prospek kerja administrasi negara
Source : news.okezone.com

Prospek Kerja Administrasi Negara 2022

Prospek Kerja Administrasi Negara – halo sobat Indonewsid! Apakah kamu sedang duduk di bangku kelas 3 SMA dan masih bingung akan melanjutkan pendidikan kemana?

Memang banyak sekali jurusan jurusan yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan. Tapi ingat ya, kamu harus memilih sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

Bagaimana sih caranya melihat minat dan kemampuan? Sobat bisa memulainya dari melihat kamu pintar di bidang apa, mengukur kemampuan dengan melihat nilai nilai hasil kerja keras sendiri selama belajar dan yang terakhir harus sesuai dengan keinginan. Jangan sampai salah jurusan ya!

Di Indonesia sendiri banyak sekali jurusan bergengsi yang terlihat keren jika sudah bekerja. Namun, untuk apa itu semua jika minat dan kemampuan kamu bukan disana?

Tidaak sedikit juga orang-orang memilih jurusan dilihat dari prospek kerjanya. Seperti jurusan administrasi negara. Apa sih jurusan administrasi negara ini? Apa saja prospek kerja administrasi negara yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah?

Nah, dalam artikel kali ini Indonewsid akan memberikan informasi seputar jurusan ilmu administrasi negara mulai dari pengertian, ilmu pengetahuan dan keahlian yang didapat serta prospek kerja administrasi negara.

Penasaran? Mari simak ulasannya di bawah ini ya.

Jurusan Administrasi Negara

prospek kerja administrasi negara
Source : detik.com

Apakah kamu sudah sering mendengar jurusan yang satu ini? Jurusan administrasi negara merupakan sebuah program studi yang menjadi rumpun ilmu sosial. Bagaimana maksudnya? Nah, di beberapa kampus di Indonesia jurusan yang satu ini sudah berganti nama menjadi jurusan Administrasi Publik.

Perubahan tersebut dilakukan agar memperluas bidang yang akan dikaji dalam ilmu administrasi. Hal pertaama yang tersorot misalnya, jurusan ini tidak hanya membicarakan pemerintah atau negara yang melayani rakyat,l  tetapi juga mengkaji dan meninjau segala kebijakan publik  dan kegiatan masyarakat dalam administrasi.

✅REKOMENDED:  Pengertian Tes Intelegensi Umum dan Jenis-Jenisnya

Pada jurusan administrasi negara ini, para dosen akan meminta mahasiswanya untuk paham dengan turunan dari setiap peraturan / hukum serta kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Yang mana hal tersebut bisa diimplementasikan dengan baik pada setiap tingkatan baik itu perseorangan maupun organisasi. Selain itu juga mahasiswa dituntut untuk daapat memanfaatkan teknologi pada setiap proses pengolahan dan pengumpulan data.

Lulusan dari jurusan yang satu ini menjadi harapan bisa meempunyai berbagai macam kemampuan seperti , mampu mengidentifikasi, mempunyai daya saing yang tinggi, mampu membuat trobosan yang inovatif dan kreatif dalam memberdayakan sumber daya, mengatasi masalah publik berdasarkan landasan metodologis, mampu membangun komunikasi yang baik dari bidang atau pun pakar keahlian, bekerja secara mandiri dan tim dan yang terakhir senantiasa mengikuti perkembangan zaman di bidang keilmuannya.

Pengetahuan Dan Keahlian

Kemampuan menejerial
Kemampuan analisis
Kemampuan berpikir strategis
Kemampuan komunikasi
Kemampuan mengelola organisasi
Pemahaman matematika
Pemahaman sistem birokrasi
Sikap kepemimpinan

Kenapa Harus Jurusan Administrasi Negara?

Nah, itulah beberapa pengetahuan dan keahlian yang bisa kamu dapatkan jika kamu masuk jurusan administrasi negara. Dirasa cukup mumpuni bukan untuk masuk ke dunia kerja?

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menjadi sarjana administrasi negara diantaranya:

1.      Kemampuan dalam menganalisis kebijakan akan sangat bermanfaat ketika memegang tanggung jawab di level top management suatu perusahaan atau pemerintahan.
2.      Pilihan karier yang menanti sangat beragam, mulai dari aparatur sipil negara/daerah, pengajar, hingga konsultan pemerintahan.
3.      Kamu bisa menemukan jawaban atas spekulasi-spekulasi kamu selama ini tentang dunia pemerintahan.
4.     Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang suka untuk terlibat di kegiatan-kegiatan kemasyarakatan karena keahlian bersosialisasi mu akan terlatih di jurusan ini.
✅REKOMENDED:  berikut ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali

Itulah beberapa alasan yang sangat tepat mengapa kamu harus bergabung dalam jurusan administrasi negara. Selain prospek kerja yang luas kamu juga akan mendapatkan gaji yang cukup menjanjikan.

Prospek Kerja Administrasi Negara

Ada banyak karier yang bisa dipilih oleh para sarjana administrasi negara ini loh sobat. Apa saja sih? Eitss, tapi sebelum membahas lebih lanjut ada hal yang harus kamu ingat yaitu kamu harus bisa menemukan passion kamu selama masa perkuliahan. Kamu menggeluti satu bidang yang dirasa cocok sehingga kamu bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan apa yang sudah kamu pelajari.

Lulusan administrasi negara ini bisa bekerja di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta. Kamu juga bisa membuka usaha sendiri atau bahkan terjun langsung ke dunia politik loh sobat.

Adapun prospek kerja administrasi negara yang bisa kamu lakukan ketika sudakemh lulus yaitu PNS, peneliti, politisi, aktivis, dosen, staf khusus, konsultan pemerintah serta jurnalis.

Sebenarnya pekerjaan apa saja sama. Tapi, jika bisa lebih baik kenapa tidak? Apalagi jika sudah susah payah menuntut ilmu di bangku kuliah, revisi skripsi berkali-kali hingga permasalahan lainnya. Jadi, kamu tetap semangat ya!

Kesimpulan

Jurusan administrasi negara merupakan sebuah program studi yang menjadi rumpun ilmu sosial. Pada beberapa kampus di Indonesia jurusan yang satu ini sudah berganti nama menjadi jurusan Administrasi Publik.

Pengetahuan dan keahlian yang akan kamu dapatkan bila kamu menjadi sarjana administrasi negera ini yaitu kemampuan menejerial, kemampuan analisis, kemampuan berpikir strategis, kemampuan komunikasi, kemampuan mengelola organisasi, pemahaman matematika, kemampuan birokrasi.

Jadi, prospek kerja yang bisa kamu lakukan yaitu bisa saja kamu menjadi seorang dosen, PNS, aktivis, peneliti, politisi, konsultan pemerintah, jurnalis bahkan staf khusus.

✅REKOMENDED:  Apa Itu Jurusan Aktuaria ? Inilah Penjelasan Lengkap Dan Informasi Jurusan Aktuaria

Sebenarnya tidak sedikit orang yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya semasa kuliah dulu. Memang semuanya harus dipertimbangkan sebelum memutuskan akan kemana kamu melangkah. Jangan sampai sudah dipilih lalu merasa tidak ada kecocokan.

Hal tersebut memang sering terjadi tapi bukan berarti kamu harus berenti tanpa melanjutkannya Kembali. Dunia perkuliahan tentu lebih berat dari zaman ketika kamu masih sekolah. Begitu juga dengan dunia kerja, pasti akan lebih sulit lagi. Apalagi ketika sudah lulus menjadi sarjana, kerjaan tak kunjung didapatkan.

Pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan memang impian semua orang. Bagaimana tidak? Karena hidup merupakan sebuah proses. Setelah bekerja mungkin kita butuh uang untuk menikah, membesarkan anak, menyekolahkan anak.

Buatlah hidupmu menjadi lebih tertata dengan kamu serius menjalani sekolahmu. Apalagi jika kamu kuliah di kampus yang mahal tapi yang kamu lakukan tidak serius. Kelihatannya kamu hanya menghabiskan uang. Meskipun kamu sudah terlahir kaya, coba belajar untuk konsisten, berpikir dewasa akna kemana masa depan kamu nanti.

Hal penting yang harus diingatkan yaitu kamu perlu mengetahui passion, kesenangan kamu dimana dan berpikir lagi sebelum memilih. Jangan sampai merasa salah jurusan. Kamu harus tetap semangat menjalani masa-masa kuliahmu meskipun diterpa banyak rasa ketidaksanggupan menghadapinya. Diskusikan lagi dengan orang tua dan bicarakan prospek kerja administrasi negara menjadi salah satu alasanmu untuk lanjut disini.

Nah itulah informasi mengenai prospek kerja administrasi negara yang bisa kamu lihat sekaligus menjadi acuan akan kemana kamu nantinya. Cek info seputar jurusan lainnya DISINI

Share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat. Kritik dan saran sangat dibutuhkan demi kesempurnaan artikel kami. Semangat!