pengertian saintek adalah

Pengertian Saintek Adalah dan Soshum Lebih dalam Lagi

Ketika kamu telah memasuki dunia perkuliahan khususnya kamu yang mengambil SBMPTN, pasti kamu harus mengetahui tes dan kelompok jurusan yang akan diambil untuk masuk ke perguruan tinggi kan. Nah, umumnya terdapat terbagi dua kelompok jurusan yaitu jurusan IPA atau saintek adalah (Sains dan Teknologi), dan IPS atau soshum (Sosial dan Humaniora). Untuk kamu yang ambil pelajaran soshum dan saintek, kami akan kasih tau kamu pelajaran soshum serta saintek yang harus kamu perhatikan ya.

1. Gimana tata cara serta ketentuan menentukan kelompok studi tersebut?

Untuk memasuki dunia perkuliahan nantinya akan dibagi menjadi 2 kelompok, ada yang studi IPA (Saintek) dan studi IPS (soshum). Saintek sendiri adalah singkatan dari sains dan teknologi.
Umumnya, hanya peserta didik yang berasal dari jurusan IPA yang diperbolehkan untuk mengambil peminatan studi ini. Sedangkan untuk kelompok Soshum adalah singkatan berasal sosial dan humaniora. serta ini hanya diperuntukkan untuk mengambil jurusan pada kelompok IPS.

Baca Juga : Jurusan Kuliah IPA Mana Nih yang “Kamu” Banget?

2. Apa materi yang diujikan pada ke 2 kelompok jurusan tersebut?

• Kelompok Saintek

Ada beberapa materi yang seringkali diujikan pada kelompok saintek ini, diantaranya adalah Matematika IPA, fisika, Kimia, biologi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

• Kelompok Soshum

Sedangkan pelajaran soshum yang akan diujikan terkait dengan pelajaran yang dipelajari di jurusan IPS, antara lain ialah Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Sejarah, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

3. Jurusan apa saja yang masuk ke pada Saintek dan Soshum?

Pastinya gak oke kan rasanya kalau membahas Saintek dan Soshum tanpa kamu mengetahui mengetahui apa aja sih jurusan yang termasuk di kedua kelompok studi tersebut.

 Kelompok Soshum

Jurusan yang masuk ke dalam kelompok studi ini ialah :

a. Ilmu Ekonomi

Pelajaran soshum untuk jurusan yang pertama ialah jurusan ekonomi. Ekonomi pastinya akan menjadi salah satu prospek jurusan kuliah yang menjanjikan pada masa depan nih karena semua kegiatan kita gak akan ada lepas dari yang namanya perekonomian.
Jurusan ekonomi ini tentu sangat diperlukan semua perusahaan karena kebanyakan perusahaan pasti akan melakukan kegiatan ekonomi untuk mendapatkan keuntungan.
Nah, jika nanti kamu lulusan ekonomi nih jangan khawatir soal peluang karir kamu karena pasti sangat besar dan terjamin Loh! Gak hanya bisa kerja di perusahaan aja, akan tetapi kamu juga bisa membuka jasa sendiri yang bisa berguna bagi orang lain. Bisa dikatakan deh bahwa pekerjaan dari lulusan ekonomi sangat bervariasi serta peminatnya akan selalu meningkat.

✅REKOMENDED:  Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

b. Akuntansi

pada fakultas akuntansi kamu akan mempelajari materi yang terkait dengan metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu perusahaan mengambil sebuah keputusan nih.
Nah, pelajaran soshum yang kedua ini adaalah akuntansi, dimana akuntansi ini nanti kamu selama 4 tahun belajar dasar-dasar membuat laporan keuangan seperti dari bagaimana caranya membuat laporan keuangan yang sesuai sama standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai baku kelayakan usaha melalui laporan keuangan, bahkan kamu bisa menerawang serta menilai prospek kedepannya.

c. Manajemen

Jurusan bisnis dan manajemen ini cocok banget untuk kamu yang senang banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu mampu merintis karir pada banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

d. Ilmu Politik

Ilmu politik artinya bidang yang sangat menarik untuk ditekuni, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi manusia (HAM), bahkan kamu akan mendalami sistem politik luar negeri loh!
Meskipun terdengar berat, akan tetapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini gak hanya membawa kamu jadi politikus aja, tapi kamu bisa mengembangkan minat dan bakat kamu menjadi analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan usaha.

e. Ilmu Komunikasi

Pelajaran soshum yang selanjutnya artinya jurusan Ilmu Komunikasi. Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang juga bisa dianggap paling menjanjikan di masa depan, karena Ilmu Komunikasi sangat diperlukan oleh perusahaan khususnya di industri kreatif.
Jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki beberapa cabang ilmu seperti jurnalistik ataupun public relations yang dimana akan cukup diperlukan di masa depan. Dengan adanya berbagai macam inovasi di bidang teknologi, maka nantinya jika kamu lulus jurusan ilmu komunikasi sangat diperlukan dan selalu dibutuhkan oleh pemilik perusahaan.

f. Hubungan Internasional

Selanjutnya adalah jurusan HI, salah satu jurusan kuliah IPS yang bergengsi Loh.. Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak tentang relasi dan hubungan antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lain.
Nantinya mahasiswa lulusan hubungan Internasional umumnya akan banyak bekerja menjadi pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri. Buat kamu yang senang dengan politik luar negeri, jurusan HI sangat kami rekomendasikan untukmu!

✅REKOMENDED:  Pengertian Ilmu Pendidikan dan Fungsinya

g. Hukum

Ilmu hukum artinya jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang dan familiar. Gak heran kan, kalo misalkan jurusan ini diminati oleh banyak orang. Pada Ilmu hukum, kamu akan belajar dasar-dasar ilmu hukum seperti aturan pidana dan perdata, hukum pajak, hukum internasional, filsafat aturan, aturan dagang, dan lain-lainnya.

h. Psikologi

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perihal tingkah laris, pikiran, serta mental insan nih. Gak sporadis kalau kamu disebut menjadi cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Nah, buat prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, kamu bisa bekerja menjadi HRD, peneliti, juga jadi psikolog loh!

i. Sastra

Kalau kamu senang belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah pilihan yang cocok buat jurusan kuliah IPS. Disini nanti kamu gak cuma belajar bahasa inggris aja kok, tapi ada banyak bahasa asing yang akan kamu pelajari, misalkan nih kamu nanti belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain-lain.
Nah nanti kamu tinggal pilih sastra mana yang kamu inginkan dan pastikan sesuai dengan minat kamu ya! Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan pada berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan hingga kerja di Kedutaan besar. Wah.. keren banget bukan?

Kelompok Saintek

a. Kedokteran

Jurusan kuliah terbaik nomor satu artinya program studi kedokteran. Jurusan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bukan? Program studi yang setiap tahunnya selalu bertambah jumlah peminatnya. Di prodi kedokteran ini, kamu akan mempelajari aneka macam ilmu medis, tentang memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

b. Kedokteran gigi

Jurusan kedokteran gigi ini juga tidak kalah banyak peminatnya bagi para mahasiswa dibandingkan dengan jurusan kedokteran pada umumnya Loh. Pada dasarnya, jurusan Kedokteran Gigi mengajak mahasiswanya untuk mempelajari tentang kesehatan oral manusia, mulai dari wilayah gigi dan mulut, hingga cara menangani dan mengobati permasalahan yang ada pada area tersebut. Selain mempelajari tentang kesehatan gigi, kamu juga akan mempelajari tentang keindahan gigi dan mulut.

✅REKOMENDED:  Pengertian Tri Dharma Perguruan Tinggi Adalah

c. Kedokteran hewan

Jurusan Kedokteran hewan mempelajari semua jenis tentang pengobatan dan pencegahan penyakit yang terjadi di hewan ternak dan berbagai hewan lainnya. Jika kamu adalah seorang mahasiswa dari jurusan Kedokteran hewan, kamu akan mempelajari hubungan antara hewan dan masyarakat. Kamu nanti juga harus mendalami ilmu tentang hal-hal yang berbau perkembangbiakan hewan, pengolahan produk peternakan, dan lain-lain.

d. Farmasi

Farmasi ialah salah satu jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar pada jurusan Farmasi pasti akan mendalami serta mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara membuatnya untuk bisa sebagai bahan yang aman untuk dikonsumsi.
Mahasiswa lulusan Farmasi diperlukan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas. Umumnya prospek kerja lulusan Farmasi ialah sebagai apoteker, spesialis Kimia, serta lain-lain.

e. Jurusan Matematika

Ketika nanti kamu mengambil jurusan di matematika, kamu akan banyak menemukan mata kuliah yang mendalam seperti dasar ilmu matematika, kalkulus, metode numerik, aljabar, dan lainnya. Meskipun peminat dari jurusan Matematika ini tergolong sedikit, tetapi ilmu Matematika ini banyak banget dimanfaatkan pada berbagai macam bidang sehingga peluang kerjanya pun sebenarnya sangat luas.

f. Jurusan Teknik

Jurusan Teknik ialah sebuah bidang yang mengkombinasikan ilmu serta teknologi untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan. dan di ilmu Teknik ada berbagai cabang-cabang atau bagian yang bisa kamu pilih untuk dipelajari. Beberapa di antaranya artinya Teknik Industri, Teknik fisika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan, serta lain sebagainya.

g. Jurusan Kimia

Meskipun kamu mendapatkan berbagai pelajaran tentang Kimia di saat SMA, akan tetapi saat di perkuliahan kau akan mendalami lebih banyak ilmu-ilmu Kimia dan mengkajinya secara spesifik loh! ada banyak juga materi fisika kimia yang mempelajari sifat-sifat zat pada lapangan untuk lebih memfokuskan diri pada senyawa organik, protein, dan lain-lainnya.

h. Jurusan fisika

Jurusan fisika ialah bidang ilmu yang fokus untuk mempelajari gejala alam gak hayati (materi) pada lingkup ruang dan waktu. Nah, nanti kamu akan mempelajari tentang fisika baik secara fundamental dan modern misalnya dinamika, gaya elektromagnetik, termodinamika, dan sebagainya.