11 jurusan kuliah untuk anak ips

Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerjanya

Memilih jurusan kuliah tentu bukanlah hal yang mudah. Dan sebentar lagi kita akan memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2022/2023.
Bagi siswa kelas 12 yang lulus jurusan IPS, bisa saja masih ada yang merasa kebingungan, terkait jurusan kuliah apa yang akan dipilih nantinya. Jika ada pertanyaan jurusan kuliah apa aja sih yang bisa dipilih oleh siswa SMA lulusan IPS?

Apabila kalian masih bingung, kami akan memberikan panduan 11 pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS dan mungkin ini bisa menjadi pertimbangan kalian dalam memilih jurusan di perkuliahan. Pastikan, memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya ya!

Baca Juga : Rekomendasi Jurusan SAINTEK yang Nggak Banyak Menghitung Saat Kuliah dan Jurusan yang Prospek Gajinya Tinggi!

11 Jurusan Kuliah untuk Anak Ips

Berikut ini 11 jurusan kuliah yang dapat dipilih anak SMA lulusan IPS. Urutan pilihan dibawah ini tidak berdasarkan pada pemeringkatan atau jumlah peminat ya, namun kami susun secara acak :

1. Kesejahteraan Sosial

Kalian punya jiwa sosial tinggi? Jika iya disini kami menyarankan untuk memilih jurusan kesejahteraan sosial yang mungkin cocok untukmu. Jurusan ini merupakan jurusan yang mengkaji dan mengembangkan pemikiran serta metode dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Nah, di jurusan ini nanti kamu akan mempelajari langkah dan juga metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang nanti berdampak pada kesejahteraan mereka juga. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka pelajaran sosiologi. Tenang, untuk prospek kerjanya yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) officer, manajer layanan sosial dan komunitas.

2. Tata Busana (Fashion Design)

Jurusan yang satu ini dikenal juga sebagai jurusan fashion design. Dimana jurusan ini mempelajari tentang produksi, mendesain, menjahit, membuat pola, mengenal seluk-beluk kain, dan penggunaan kain tersebut sebagai fashion.
Selain itu, para mahasiswa yang mengambil jurusan fashion design juga akan diajarkan tentang perhitungan bisnis di bidang fashion. Nah jurusan kali ini sangat cocok untuk kamu yang suka pelajaran berbau seni budaya.

✅REKOMENDED:  berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

3. Manajemen Pendidikan

Jurusan manajemen pendidikan bertujuan untuk mencetak para lulusan yang dapat menguasai bidang perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan proses serta infrastruktur pendidikan agar berjalan dengan lancar dan baik.
Maka dari itu, jika kamu memilih jurusan manajemen pendidikan nantinya akan mempelajari mengenai kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran ekonomi dan sosiologi. Untuk prospek kerjanya yaitu ada sebagai Dosen, konselor edukasi, pengarah sekolah dan vokasi.

4. Pendikan Pramugari/Pramugara

Nah, jurusan yang satu ini cocok untuk kamu yang suka pelajaran Bahasa Asing dan travelling ke luar kota maupun ke luar negeri. Kamu bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan memilih jurusan pramugari atau pramugara. Di jurusan ini nanti akan mengajarkan kamu dengan sebaik mungkin untuk menjadi pramugari pada perusahaan jasa penerbangan dalam taraf nasional juga internasional. Untuk prospek kerjanya kamu nanti bisa menjadi Kru Kabin dan pramugari/pramugara.

5. Desain Komunikasi Visual

Dalam jurusan ini nanti mengajak para mahasiswa untuk mempelajari seni, menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan, dan mempengaruhi omput atau penerima pesan. Sangat cocok untuk siswa yang suka dengan pelajaran seni rupa dan teknik informasi dan komunikasi. Nah sedangkan untuk prospek kerjanya yaitu kamu bisa menjadi desainer grafis, animator dan seniman multimedia, desainer produk Komersial dan industri.

6. Sastra Inggris

Di jurusan sastra inggris ini nanti kamu akan mempelajari tentang isi, estetika, keaslian, juga keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra Inggris. Kamu akan mengenal dan mempelajari berbagai karya tulis baik dalam bentuk novel, naskah drama, ataupun puisi yang pasti ditulis dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, kamu nanti juga harus mempelajari bahasa inggris secara lebih mendalam lagi. Jadi jurusan kali ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran Bahasa Inggris. Untuk prospek kerjanya kamu bisa menjadi Editor, novelis, penulis konten, wartawan.

✅REKOMENDED:  Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

7. Ilmu Politik

Jurusan yang terdapat di bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini membekali para mahasiswanya yaitu teori dan praktik politik. Seluruh mahasiswa nanti diharapkan bisa melakukan riset dan bersikap kritis dalam menganalisa setiap fenomena dunia yang dapat mempengaruhi dinamika struktur politik suatu negara.
Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran PPKN dan sosiologi. Untuk prospek kerjanya sendiri, kamu nantinya bisa menjadi Konsultan politik, anggota parlemen, politikus, dan peneliti politik.

8. Kriminologi

Apabila kamu mempunyai keprihatinan terhadap meningkatnya angka kejahatan, dan kamu berkeinginan besar untuk memberikan solusi, maka jurusan kriminologi ini bisa menjadi pilihan paling ideal untuk kamu.
Di jurusan ini nanti, kamu akan mempelajari menganai seluk beluk tindak kriminal dalam lingkup nasional maupun internasional secara empiris. Jika kamu menyukai pelajaran sosiologi maka sangat di rekomendasikan untuk memilih jurusan kriminologi. Kemudian prospek kerja yang bisa ambil kedepannya yaitu detektif dan investigator swasta, analis intelijen, staf identifikasi dan rekam jejak kepolisian.

9. Manajemen Perbankan

Jurusan manajemen perbankan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan mahasiswa yang terampil menangani aktivitas operasional perbankan yang mencakup pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya.
Manajemen perbankan sangat cocok bagi kamu yang suka dengan pelajaran akuntansi, ekonomi dan matematika. Prospek kerjanya yaitu sebagai Analis kredit, analis keuangan, dan credit control manager.

✅REKOMENDED:  dalam ekosistem padang rumput organisme yang berperan sebagai pengurai adalah

10. Manajemen Perhotelan

Jurusan manajemen perhotelan adalah salah satu jurusan yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality.
Disini nanti kamu akan mempelajari segala pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.
Nah, bagi kamu yang suka dengan pelajaran akuntansi dan bahasa inggris jurusan ini sangat cocok untuk kamu pilih. Prospek kerjanya nanti ada banyak yakni kamu bisa menjadi sebagai perencana meeting, convention dan cara (MICE), manajer layanan makanan (Food Service Manager), manajer penginapan, chef dan kepala koki.

11. Perpajakan

Berikutnya ialah jurusan perpajakan, disini kamu akan mempelajari bidang perpajakan dari berbagai macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Nantinya, mahasiswa lulusan perpajakan diharapkan mampu menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan.
Mahasiswa yang berkuliah disini nanti juga harus bisa menyelesaikan masalah administrasi perpajakan, dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku.
Jurusan perpajakan sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran matematika dan ekonomi. Untuk prospek kerja kamu bisa menjadi sebagai Konsultan bea cukai, penilai pajak dan keuangan, serta ahli perencanaan pajak.

Penutup

Mungkin itu saja artikel yang telah kami tulis mengenai Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS, semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan dan juga informasi tambahan untuk teman-teman yang mungkin masih bingung mengenai jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS itu apa saja dan lebih dicermati, kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih