Manfaat Belajar Mandiri

5 Manfaat Belajar Mandiri untuk Siswa Anak Sekolah

Selama ini, yang banyak pelajar ketahui hanyalah belajar formal di sekolah. Padahal sejatinya, belajar dapat dilakukan juga di luar sekolah. Kegiatan ini disebut dengan belajar mandiri. Manfaat belajar mandiri yaitu untuk membentuk karakter yang positif.

5 Manfaat Belajar Mandiri Yang Bisa Didapatkan

Berikut beberapa manfaat yang lain:

1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Motivasi Tinggi

Sebagai seorang pelajar, sikap percaya diri merupakan sesuatu yang harus dimiliki, begitu juga dengan sifat yang memiliki motivasi. Pada dasarnya rasa percaya diri dan motivasi tinggi itu dapat ditumbuhkan dari dalam diri.

Ada banyak cara untuk memupuk kedua rasa tersebut. Salah satu cara yang bisa dilalui adalah dengan belajar secara mandiri. Belajar mandiri mampu mendorong seorang pelajar untuk terus mengejar target secara tepat.

Selain itu, pelajar juga diharuskan mengatur jadwal belajar sendiri secara teratur. Apabila hal ini terus diterapkan, maka jelas hasilnya akan menumbuhkan motivasi untuk bergerak maju. Secara otomatis, sikap percaya diri akan ikut tumbuh.

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Semangat Belajar untuk Siswa Sekolah

2. Menggerakkan Pribadi Menjadi Lebih Aktif dan Kreatif

Belajar mandiri juga bisa mendorong sikap pelajar menjadi lebih aktif. Sikap ini dibentuk dari kebiasaan belajar yang menentukan target dan pencarian jawaban atas soal soal.

Pelajar biasanya akan mencari bahan belajar dari berbagai sumber tanpa harus menunggu pembimbing sekolah memberikannya. Selain sikap aktif yang dipupuk dari kebiasaan mencari materi secara mandiri, ada juga sifat kreatif yang bisa ditumbuhkan pula.

Dengan metode belajar yang seperti itu, pelajar akan mengetahui banyak hal melalui berbagai sumber. Pada beberapa anak, itu akan memunculkan rasa ingin tahu kemudian akan mengolah materi tersebut menjadi sesuatu yang baru.

3. Menemukan Metode Belajar yang Paling Tepat Untuk Diri Sendiri

Salah satu manfaat belajar mandiri yang nyata adalah mengenali metode belajar yang tepat untuk diri sendiri. Hal ini tentu dinilai sebagai hal yang penting. Apabila seorang pelajar mampu mengidentifikasi mana metode belajar yang tepat, maka selanjutnya proses belajar akan berlangsung lancar.

Itu karena setiap belajar, anak akan langsung menggunakan metode andalannya. Ada beberapa contoh metode belajar yang umum digunakan. Misalnya metode listening, metode mencatat, metode evaluasi, dan lain lain. Seringnya belajar mandiri akan mempermudah pelajar menemukan metode yang cocok.

4. Meningkatkan Prestasi di Bidang Akademik

Poin bermanfaat keempat yang bisa dipetik dari belajar mandiri adalah meningkatkan prestasi di bidang akademik. Hal ini jelas benar, karena setelah seorang pelajar menemukan manfaat ketiga poin yang disebutkan sebelumnya, pelajar akan mampu memperbanyak waktu belajar.

Otomatis, kemampuannya di bidang akademik akan menanjak. Sebenarnya, kemampuan akademik bukan hanya berasal dari banyak waktu belajar.

Namun bisa juga datang dari kebiasaannya mencari sumber materi lain. Ini akan membuat anak memiliki wawasan yang luas. Pemanfaatan waktu pun digunakan secara tepat sehingga kapasitas otak bisa meningkat.

5. Melatih Diri Menjadi Individu yang Disiplin

Manfaat terakhir yang bisa ditemukan dari belajar mandiri adalah melatih individu untuk lebih disiplin. Sikap disiplin ada beberapa jenis, dibedakan oleh sifatnya. Ada sikap disiplin waktu, disiplin kesempatan, dan disiplin ilmu. Ketiga sikap disiplin ini mampu dilatih melalui belajar mandiri.

Apabila seorang pelajar memilih untuk belajar sendiri, maka pasti pelajar akan membuat sebuah jadwal belajar. Jadwal ini merupakan acuan untuk belajar yang harus diikuti. Jikalau pelajar taat mengikuti jadwal, maka dengan sendirinya karakter disiplin akan muncul pada kehidupan sehari-harinya.

Di atas tadi merupakan lima pokok manfaat belajar mandiri yang bisa didapatkan apabila kegiatan belajar terus dilakukan. Memang benar, belajar itu tidak hanya bersumber dari sekolah atau tempat menuntut ilmu yang formal saja.

Belajar dapat dilakukan di manapun, melalui media apa pun dan memperoleh ilmu apa pun. Dengan begitu, wawasan yang dimiliki pun tidak akan terbatas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *