pengertian sarana dan prasarana pendidikan

Pengertian Sarana dan Prasarana Pendidikan

Pembaca pasti sebelumnya pernah mendengar kata sarana atau prasarana. Istilah sarana dan prasarana dalam pendidikan sering terdengar pada berbagai media seperti berita ataupun artikel. Namun, belum tentu orang mengetahui pengertian sarana dan prasarana pendidikan.

Secara umum, kedua hal tersebut memiliki definisi yang beragam tergantung pada bidangnya. Salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan, dimana kedua hal tersebut merupakan bagian terpenting dalam kegiatan belajar mengajar. Lantas, apa pengertian yang benar mengenai kedua hal tersebut?

Definisi dari Sarana dan Prasarana Bagi Beberapa Sumber

Menurut KBBI, sarana adalah sesuatu yang digunakan untuk tujuan. Berbeda dengan sarana, prasarana membantu tujuan utama dari proses tersebut. Bila dikaitkan dengan pendidikan, kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang dipakai agar dapat membantu tujuan pendidikan.

Berdasarkan pernyataan Barnawi & Mohammad Arifin (2012), sarana pendidikan merupakan bahan yang dipakai dalam proses belajar atau mengajar. Lain halnya dengan sarana, prasarana pendidikan mencakup semua perangkat untuk menunjang proses belajar atau mengajar tersebut.

Sedangkan menurut Ibrahim Badafal (2008), sarana pendidikan mencakup semua peralatan yang digunakan dalam pendidikan sekolah. Sarana dan prasarana bisa terbilang memiliki kerjasama bagi semua perlengkapan sekolah secara efektif dan juga efisien.

Hal Yang Membedakan Sarana dan Prasarana

Sarana dan juga prasarana memang merupakan hal yang berkaitan satu dengan yang lainnya. Tetapi, sarana dan prasarana memiliki perbedaan sesuai dengan definisinya, meski saling melengkapi. Berikut beberapa aspek yang membedakan pengertian sarana dan prasarana pendidikan:

1. Dari Segi Fungsi

Saat belajar mengajar, sarana adalah sesuatu yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Hal ini tentu berbeda dengan prasarana, yang fungsinya sebagai penunjang dalam kegiatan belajar tersebut. Meski begitu, proses pembelajaran tidak akan maksimal apabila salah satu dari keduanya tidak ada.

2. Dari Segi Bentuk

Dalam bentuk dan ukuran, sarana dapat berupa alat bantu yang berukuran kecil atau sedang. Misalnya, buku tulis, kursi, pen, dan lain sebagainya. Sedangkan prasarana adalah ruangan yang menyediakan tempat terjadinya kegiatan belajar mengajar, contohnya ruang kelas atau ruang komputer.

3. Dari Segi Kepemilikan

Perbedaan sarana dan prasarana juga dapat dibedakan dari aspek kepemilikan. Dalam kegiatan belajar mengajar, murid akan diberikan sarana sebagai alat bantu untuk belajar. Sedangkan prasarana hanya dimiliki oleh kepala sekolah atau pemilik sekolah, dan aksesnya pun terbatas.

4. Dari Segi Sifat

Perihal sifat, sarana memiliki keterbatasan yakni pemakaian alat yang dipakai dalam kegiatan belajar mengajar. Misalnya, pen atau spidol yang akan habis dan perlu diganti. Sedangkan prasarana akan selalu tersedia, namun kualitasnya dapat berkurang. Contohnya, ruang belajar yang dapat lapuk.

Manfaat Sarana dan Prasarana Yang Perlu Diketahui

Setelah memahami pengertian sarana dan prasarana pendidikan, ada baiknya pembaca mengetahui manfaat dari kedua hal itu. Sesuai dengan fungsinya, sarana dan prasarana diciptakan dengan berbagai manfaat. Berikut manfaat dan tujuan adanya kedua hal tersebut dalam pendidikan:

1. Membantu Proses Belajar Mengajar

Kedua hal tersebut diciptakan untuk membantu proses belajar mengajar. Guru dapat lebih mudah mengajarkan suatu materi kepada pelajar dengan menggunakan berbagai macam sarana berupa media.

2. Mempermudah Pembelajaran Bagi Pelajar

Dengan adanya sarana dan prasarana yang semakin berkembang, pelajar akan lebih mudah mempelajari materi dan topik yang dibahas. Alhasil, pelajar akan lebih mudah untuk mencapai nilai dan prestasi yang lebih baik.

3. Membantu Mencapai Tujuan Pendidikan

Pada umumnya, tujuan dari suatu pendidikan adalah untuk mencerdaskan anak bangsa dari generasi ke generasi. Pendidikan merupakan hal penting untuk selalu ditingkatkan. Dengan adanya sarana dan prasarana, maka mencapai tujuan pendidikan menjadi lebih mudah.

Sekian pengertian sarana dan prasarana pendidikan. Sudah jelas apabila kedua hal tersebut merupakan bagian yang dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Pada akhirnya, semakin banyak pelajar yang cerdas dengan adanya sarana dan prasarana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *