Prospek Kerja Teknik Sipil yang Wajib Kalian Simak!!

Pembangunan beragam infrastruktur di Indonesia gencar dilakukan oleh pemerintah dan juga pihak swasta sekarang dan nanti. tak heran Jika lulusan Teknik Sipil akan menjadi incaran banyak perusahaan dengan potensi karir serta honor tinggi. Salah satu Universitas yang menyediakan program studi Teknik Sipil adalah ITB di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. hasil karya lulusan Teknik Sipil akan dengan mudah dipandang saat melintas di jalan raya, berjalan di kawasan gedung pertokoan ataupun ketika mengagumi konstruksi suatu bandara. Hal ini disebabkan karena Teknik sipil ini ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, juuga memelihara bangunan dengan baik.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Bangunannya mulai dari bangunan rumah sederhana serta gedung bertingkat, jembatan, bendungan, sampai bangunan sarana dan prasarana transportasi, jembatan, bendungan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan lepas pantai seperti di fasilitas pengeboran minyak, fasilitas pembangkit dan transmisi energi. pada prinsipnya ilmu yang akan dipelajari mahasiswa di prodi ini akan banyak berkaitan dengan ilmu fisika terapan, terutama ilmu mekanika. Makanya mahasiswa juga dituntut buat menguasai prinsip-prinsip matematika dengan baik.

Walau kini banyak perangkat lunak tersedia untuk membantu proses penghitungan, mahasiswa akan tetap ditekankan tentang pentingnya penguasaan pengetahuan dan pemahaman prinsip-prinsip dasar keteknikan. Selain mempelajari ilmu-ilmu teknis untuk keperluan merancang, membangun dan memelihara struktur bangunan, di program studi Teknik Sipil juga akan dipelajari berbagai aspek manajemen konstruksinya.
Mahasiswa nantinya akan diberi pengetahuan dan dilatih untuk dalam mengelola aplikasi konstruksi dengan baik. seperti, mengatur jadwal kerja, mengatur pekerja, bahan dan peralatan), sesuai dengan prinsip-prinsip efisiensi dan efektivitas pada pengunaan berbagai sumberdaya, dan tetap menjaga serta memenuhi ketentuan lingkungan. sampai disini sudah jelas ya gambaran apa yang akan dipelajari pada Teknik Sipil. Nah sekarang kita akan membahas 12 prospek kerja lulusan teknik sipil, simak baik-baik ya guys!

12 Rekomendasi Prospek Kerja Teknik Sipil

Baca Juga : Kuy Intip! 5 Jurusan STAN yang Paling Banyak diminati

1. Surveyor Pengendalian Bangunan

Prospek kerja teknik sipil yang pertama ialah menjadi surveyor pengendalian bangunan. Profesi ini cocok bagi yang suka bekerja dengan detail dan tertarik dengan bangunan serta pekerjaan konstruksi. Bekerja sebagai surveyor pengendalian bangunan tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bisa diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. jika menemukan bangunan yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka tugas sebagai surveyor pengendalian bangunan harus memberikan solusi pemecahannya bagi klien. Surveyor juga akan membantu mengurus dokumen perizinan Jika memang diperlukan, dan harus mengecek pondasi serta sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. Tentunya pekerjaan ini akan memiliki tujuan untuk menjadi keamanan bagi seluruh pihak sehingga saat pembangunan sebuah gedung berjalan, tidak ada persyaratan yang bermasalah.

2. Konsultan Konstruksi Bangunan

Prospek kerja Teknik Sipil yang kedua ialah menjadi konsultan konstruksi bangunan. di bidang ini sebagai lulusan Teknik Sipil bisa mengambil peran sebagai Project Manager yang tugasnya mampu mengawasi dan manajemen konstruksi yang sedang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi resiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung. Sudah pasti prospek kerja Teknik Sipil yang satu ini membutuhkan kreativitas lebih banyak dan kemampuan untuk mendesain sesuai yang diinginkan client.

3. Kontraktor Insinyur Sipil

Prospek kerja Teknik Sipil yang selanjutnya merupakan menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasnya merupakan mengubah rencana yang telah dirancang oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klien yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan dan menerapkan apa yang telah dibuat oleh konsultan. Tugas dari profesi ini nanti mengharuskannya untuk bisa secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di daerah pembangunan. Kamu nanti juga bisa bertugas membuat perencanaanmu sendiri.

4. Insinyur Situs Pembangunan

Prospek kerja berikutnya adalah menjadi seorang Insinyur situs pembangunan. Tugasnya nanti ialah menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait pada atas maupun yang terdapat di bawah tanah. Selain itu juga profesi ini bisa membuat dan mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan selain itu juga mempunyai tanggung jawab untuk memperhatikan kesehatan serta keamanan di wilayah tersebut.

5. Insinyur Struktural

Prospek kerja yang berikutnya merupakan menjadi seorang insinyur struktural yang menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan persoalan. Tugas menjadi seorang insinyur struktural harus merancang struktur bangunan yang kuat menahan tekanan dari lingkungan sekitar dan dari penggunaan manusia nanti. Nantinya kamu harus memastikan bahwa bangunannya tidak berbelok, berputar, atau bergetar dan tidak hancur selama penggunaan tersebut.

6. Insinyur Air

Profesi ini mungkin bagi sebagian orang terbilang unik. tetapi pekerjaan ini cocok bagi yang suka dengan tantangan terkait pemecahan masalah dunia warming, berbagai infrastruktur yang menua, dan perkembangan populasi, dan standar kualitas hidup terkait perairan. Proyek yang akan dikerjakan ialah ketentuan air bersih, pembuangan limbah air, dan pencegahan agar tidak terjadi banjir. Yang pasti, di prospek kerja Teknik Sipil ini, pekerjaan utamamu ialah untuk manajemen aset. misalnya, perbaikan dan menjaga struktur bangunan yang mengontrol sumber air, seperti tanggul laut.

7. Manajer Konstruksi

Bagi yang punya jiwa pemimpin tinggi dan bisa memecahkan masalah dengan baik, prospek kerja teknik sipil sebagai manajer konstruksi patut dipertimbangkan. menjadi manajer, tentunya tanggung jawabmu akan lebih besar , dan lebih banyak hal juga yang akan dituntut dari kamu. Kerja bersama dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan serta implementasi lainnya juga akan dilakoni seorang manajer konstruksi. manajer konstruksi yang ditugaskan untuk mengawasi dan memberikan pengarahan, memastikan semua anggota satu tim bekerja sesuai dengan rencana yang sudah disepakati bersama. Proyek yang kamu kerjakan akan seputar rumah, bangunan komersil, industri, infrastruktur, atau juga lingkungan. jangan lupa, kemampuan komunikasi juga dituntut harus baik pada prospek kerja Teknik Sipil ini. Mulai dari komunikasi dengan anggota tim, klien, juga pihak-pihak yang terkait.

8. Pengacara Hak Paten

Kamu jangan bingung dulu dengan judul pengacaranya, justru pekerjaan ini bisa menjadi referensimu loh. Untuk kamu lulusan Teknik Sipil dan punya ketertarikan pada bidang hukum, prospek kerja menjadi pengacara hak paten ini bisa jadi buatmu. pengacara hak paten, bertugas untuk menilai apakah suatu hal itu baru serta inovatif, sehingga layak diberikan hak paten. Tentunya karena terkait ranah tambahan pada luar Teknik Sipil, kamu akan mendapat pelatihan juga terkait hak paten serta pengetahuan mengenai properti intelektual.

9. Drafter Drafter

Adalah profesi yang bertugas membuat gambar kerja sesuai sketsa kasar yang telah dirancang oleh arsitek dalam proyek pembuatan sebuah bangunan. Drafter bisa memperoleh honor mulai dari Rp 5 juta tiap bulan.

10. Project Manager Project Manager

Salah satu peluang atau prospek kerja yang banyak paling banyak diminati. Sesuai dengan namanya kamu akan berperan menjadi manajer pada sebuah proyek.

11. Perencana Struktur

Prospek kerja Teknik Sipil selanjutnya ialah bekerja menjadi Perencana struktur bertugas untuk menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan dikerjakan. Profesi ini bisa mendapat penawaran honor kurang lebih Rp 7 juta.

12. Site Manager

Prospek kerja Teknik Sipil yang terakhir ialah sebagai Site Manager. Site manager adalah profesi yang bertanggung jawab pada perencanaan teknis dan operasional pengendalian sebuah proyek. honor yang bisa diterima oleh profesi ini ialah Rp 15 juta per bulan.

Penutup

Mungkin itu saja artikel yang telah kami tulis mengenai Prospek Kerja Teknik Sipil, semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan dan juga informasi tambahan untuk teman-teman semua. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih