tips mengatur waktu belajar

5 Tips Mudah Mengatur Waktu Belajar Secara Efektif

Belajar membutuhkan waktu khusus agar apa yang dipelajari mudah dipelajari. Untuk itu perlu adanya tips mengatur waktu belajar agar lebih optimal dan dan tidak berpikir untuk bermain terus. 

Proses pengaturan ini bisa dalam bentuk tempat atau waktu yang tepat untuk belajar. Pengetahuan tentang waktu ini diperlukan karena memang ada jam-jam khusus yang perlu diketahui.

5 Tips Mengatur Waktu Belajar Secara Efektif

Lalu bagaimana cara mengatur dan kapan waktu yang tepat untuk belajar? Yuk simak ulasan selengkapnya di artikel ini.

Membuat Agenda Harian

Untuk mengatur waktu terbaik saat belajar maka bisa dilakukan dengan membuat agenda harian. Proses pembuatan agenda ini bisa dimulai dari bangun hingga tidur lagi. Bahkan proses pembuatannya juga bisa disesuaikan mulai hari Senin hingga Sabtu. 

Dengan agenda seperti ini, kamu bisa menuliskan terkait apa yang akan dipelajari sekaligus waktu bermainnya. Untuk lebih bagusnya, kamu bisa mengosongkan waktu di hari Minggu. 

Proses pengaturan seperti ini tidak hanya dituliskan tetapi ada komitmen untuk melakukannya. Dengan seperti ini maka apa yang kamu pelajari akan mudah didapatkan dengan mudah. 

Bangun di Waktu Subuh

Bangun pagi-pagi khususnya saat subuh adalah waktu terbaik untuk belajar. Di waktu tersebut setiap apa yang kamu pelajari akan mudah diterima oleh otak sehingga gampang diingat. 

Setelah proses tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk bermain. Namun jatah untuk bermainnya tidak boleh terlalu banyak dan dibatasi agar waktu kosong lainnya bisa digunakan untuk belajar. 

Membuat Target Belajar

Dalam mempelajari sesuatu harus ada target yang perlu dicapai oleh kamu. Dengan target setidaknya bisa menjadi motivasi diri sendiri untuk mencapai sesuatu dalam waktu tertentu. 

Kamu bisa membuat target belajar ini baik bulanan, per 3 bulan atau tahunan. Dengan cara seperti ini maka setiap bulannya akan ada evaluasi terkait apa yang salah dari agenda sebelumnya. 

Bahkan jika ada beberapa langkah yang kurang maka bisa diganti dengan cara lainnya. Proses seperti ini akan membuat target ini bisa dicapai di waktu yang tepat atau kurang. 

Memilih Metode Belajar

Setiap orang punya metode belajar tersendiri dalam mempelajari sesuatu termasuk pelajaran. Untuk itu, metode ini yang perlu diketahui dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. 

Banyak sekali metode belajar seperti Podomoro atau mind mapping. Kedua metode belajar ini kerap dilakukan dan hingga sekarang ini tergolong efektif dan cocok untuk setiap orang. 

Jika kamu punya cara tersendiri maka bisa juga diterapkan karena setiap orang berbeda cara pemahamannya. Tujuan utama dari metode ini adalah belajarnya lebih cepat sehingga apa dipelajari lebih cepat dimengerti. 

Evaluasi

Proses evaluasi sangat diperlukan saat proses belajar baik siswa atau mahasiswa. Bentuk evaluasi ini bisa dilakukan ketika target tidak sesuai baik itu yang harian atau mingguan. 

Selain itu, kamu juga bisa mengevaluasi dari cara belajar menguasai pelajaran tersebut. Proses ini dilakukan agar pelajaran tersebut mudah dikuasai secara maksimal dalam waktu singkat. 

Jika sudah dilakukan maka lakukan setiap target tersebut secara konsisten dan disiplin. Hindari sikap malas dan selalu perbaharui setiap metode agar terus termotivasi untuk mencapai tujuan. 

Dari tips mengatur waktu belajar ini pada intinya perlu dilakukan secara konsisten dan disiplin. Sehingga apa yang ditargetkan serta agendanya dapat dilakukan secara sempurna dan maksimal. Jika waktu sudah diatur maka hindari untuk bermalas-malasan dan mantapkan hati untuk mencapai tujuan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *