media pembelajaran interaktif

Perangkat Media Pembelajaran Interaktif dan Contohnya

Perkembangan teknologi kini turut mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah. Para guru mulai menerapkan media pembelajaran interaktif dengan dukungan gawai atau perangkat tertentu. Mengajar dengan menggunakan media dinilai lebih efektif serta efisien bagi guru maupun siswa.

Media pembelajaran berperan penting untuk meningkatkan kesiapan serta motivasi siswa ketika menerima materi pelajaran. Berikut ini pembahasan selengkapnya tentang pengertian serta perangkat yang dipakai agar menghasilkan media pembelajaran menarik maupun interaktif:

Pengertian Media Pembelajaran Interaktif

Proses belajar mengajar perlu diterapkan dengan cara yang menarik untuk membangkitkan keinginan dan minat siswa dalam mengikuti kegiatan di sekolah. Media pembelajaran interaktif ini dapat dijadikan solusi agar tidak monoton selama proses belajar mengajar berlangsung.

Guru harus selalu kreatif dalam merancang media pembelajaran yang menarik serta diminati oleh siswa. Media interaktif diketahui sebagai layanan atau produk digital yang ditujukan untuk memberikan konten pembelajaran seperti gambar animasi, teks, audio, video hingga game.

✅REKOMENDED:  Slogan yang Cocok untuk Pelajar Adalah Sebagai berikut

Penggunaan media tersebut diharapkan untuk membantu proses eksplorasi, meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa mengenai materi yang dibagikan guru. Ada beberapa alasan guru perlu memakai media pembelajaran selama di kelas. Misalnya, proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik serta interaktif.

Materi pembelajaran yang diberikan kepada siswa bisa lebih seragam dan mampu meningkatkan hasil belajar. Penggunaan media bagi guru dikenal lebih efisien, sehingga tidak menghabiskan banyak waktu maupun tenaga. Selain itu, media dapat membantu menumbuhkan sikap positif terhadap pembelajaran bagi siswa.

Perangkat Media Pembelajaran Interaktif

Penerapan media pembelajaran ini ternyata menjadi penunjang keberhasilan selama proses belajar yang dilakukan di kelas. Guru bisa memanfaatkan sejumlah device untuk mengakses media akan diberikan kepada siswa. Berikut ini macam media pembelajaran yang sering dipakai oleh guru, diantaranya:

1. Perangkat Komputer dan Gawai

Guru dapat memanfaatkan gawai maupun perangkat komputer untuk menyajikan materi kepada siswa. Biasanya perangkat ini digunakan untuk memutar audio maupun video terkait materi pembelajaran yang dijalani. Hal tersebut supaya siswa termotivasi serta lebih bersemangat dalam menerima materi yang akan diajarkan.

✅REKOMENDED:  7 Organisasi Pariwisata Internasional di Dunia

Audio serta video yang diputar diharapkan bisa memberikan informasi secara verbal maupun visual. Siswa dinilai lebih gampang memahami materi melalui media interaktif jika dibanding dengan penyampaian secara konvensional. Siswa kemungkinan mengalami overload apabila guru hanya menerapkan penyampaian pembelajaran konvensional.

2. Situs Edukasi

Selain membutuhkan perangkat tertentu, guru juga bisa menyampaikan materi pembelajaran dengan bantuan situs edukasi. Guru dapat mengarahkan serta mengajak siswa untuk mengakses situs edukasi selama proses pembelajaran. Cara ini dapat membuat proses pembelajaran lebih praktis dan tidak monoton.

Sejumlah situs edukasi dijalankan gratis namun ada pula akses berbayar untuk menikmati materi yang lebih lengkap. Melalui media ini, siswa dapat lebih fokus dan gampang memahami materi yang disajikan dengan cara yang menarik.

✅REKOMENDED:  Pengertian Kursus dan Jenis Jenis Kursus yang Diterapkan

3. Software Pembelajaran

Perangkat komputer maupun gawai memang berperan penting sebagai alat komunikasi maupun menyajikan media pembelajaran. Software pembelajaran dimanfaatkan oleh guru untuk menunjang proses belajar siswa di kelas. Guru dapat meminta siswa untuk mengunduh serta install aplikasi tertentu di perangkat yang dimiliki.

Software pembelajaran diketahui lebih efektif karena siswa telah terbiasa menggunakan gawai dalam keseharian. Pemanfaatan software ini juga bisa meminimalisir penggunaan aplikasi lain yang merugikan, misalnya berlebihan ketika bermain game maupun mengakses media sosial.

Demikian pembahasan tentang media pembelajaran interaktif yang bisa diterapkan di sekolah. Sebaiknya guru perlu memahami penerapan media pembelajaran yang sesuai sebelum membagikannya kepada siswa. Dengan begitu, siswa lebih mudah materi yang disajikan oleh guru secara efektif selama proses pembelajaran berlangsung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.