pengertian kursus

Pengertian Kursus dan Jenis Jenis Kursus yang Diterapkan

Dalam dunia edukasi, pendidikan tidak hanya dapat ditempuh secara formal seperti sekolah atau kuliah. Pendidikan dapat berupa semacam les tambahan, atau yang sering disebut sebagai kursus. Ada pengertian kursus sebagai bagian dari pelajaran tambahan bagi pelajar dan masyarakat.

Kursus diciptakan untuk mengajarkan berbagai macam materi yang biasanya tidak diajarkan di sekolah atau kuliah. Hanya melalui kursus lah, pelajaran seperti menjahit, mengemudi, dan modeling hanya dapat diperoleh. Lantas, seperti apa kursus-kursus tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi dari Kursus Secara Umum

Pengertian Kursus secara harfiah adalah lembaga yang menyediakan tempat pelatihan bagi masyarakat secara tidak formal. Didirikan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan, kursus merupakan kegiatan belajar mengajar seperti sekolah atau kuliah. Bedanya, kursus menggunakan waktu yang lebih singkat.

Sedangkan pengertian Lembaga Kursus dan Pelatihan, adalah lembaga pendidikan bertaraf non-formal yang dibentuk untuk masyarakat yang membutuhkan edukasi atau pengetahuan. Pengetahuan yang dibutuhkan, dapat berupa keterampilan, kecakapan hidup, dan kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan.

Kadang, kursus diperlukan untuk mengembangkan diri, karir, usaha pribadi, bahkan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan dengan tingkat yang lebih tinggi. Karena itu, tidak sedikit mahasiswa yang mengikuti kursus tambahan untuk menambah wawasan dan kemampuannya.

Setiap kursus memiliki program dan pelatihan berupa keterampilan yang diselenggarakan oleh lembaga. Setiap LKP memiliki beberapa program untuk kursus dan pelatihan. Peserta les yang menyelesaikan kursus, akan mendapatkan semacam sertifikat atau surat tanda kelulusan.

Jenis-Jenis Kursus Yang Diterapkan

Secara resmi, kursus memiliki tiga jenis yang dibuat oleh lembaga atau organisasi yang berbeda-beda. Setiap kursus juga memiliki persyaratan dan ketentuannya masing-masing bagi para pesertanya. Berikut penjelasan mengenai ketiga jenis kursus yang didirikan:

  • Kursus resmi. Kursus yang sudah diakui dan diizinkan operasi oleh Dinas Pendidikan.
  • Kursus tidak resmi. Kursus yang diselenggarakan secara privat oleh kelompok tertentu.
  • Kursus khusus. Kursus yang dibuat perusahaan atau organisasi untuk karyawannya.

Hal-Hal yang Diperhatikan Dalam Mengikuti Kursus

Setelah memahami pengertian kursus, ada hal-hal yang perlu diketahui pada saat mengikuti sebuah kursus. Karena setiap kursus didirikan oleh orang yang berbeda, maka setiap kursus punya banyak perbedaan yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Misi dan Tujuan Kursus

Pada dasarnya, setiap kursus memiliki misi dan tujuan seperti layaknya pendidikan formal. Tujuan pendidikannya harus berkaitan secara langsung dengan memperkaya kehidupan masyarakat dengan informasi. Tujuan yang diciptakan juga harus sesuai dengan keadaan masyarakat saat ini.

2. Syarat dalam Mengikuti Kursus

Setiap kursus memiliki persyaratan yang berbeda-beda, namun semestinya, syarat-syarat tersebut tidak menyusahkan peserta. Bahkan, ada kursus yang tidak membutuhkan ijazah bagi para pesertanya. Kursus yang bagus tidak membutuhkan persyaratan yang berbelit-belit, dan minim secara keseluruhan.

3. Waktu yang Diterapkan Dalam Kursus

Kursus pada umumnya tidak membutuhkan waktu yang lama dalam kegiatan belajarnya, tidak seperti jam belajar sekolah. Karena itulah, pelajar atau pekerja masih dapat mengikuti kursus disamping aktivitasnya yang cukup padat.

4. Metode yang Disampaikan Dalam Kursus

Setiap kursus memiliki cara pengajaran atau metode yang berbeda-beda. Program ajaran yang diberlakukan harus sesuai dengan apa yang seharusnya diajarkan pada peserta. Selain itu, materi yang dibahas harus mudah dipahami bagi para peserta kursus.

5. Orang Yang Mengikuti Kursus

Terkadang, ada beberapa kursus yang melihat-lihat siapa dulu yang boleh mengikuti kursus. Kursus yang bagus tidak memiliki persyaratan seperti gender atau batasan usia yang tidak wajar. Sebagai penyedia edukasi, kursus harus menerima berbagai macam kalangan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian kursus sebagai bagian dari lembaga yang menyediakan pelajaran edukatif. Belakangan ini, kursus yang bersertifikat sudah dapat diikuti secara online di Indonesia. Meskipun terbilang terlambat, setidaknya sudah ada kemajuan yang memudahkan masyarakat untuk mengakses pendidikan.

Baca Juga: Peran Media dalam Pembelajaran Saat Melakukan Kegiatan Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *