prospek kerja teknik kimia
Source : kampusaja.com

6 Keahlian Dan Prospek Kerja Teknik Kimia

Prospek Kerja Teknik Kimia – halo sobat Indonewsid! Apakah kamu salah satu orang yang bercita-cita untuk kuliah di jurusan Teknik? Teknik memang salah satu jurusan paling bergengsi setelah kedokteran dan farmasi. Kedua jurusan ini sama-sama mendidik siswanya untuk bisa menganalisa.

Fakultas teknik sendiri memiliki banyak program studi loh sobat seperti Teknik sipil yang membahas bangunan dan cara membangunnya, Teknik pertanian yang membahas cara bercocok tanam, Teknik industri yang membahas masalah perindustrian sampai Teknik kimia yang membahas tentang Teknik produksi yang mempelajari ilmu rekayasa dengan nilai ekonimis tinggi dan sebagainya.

Nah, pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah jurusan Teknik kimia. Untuk sobat sekalian yang memang suka dan berminat untuk melanjutkan Pendidikan di jurusan Teknik kimia ini tentunya harus mengetahui terlebih dahulu apa saja prospek kerja Teknik kimia di tahun 2022 ini.

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Jurusan Teknik Kimia

prospek kerja teknik kimia
Source : suneducationgroup.com

Jurusan Teknik Kimia adalah program studi yang mendidik mahasiswanya mengenai ilmu rekayasa agar bisa menghasilkan sebuah produk dengan nilai ekonomis yang tinggi. Nah, pada prodi ini kamu akan mengembangkan dan mencari suatu Teknik produksi. Jadi, dapat disimpulkan ya sobat jika jurusan Teknik kimia ini berbeda dengan jurusan kimia murni dan Pendidikan kimia ya sobat. Kamu akan belajar banyak sekali cara untuk mengembangkan penelitian terkait reaksi kimia agar masyarakat menjadi ramah lingkungan, desain molecular baru serta sintesis.

Nah, di atas adalah sedikit penjelesan mengenai apa sih jurusan kimia itu. Jika sobat sudah cukup mengerti, di bawah ini kami berikan penjelasan mengenai pengetahuan dan keahlian, prospek kerja Teknik kimia dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lengkap mari simak ulasannya di bawah ini ya sobat.

Pengetahuan dan Keahlian

Kemampuan melakukan analisis
Kemampuan menyelesaikan masalah
Pemahaman kimia
Pemahaman matematika
Pemahaman fisika
Out of the box mind

Alasan Memilih Teknik Kimia

Sebenarnya ada ga sih alasan yang kuat mengapa harus kuliah di jurusan Teknik kimia ini? nah, pembahasan di bawah ini akan membantu kamu untuk menemukan jawabannya loh. Mari simak alasannya berikut.

  1. Alasan yang pertama adalah, kamu harus tahu jika tidak banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik kimia ini loh. Jadi, kesempatan kamu untuk bisa bekerja sesuai dengan jurusamu semakin luas. Dalam artian banyak prospek kerja yang bsia dilakukan.
  2. Yang kedua yaitu sudah pasti semua industri akan membutuhkan orang yang berasal dari lulusan Teknik kimia. Jadi, kamu jangan takut setelah lulus akan kerja apa asalkan kamu rajin belajar dan mengasah kemampuan kamuy a sobat.
  3. Kesempatan untuk bisa bekerja di dunia industri minyak dan gas sangatlah besar karena lulusan Teknik kimia ini sangat diperlukan untuk memulihkan minyak ataupun gas dari reservoir.
  4. Lulusan dari jurusan yang satu ini nantinya akan mempunyai keahlian khusus yaitu supply chain management yang sangat baik. Nah, hal tersebutlah yang nantinya akan menjadi nilai tambah untuk bisa masuk dan menjadi salah satu anggota dari perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG).
  5. Dan yang terakhir adalah kamu bisa membantu memperkuat divisi pemasaran dan penjualan di suatu perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar.

Prospek Kerja Teknik Kimia

Untuk kamu yang memang ingin mencari tahu apa saja prospek kerja dari jurusan Teknik kimia ini maka inilah saatnya. Karena bidang pembelajaran Teknik kimia ini luas maka prospek kerjanya juga lumayan loh sobat. Jadi sudah tidak perlu heran lagi mengapa orang dengan gelar sarjana Teknik kimia pasti banyak dicari terutama dibutuhkan oleh industri minyak dan gas, industri energi terbarukan, industri kimia, industri pengolahan limbah, industri pangan, industri obat, industri perancangan alat bahkan sampai instansi pemerintah. Lalu, berapa sih gajinya? Gaji nya terbilang cukup menjanjikan loh sobat, maka dari itu tidak sembarang orang yang bisa bekerja di tempat ini.

Karier pada sektor minyak dan gas memang sering menjadi tujuan utama bagi para lulusan Teknik Kimia. Hal yang menarik beberapa tahun belakang bidang pekerjaan Engineering, Procurement, Construction & Commissioning (EPCC) menjadi daya tarik tersendiri sehingga menarik minat lulusan jurusan ini. Karena EPPC sangat erat hubungannya dengan perancangan pabrik. Jadi, cocok sekali untuk mengimpletasikan ilmu yang sudah kamu pelajari selama kamu belajar di bangku perkuliahan. Walaupun demikian, tetap ada loh potensi yang bsa lebih kamu kembangkan dengan mencoba pekerjaan di bidang lain muali dari bidang kreatif sampai bidang Pendidikan.

Berikut berapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:
Bagian Operasional dan Logistik
Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan
Peneliti dan Teknisi Kimia
Teknisi Tambang, Minyak, dan Material
Teknisi dan Operator Pabrik
Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian Produk Bioteknologi
Dosen
Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)
System Analyst

Nah, itulah tadi prospek kerja Teknik kimia yang mungkin bisa menarik minat kamu agar bisa belajar lebih giat demi mencapai apa yang diinginkan dengan bekerja sesuai dengan keahlian kamu ya sobat.

Apa Saja Yang Dibahas Di Dunia Perkuliahan

Apakah yang terbesit dalam benakmu jika kuliah di jurusan Teknik kimia hanya berputar-putar pada pelajaran bahan kimia saja? Jika iya berrati kamu wajib mengenal apa saja yang akan kamu bahas nanti diperkuliahan. seperti fisika dan matematika yang juga akan menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus kamu pahami. Di jurusan yang satu ini kamu akan mengenal dan memahami bagaimana pengolahan limba, pengolahan energi, penyelesaian isu lingkungan serta menganalisis ekonomi agar Indonesia semakin sejahtera. Hmmm cukup menarik bukan?

Adapun mata kuliah yang nantinya akan kamu temui di bangku kuliah jurusan Teknik kimia yaitu rekayasa lingkungan, kimia fisika, termodinamika, bioproses, Teknik reaksi kimia, proses kimia industri, reaktor, Teknik pengolahan limbah, perpindahan panas dan masih banyak lagi. nah, setelah mengenal apa saja yang akan kamu bahas nantinya pada proses belajar mengajar, apakah kamu sudah tertarik dengan jurusan yang satu ini? apakah kamu sudah menetapkan Teknik kimia menjadi salah satu jurusan pilihanmu?

Kesimpulan

Jurusan Teknik Kimia merupakan sebuah program studi yang memiliki tujuan untuk mendidik mahasiswanya mengenai ilmu rekayasa agar bisa menghasilkan sebuah produk dengan nilai ekonomis yang tinggi. Nah, pada prodi ini kamu akan mengembangkan dan mencari suatu Teknik produksi.

Adapun pengetahuan dan keahlian yang akan kamu dapatkan diantaranya Kemampuan melakukan analisis, Kemampuan menyelesaikan masalah, Pemahaman kimia, Pemahaman matematika, Pemahaman fisika, Out of the box mind.

Prospek kerjanya pun cukup bergengsi dan menarik seperti tenaga pengajar atau dosen, peniliti dan teknisi kimia hingga teknisi dan operator pabrik.

Informasi mengenai passing grade kampus impian bisa kunjungi DISINI atau DISINI

Nah, itulah informasi mengenai prospek kerja Teknik kimia yang tersaji lengkap beserta dengan hal-hal yang akan kamu pelajari ketika kamu masuk ke dunia Teknik kimia. Share ke teman-teman jika artikel ini bermanfaat untuk menambah ilmu dan wawasan. Berikan kritik dan saran yang membangun agar kami bisa memperbaiki kekurangan yang tertulis disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *