Pengertian Materi Pembelajaran dan Jenisnya

Instructional Material merupakan nama lain dari materi pembelajaran, kalimat ini tentu saja sering sekali didengar bagi pelajar dan pengajar. Namun beberapa ada yang belum mengerti arti dan pengertian materi pembelajaran itu sendiri.

Materi pembelajaran memiliki banyak sekali hal yang berkaitan, contohnya landasan konsep pembelajaran, proses pembelajaran dan perkembangan konsep dasar pembelajaran. Namun di bawah ini akan membahas tentang pengertian menurut beberapa ahli dan jenisnya saja.

Pengertian Menurut Beberapa Ahli

Secara keseluruhan pengertian materi pembelajaran adalah proses penyampaian pengetahuan, keterampilan dan sikap dari mengajar agar peserta didik ingin melakukan kegiatan belajar. Materi pembelajaran harus memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan, standar kompetensi ini terdiri dari kompetensi inti dan dasar.

Pengertian di atas tentunya didasari oleh beberapa pendapat ahli yang dirangkum menjadi satu. Beberapa ahli itu adalah Munif Chatib, Warsita, Corey, Sudjana, Slavin, UU No. 20 Tahun 2003 dan masih banyak lagi.

  • Menurut Munif Chatib, kegiatan pemberian ilmu melalui dua arah antara pendidik dan siswa. Pendidik dan siswa memiliki fungsi sebagai pemberi dan penerima informasi.
  • Menurut Warsita, suatu usaha yang dilakukan agar peserta didik mempelajari hal yang diberikan oleh pendidik.
  • Pengertian menurut Corey, yaitu proses di mana lingkungan sengara dikelola agar memungkinkan seseorang untuk ikut serta dalam aktivitas tertentu.
  • Berdasarkan Sudjana, setiap upaya yang memiliki urutan serta sengaja dilakukan agar terciptanya interaksi edukatif antara kedua belah pihak.
  • Menurut Slavin, dapat diartikan sebagai pengalaman individu yang menyebabkan perubahan tingkah laku individu tanpa paksaan dan murni dari pengalaman.
  • Menurut UU NO 20 Tahun 2003, metode hubungan antara siswa dan pengajar dengan sumber dan lingkungan belajar.
  • Pengertian berdasarkan Oemar Hamalik, yaitu merupakan gabungan berbagai unsur manusiawi, perlengkapan, prosedur dan fasilitas yang saling mempengaruhi untuk mendapatkan tujuan.
  • Menurut Knowles, cara mengelompokkan peserta didik agar tercapainya tujuan pendidikan.
  • Menurut Woolfolk, pengalaman yang menyebabkan perubahan yang bersifat selamanya baik dari segi pengetahuan maupun perilaku.
✅REKOMENDED:  5 Jurusan Kuliah untuk Orang Pendiam yang Bisa Kamu Pilih

Jenis Dan Penjelasan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran digunakan untuk membantu peserta didik mencapai standar kompetensi yang berlaku, oleh karena itu pemilihannya pun mencakup banyak hal. Di bawah ini adalah salah satu pemilihan materi pembelajaran berdasarkan jenisnya.

1. Fakta

Suatu hal yang memang berdasarkan kenyataan dan kebenaran yang terinspirasi oleh sejarah, lambang, nama daerah, nama objek dan nama tempat. Contoh materi pembelajaran ini adalah sejarah Indonesia, perjuangan pahlawan dan monumen.

✅REKOMENDED:  6 Keahlian Dan Prospek Kerja Teknik Kimia

2. Konsep

Berwujud pengertian baru yang disebabkan oleh pemikiran definisi, ciri khusus, hakikat, isi dan hal lain. Contohnya adalah mata pelajaran Biologi, usaha-usaha pelestarian keanekaragaman flora dan fauna. Sedangkan untuk mata pelajaran PKN, penyimpangan sosial yang merupakan suatu pelanggaran norma-norma baik masyarakat atau individu.

3. Prinsip

Jenis materi pembelajaran selanjutnya adalah Prinsip. Hal pokok, utama serta memiliki posisi penting seperti rumus, paradigma, dalil dan hubungan antar konsep yang digambarkan dengan sebab akibat. Contohnya adalah perilaku menyimpang yang disebabkan tidak ada aturan dan hukum newton tentang gerak.

✅REKOMENDED:  5 Aliran Filsafat Pendidikan yang Paling Umum

4. Prosedur

Urutan yang sistematis atau cara mengerjakan sesuatu dan aktivitas tertentu dan kronologi tentang suatu sistem. Prosedur merupakan materi pembelajaran yang berevolusi seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi. Contohnya sebagai berikut langkah-langkah membuat artikel atau berita, praktik penelitian sosial dan langkah mengakses internet.

5. Sikap Atau Nilai

Materi pembelajaran terakhir adalah sikap atau nilai yang memiliki arti hasil belajar dari berbagai aspek sikap penerima informasi. Contohnya adalah pemanfaatan lingkungan hidup dan berkelanjutan, aplikasi sosiologi dalam kehidupan sehari-hari.

Materi pembelajaran memang sangat penting untuk pendidik maupun siswa agar dapat memajukan pendidikan Indonesia. Maka dari itu mengetahui pengertian materi pembelajaran beserta beberapa hal di dalamnya menjadi langkah pertama yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Cara Penulisan Daftar Rujukan Beserta Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.