jurusan kuliah ipa untuk perempuan

8 Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

Lulus SMA apalagi IPA pasti sering kali merasa kebingungan terutama untuk anak-anak di Indonesia, karena pasti ada banyak jurusan kuliah yang menarik. Tapi, sebagai perempuan wajib memilih jurusan yang mana bisa bermanfaat untuk diri kita sendiri, keluarga, dan orang lain.

Jika kamu akan memilih jurusan kuliah IPA pastikan memilih jurusan yang menjamin masa depan untuk perempuan ya! Jurusan kuliah IPA atau biasa kita disebut dengan jurusan Saintek (Sains dan Teknologi) sangat identik dengan jurusan Teknik, yang mayoritasnya kebanyakan mahasiswa laki-laki, karena memang profesinya nanti ditempatkan pada lapangan.

Kebetulan sekali karena kali ini kita akan membahas mengenai jurusan-jurusan apa saja yang cocok untuk anak perempuan lulusan Sekolah Menengan Atas IPA. Terdapat beberapa jurusan yang masuk ke dalam perhitungan jika dilihat dari keadaan waktu ini. Ini dia daftar selengkapnya :

Baca Juga : 5 Prospek Kerja Akuntansi Paling Menjanjikan

1. Farmasi

Pertama ialah jurusan farmasi di mana khusus mengulik perihal obat-obatan. Jurusan yang satu ini bisa dikatakan menjamin sebab yang namanya obat pasti sangat dibutuhkan oleh manusia. Farmasi juga tidak hanya mengurus soal obat saja melainkan juga pengetahuan tentang kimia. Ya, ada berbagai hal-hal yang berhubungan dengan kimia seperti obat, kosmetik, dan lain sebagainya. Jadi, Bila kamu menyukai pelajaran kimia maka jurusan ini bisa jadi yang terbaik untuk dipilih.

Untuk prospek kerjanya sendiri tentu sangat banyak, kamu bisa menjadi seorang apoteker, bisa juga menjadi pebisnis dengan membuka apotek dan klinik, dan kamu bisa menjadi karyawan swasta ataupun lembaga pemerintah di bidang farmasi, dosen, dan lainnya.

Baca Juga : Rekomendasi Jurusan SAINTEK yang Nggak Banyak Menghitung Saat Kuliah dan Jurusan yang Prospek Gajinya Tinggi!

2. Analis Kesehatan

Bagi kamu yang sering kali bertanya-tanya dengan berbagai hal pada tubuh manusia khususnya pada bidang laboratorium, maka analis kesehatan bisa jadi pilihan. Jurusan yang satu ini bisa kamu tempuh baik pada universitas negeri juga swasta. Apa yang diajarkan pada kuliah jurusan analis kesehatan? Ya, pastinya yang akan diajarkan sangat kompleks karena berhubungan langsung dengan tubuh manusia, mikroorganisme, bahan kimia, dan lain sebagainya. Disini nanti kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti hematologi, kimia klinik, mikrobiologi, imuno-serologi, toksikologi, kimia makanan-minuman, dan lainnya.

✅REKOMENDED:  Kuy Intip! 5 Jurusan STAN yang Paling Banyak diminati

Untuk prospek kerja analis kesehatan ialah menjadi analis kesehatan di klinik, puskesmas, rumah sakit swasta maupun negeri, dosen, dan masih banyak lagi. Fungsi utama analis kesehatan sendiri ialah untuk mendukung penetapan diagnosa dari tenaga kesehatan yang berkepentingan.

3. Perawat

Jika kita melihat saat ini jumlah perawat sangat turun drastis dampak pandemi COVID-19. Ya, banyak sekali perawat yang gugur di medan pertempuran karena tidak mampu melawan ganasnya virus corona. Walaupun mungkin ini kurang patut dijadikan sebuah kesempatan, tapi kebutuhan akan perawat untuk beberapa tahun ke depan akan makin banyak.

Untuk prospek kerja dari perawat sendiri sebenarnya tidak melulu soal penanganan virus corona saja melainkan ada banyak. Kamu bisa sebagai perawat di rawat inap, perawat ICU, perawat UGD, perawat NICU, bahkan kamu bisa jadi terapis kecantikan di berbagai klinik setelah mendapatkan sertifikat khusus.

4. Kesehatan Rakyat

Bagi kamu yang ingin belajar serta berguna bagi warga di bidang medis namun tidak ingin melakukan tindakan maka kesehatan rakyat bisa jadi pilihan. Jurusan yang satu ini menuntut kamu mengetahui berbagai jenis informasi-informasi kesehatan di rakyat dan ikut menjalankan aktivitas sosial. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa masih banyak sekali rakyat yang belum sadar akan pentingnya kesehatan. dengan jurusan kesehatan rakyat ini memang diharapkan para lulusannya bisa menyampaikan edukasi yang sesuai agar warga lebih waspada.

Umumnya, para lulusan jurusan kesehatan masyarakat ini dibutuhkan pada tingkat dinas kesehatan khususnya menjadi penyuluh, petugas survei, pengolah data mengenai kesehatan warga , serta lain sebagainya. kamu mampu bertemu dengan banyak orang dan berinteraksi dengan mereka.

✅REKOMENDED:  Pengertian Materi Pembelajaran dan Jenisnya

5. Ilmu Gizi

Selanjutnya terdapat ilmu gizi yang sangat penting dan vital pada berbagai pelayanan kesehatan. Ya, pada ilmu gizi nanti kamu akan mempelajari berbagai jenis nutrisi yang ada hubungannya dengan kehidupan manusia, gaya hidup, mengatur makan atau diet, menyediakan informasi tentang asupan gizi, dan lain-lain.

Pada kenyataannya, para lulusan ilmu gizi ini banyak yang terjun di berbagai lembaga baik swasta juga negeri. Para lulusannya ini banyak yang bekerja menjadi konsultan gizi di fasilitas kesehatan, pengatur makanan pasien, penyuluh gizi, bisnis kuliner, bekerja di industri kuliner, dan lainnya. Ilmu ini juga sangat penting diterapkan sendiri maupun pada keluarga.

6. Dokter spesialis atau Pendidikan Dokter

Dokter ialah jurusan yang paling banyak diminati oleh para lulusan SMA IPA. Untuk pendidikan dokter ini akan kamu tempuh dalam jangka waktu yang sangat lama, jadi berbeda dengan jurusan lain yang kurang lebih 3,5-4 tahun. Jika kamu lulus S1 maka masih wajib mengikuti Koas dan juga Internship baru menjadi dokter umum. Akan tetapi, untuk prospek kerjanya pasti telah sangat luas apalagi di masa pandemi seperti ini.

Nantinya kamu juga bisa berkesempatan untuk melanjutkan kuliah ke S2 dan spesialis untuk lebih mendalami berbagai jenis penyakit secara lebih luas. Menjadi dokter juga sangat mulia karena dapat membantu keluarga dan orang lain. Setidaknya jika kamu lulusan dokter, kamu sudah mempunyai bekal yaitu ilmu yang bisa digunakan untuk merawat keluarga saat sakit tanpa kamu harus panik yang berlebihan.

7. Rekam Medis

Jurusan rekam medis ini memiliki peluang yang amat cukup besar di bidang kesehatan Loh.. Lulusan dari jurusan yang satu ini biasa kita temui pada bagian loket fasilitas kesehatan. Ya, mereka bertugas pada registrasi maupun penyimpanan data riwayat penyakit pasien.

✅REKOMENDED:  7 Jurusan Yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Kemudian data riwayat tersebut disimpan dengan rapi dan berurut sesuai dengan kode yang telah ditentukan. Jurusan rekam medis ini juga dapat membantu memudahkan kerja dokter ataupun tenaga lainnya untuk melakukan diagnosa terhadap suatu penyakit melalui riwayat sebelumnya. Para mahasiswa rekam medis umumnya mempelajari juga berbagai mata kuliah seperti Ilmu Kesehatan masyarakat & Kependudukan, Ilmu Penyakit, Epidemiologi, dan lainnya. Hal ini untuk mendukung ilmu pengetahuan.

8. Kebidanan

Bidan adalah salah satu jurusan yang juga bisa menjamin masa depan untuk kamu para perempuan. Jika kita lihat sekarang kebanyakan dokter kandungan adalah laki-laki, dimana hal tersebut yang membuat ibu hamil dan bersalin merasa kurang nyaman. Alhasil, bidanlah yang tetap menjadi pilihan. Selain itu, jika kamu berkuliah di jurusan kebidanan ini bisa juga kamu membuka klinik sendiri di rumah loh.. Ya, kamu bisa bekerja di suatu instansi juga bekerja secara mandiri tanpa intervensi.

Untuk bidan sendiri tugasnya tidak hanya melayani ibu hamil dan bersalin ya guys.. bidan bisa menjadi seorang penyuluh kesehatan, mengikuti kegiatan posyandu baik balita maupun lansia, dan bahkan bisa mendirikan klinik babyspa sendiri loh guys. Kalian pasti tahu kini banyak ibu-ibu lebih percaya dengan pihak medis dari di dukun pijat karena lebih berdasar di ilmu pengetahuan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Penutup

Mungkin itu saja artikel yang telah kami tulis mengenai jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan, semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan dan juga informasi tambahan untuk teman-teman yang masih bingung terutama bagi perempuan yang ingin memilih jurusan kuliah untuk menjamin masa depannya, kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih