jurusan public relation
source : dreambox.id

5 Alasan Memilih Jurusan Public Relation

Jurusan Public Relation – Halo sobat Indonewsid! Apakah sobat adalah salah satu orang yang sedang bingung akan melanjutkan pendidikan kemana?

Di Indonesia banyak sekali program studi atau jurusan yang sangat beragam. Mulai dari teknik hingga pendidikan.

Sebelum memilih program studi, ada baiknya kita lebih mengenal diri sendiri terlebih dahulu lebih cenderung kemana keinginan dan passion kita. Mengapa? Karena hal tersebut bisa membantu kamu untuk menghindari tragedi salah jurusaan.

Pada saat akan mendaftar di SNMPTN atau SBMPTN kita akan menentukan pilihan untuk memilih program studi soshum atau saintek.

Soshum sendiri membahas tentang ilmu sosial hingga hukum sedangkan saintek membahas jurusan tentang ilmu pengetahuan eksak dan semacamnya.

Nah, ada salah satu jurusan kece yaitu Jurusan Public Relation. Apa sih jurusan public relation itu? Apa saja mata kuliah yang akan dipelajari dan bagaimana prospek kerja dalam jurusan public relation ini?

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai jurusan Public Relation dan serba serbi lainnya. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Jurusan Public Relation

jurusan public relation
Source : blog.lokerpalangka.net

Jurusan Public Relations atau yang biasa di kenal jurusan PR merupakan jurusan interdisipliner yang mana jurusan ini menyatukan konsep serta teori dari ilmu komunikasi dan hubungan masyarakat. Jurusan Public Relation ini memang bertujuan untuk mendidik mahasiswanya agar mengerti dan paham mengenai teori dan praktek cara membangun hubungan yang baik dengan masyarakat (public).

Jika dijabarkan secara umum, program studi yang satu ini berfokus dalam cara mengembangkan keterampilan siswanya dalam berkomunikasi baik itu secara konvensional maupun dengan media digital.  Bukan hanya itu saja loh sobat, jurusan public relation ini mendidik mahasiswanya untuk bisa mengasah kemampuan, merancang komunikasi dengan strategis dan semacamnya.

✅REKOMENDED:  berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

Jurusan public relation memiliki 2 pembahasan utama yaitu Komunikasi Merek (Brand Communication) dan Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication). 2 pembahasan ini tentu memiliki isi yang berbeda.

Konsentrasi Komunikasi perusahaan lebih terfokus untuk membangun dan merancang rencana komunikasi agar strategis dalam memelihara dan membangun hubungan yang baik serta bis amemberikan timbal balik dengan publik dari dalam maupun dari luar perusahaan melalui berbagai alat alat yang berhubungan dengan hubungan masyarakat. Sedangkan konsentrasi komunikasi merek lebih terfokus untuk membangun dan merancang rencana untuk mengkomunikasikan merek dengan strategis kepada target audiens secara kredibel. Semakin majunya teknologi informasi membuat jurusan yang satu ini semakin menjadi incaran terutama generasi muda yang sedang bingung menentukan akan kemana melangkah baik yang sudah menekuninya. Juga bisa membuat masa depan lebih cerah karena prospek kerja yang sangat menjanjikan.

Pengetahuan Dan Keahlian

Kemampuan komunikasi
Keterampilan interpersonal
Keterampilan observasi dan riset
Kemampuan analisis
Kemampuan bekerja sama dalam tim
Kemampuan menggunakan software editing untuk foto dan video
Kemampuan copywriting

Kenapa Harus Memilih Jurusan Public Relation?

Nah sobat, public relation ini ternyata juga memiliki keuntungan seperti jurusan jurusan lainnya loh. Bahkan keuntungan memilih jurusan public relation ini sangat banyak. Mari simak ulasannya di bawah ini.

  1. Alasan pertama kenapa kamu harus memilih jurusan yang satu ini adalah karena disini kemampuan kamu berbicara di depan orang banyak (public speaking) akan diasah sehingga berguna untuk masa depan.
  2. Yang kedua yaitu kamu akan memiliki peluang untuk bisa bekerja di masa depan baik di perusahaan media, bekerja secara independen hingga memulai bisnis sendiri.
  3. Jurusan public relation tidak terlalu banyak membahas persoalan hitung-hitungan jadi cocok untuk kamu yang tidak suka dengan pelajaran hitung hitungan.
  4. Kamu akan menjadi seseorang yang update mengenai perkembangan zaman. Karena kamu biasanya akan mendapatkan tugas mengamati perkembangan informasi melalui media.
  5. Yang terakhir kamu bisa melatih dan mengasah bagaimana cara kamu berhadapan langsung dengan halayak ramai sehingga kamu cenderung menggunakan pikiran sehingga menjadi orang yang open minded.

Prospek Kerja Jurusan Public Relation

Jika semua sudah dibahas, tiba saatnya kita akan membahas prospek kerja apa saja yang bisa kita lakukan di masa depan. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kalimat “akan bekerja apa aku nanti?”

✅REKOMENDED:  Pengertian Materi Pembelajaran dan Jenisnya

Kamu tinggal mengikuti perkuliahan dengan baik, memahami konsep konsep dan cara kerja sehingga kamu bisa tidak hanya soal teori nya saja.

Banyak perusahan, instansi pemerintah dan swasta hingga BUMN yang tentunya sangat memerlukan orang pada posisi hubungan kemasyarakatan atau public relation. Adapun ilmu inti agar kamu bisa menduduki posisi tersebut adalah dengan memilih jurusan yang satu ini. Pekerjaannya tentu saja banyak diminati sehingga menjadi pekerjaan yang cukup bergengsi. Hal lain yang membuat kamu harus memilih jurusan yang satu ini adalah karena penghasilannya cukup menjanjikan.

Prospek kerja lainnya yaitu kamu juga bisa bekerja sebagai jurnalis di sebuah media. Hal ini tentu sangat berhubungan dengan jurusan public relation bukan?

Lalu, kamu juga bisa membuka jasa event organizer karena kamu bisa memberikan jasamu sebagai konsultan kepada para klien  kamu. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai “perusahaan sendiri” karena kamu adalah pemilik sekaligus konsultannya. Apalagi di zaman yang sudah sangat modern seperti ini, akan semakin banyak orang-orang yang membutuhkan jasamu sebagai event organizer seperti acara pernikahan, acara ulang tahun dan acara-acara lainnya sesuai dengan perkembangan zaman.

✅REKOMENDED:  Rekomendasi Jurusan SAINTEK yang Nggak Banyak Menghitung Saat Kuliah dan Jurusan yang Prospek Gajinya Tinggi!

Jika kamu ingin bekerja sambil kuliah, jurusan ini juga cocok loh sobat. Karena kamu juga bisa bekerja sebagai seorang editor, entah itu editor youtube atau sebagainya. Hal ini tentu menyenangkan karena kamu bisa mencari uang sambil menempuh pendidikan. Kamu juga bisa menggunakan uang hasil kerjamu untuk menambah uang bulanan, membeli jajan, skincare. Lumayan juga tambah-tambah uang buat nikah membantu calon suami hihi.

Presenter atau juru bicara juga cocok loh untuk kamu yang biasa tampil dan berbicara di depan umum. Kamu yang memiliki keahlian ini tentu saja menjadi salah satu kelebihan.

Jenis pekerjaan lainnya yaitu seperti desainer grafis, humas, penulis dan dosen.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi mengenai Jurusan Public Relation. Setelah membaca ulasannya di atas apakah kamu sudah siap untuk bergabung di jurusan humas ini? Apakah kamu sudah menentukan pilihanmu disini?

Banyak bukan prospek kerja dari jurusaan yang satu ini? Apalagi jika kamu adalah orang yang suka berbicara dengan orang banyak. Jurusan ini tentunya pas untuk kamu. Selain itu banyak ilmu yang bisa kamu dapat seperti Kemampuan komunikasi, Keterampilan interpersonal, Keterampilan observasi dan riset, Kemampuan analisis, Kemampuan bekerja sama dalam tim, Kemampuan menggunakan software editing untuk foto dan video dan Kemampuan copywriting.

Kamu juga bisa mencari passing grade jurusan lain di banyak kampus dengan mengunjungi website DISINI

Share ke teman-teman jika artikel public relation ini bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan demi kesempurnaan website kami. Selamat berjuang!