yang menghentak dengan volume kuat seperti musik rock dan metal. Iringan musik ini total akan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

3. Gunakan Metode Belajar yang Seru

Metode belajar ada beberapa macam. Mulai dari metode basic seperti mencatat dan menulis hingga metode visual atau audio. Semua orang harus mengenali metode belajar yang paling cocok untuk dirinya agar kegiatan belajar menjadi menyenangkan.

Hasil akhirnya, materi pelajaran akan mudah diserap dan dipahami oleh otak. Untuk itu, gunakan metode belajar yang sekiranya paling cocok.

Boleh menggunakan lagu, video belajar, game evaluasi, atau dibubuhi gambaran gambaran deskripsi materi. Menggunakan pensil warna atau stabilo juga bisa dicoba untuk membuat hasil yang lebih berwarna.

4. Beri Reward

Salah satu hal penting yang masuk dalam cara menyenangkan mengerjakan PR adalah pemberian reward. Kata lain dari reward adalah penghargaan alias hadiah yang didapatkan apabila berhasil mengerjakan tugas yang ada di PR.

Pemberian reward ini ternyata mampu membuat mood belajar naik dan memompa semangat mengerjakan tugas. Reward bisa diberikan oleh orang terdekat atau diri sendiri. Cobalah minta untuk memberikan reward kepada orang terdekat.

Tidak perlu sesuatu yang mahal atau banyak. Hadiah sederhana saja sudah cukup karena yang dituju sebenarnya adalah perasaan puas dan bangga terhadap diri sendiri setelah selesai menaklukkan PR.

5. Kerjakan PR Bersama Teman

Cara terakhir yang cukup menyenangkan untuk mengerjakan PR adalah bekerja bersama teman. Bekerja dalam kelompok dirasa bisa meringankan beban kerja. Orang orang juga bisa bekerja sama memecahkan soal dengan pengetahuan masing masing sehingga pekerjaan akan mudah selesai.

Dengan bekerja bersama juga, suasana belajar akan lebih asyik. Bertukar pikiran untuk mengerjakan PR dapat memberikan pengalaman baru. Namun ingat, suasana belajar ini harus tetap dipertahankan agar kondusif meskipun banyak orang yang ikut dalam kelompok belajar.

Cara menyenangkan mengerjakan PR di atas dapat diterapkan untuk mengganti cara belajar yang lama. Tingkatkan kenyamanan saat belajar agar dapat lebih tenang dan fokus. Jangan lupa untuk memberi jeda pada tubuh dan otak karena terlalu memforsir tubuh untuk belajar juga tidak baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *