peran media dalam pembelajaran

Peran Media dalam Pembelajaran Saat Melakukan Kegiatan Belajar

Dalam kegiatan belajar, jasa tidak hanya merupakan satu-satunya bagian terpenting. Seorang pelajar juga membutuhkan alat atau media yang akan membantu proses belajar sebuah materi. Peran media dalam pembelajaran sangatlah penting, dan sudah dianggap sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar.

Terkadang, sering kali pelajar yang bosan atau jenuh dengan materi yang diajarkan. Dengan adanya media, pelajar akan menjadi lebih tertarik dan mengerti materi yang disampaikan. Lantas, seperti apa media yang digunakan, serta peran pentingnya dalam membantu pelajar?

Definisi dari Media dan Tujuannya

Dalam komunikasi sehari-hari, media adalah alat yang digunakan untuk memberitahukan informasi kepada yang ditujukan. Sedangkan dalam pembelajaran, media adalah sarana yang digunakan untuk mengajarkan sebuah materi bagi para pelajar. Dengan menggunakan media, materi yang akan disampaikan dapat diperkaya dan diperjelas.

Tergantung dari jenis media yang digunakan, media memiliki banyak manfaat dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran secara umum dibuat untuk menarik minat bagi para pelajar dalam mempelajari suatu topik. Pelajar yang tertarik nantinya akan semakin mengerti pelajaran tersebut.

Selain itu, media juga dirancang untuk mempermudah proses belajar bagi para pelajar. Materi yang disampaikan dalam media dipercaya lebih efisien bila dibandingkan dengan jasa. Alhasil, pelajar dapat lebih mudah mencerna materi yang disampaikan melalui media.

Jenis-jenis Media yang Digunakan Dalam Pembelajaran

Dalam kegiatan belajar, ada beberapa macam media yang dapat digunakan. Sayangnya, tidak semua sekolah atau universitas yang mampu menyediakan media dengan berbagai opsi. Sebagian hanya mampu menyediakan media berupa buku teks dan komputer. Berikut beberapa contoh media dalam pembelajaran:

  • Buku teks yang berisi materi dan informasi secara mendalam.
  • Program edukasi yang dapat diakses dengan menggunakan komputer.
  • Video edukasi dalam bentuk kaset yang dapat diputar di CD/DVD player.
  • Audio edukasi berupa kaset berisi materi yang dijelaskan tanpa visual.
  • LCD projector yang dapat memunculkan presentasi di layar atau papan tulis.
  • Overhead projector untuk menampilkan gambar informasi yang lebih besar.
  • Augmented Reality, untuk menampilkan informasi visual tiga dimensi.
  • Dan lain sebagainya.

Peran Media Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Secara keseluruhan, media memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi. Dengan media, guru dapat lebih mudah mengajarkan materi pada pelajar. Guru juga dapat melakukan interaksi dengan pelajar ketika menyediakan media. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari peran media dalam pembelajaran:

1. Memberikan Tampilan Visual Yang Dibutuhkan

Terkadang, beberapa topik akan membutuhkan gambar atau tampilan visual agar mudah dipahami. Dengan menggunakan media seperti video atau proyektor, pelajar akan lebih mudah mengerti dengan apa yang disampaikan. Misalnya, pembahasan mengenai binatang berukuran kecil yang susah dilihat dengan kasat mata.

2. Menyampaikan Materi Dengan Cepat Dan Singkat

Dalam aktivitas sekolah, jadwal yang dimiliki setiap pelajaran begitu padat. Karena itu, guru dapat menggunakan media agar pembahasan materi dilakukan dengan cepat namun ringkas. Media dapat digunakan kembali sehingga guru tidak perlu membutuhkan banyak waktu untuk membahas ulang.

3. Menyajikan Gambaran Suatu Kejadian

Dalam topik yang membahas mengenai suatu kejadian atau peristiwa, media dapat digunakan untuk menyajikan peristiwa-peristiwa tersebut. Gambaran peristiwa juga dapat dipercepat atau diperlambat. Misalnya, kejadian seperti bencana alam akan lebih mudah dibahas jika pelajar melihat gambaran bencana alam tersebut.

4. Membuat Pelajar Lebih Tertarik Dengan Materi

Terkadang, ada beberapa materi yang terasa membosankan bagi para pelajar. Karena itu, media memiliki peran untuk membuat daya tarik sebuah pembahasan bagi pelajar. Pelajar yang tertarik akan lebih berantusias untuk belajar materi yang ditampilkan, sehingga dipercaya mendapat hasil yang memuaskan.

Demikian pembahasan mengenai pentingnya peran media dalam pembelajaran. Di zaman yang sudah berkembang ini, semakin banyak sekolah atau universitas yang menyediakan media sebagai sarana informasi yang edukatif. Hal ini bertujuan agar semakin banyak pelajar yang teredukasi secara baik dan masal.

Baca Juga: Pengertian Tes Intelegensi Umum dan Jenis-Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *