kuliah jurusan ipa terbaik

Jurusan Kuliah IPA Mana Nih yang “Kamu” Banget?

Yoook, anak kelas 12, mana, nih? sudah kepikiran mau ambil jurusan apa nanti? Berhubung masih ada waktu nih, yuk, mulai berpikir tujuanmu ke depannya dari sekarang! Gimana caranya? bisa dengan lihat-lihat lagi nilai hasil belajar kamu pada sekolah, mata pelajaran apa, sih, yang lebih unggul nilainya? lalu, kamu refleksikan lagi, kamu ingin mendalami ilmu apa? Enjoy belajar apa?

Selagi kamu menjawab pertanyaan tersebut, kami memberikan beberapa pilihan terkait jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA dan bisa kamu pertimbangkan. Jurusan kuliah IPA apa nih yang kira-kira bisa menarik perhatianmu?

Daftar Jurusan Kuliah IPA Terbaik

Mulai dari kuliah di jurusan kedokteran, teknik, atau rumpun sains lainnya, berikut pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA yang dapat kamu pilih.

1. Jurusan Kedokteran

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang satu ini tentunya telah nggak asing, lah, yaa. Salah satu jurusan terpopuler yang paling banyak diminati anak lulusan IPA, jadi tidak heran persaingan masuk jurusan pendidikan dokter terbilang cukup sulit karena banyaknya peminat. Sistem pembelajaran untuk Jurusan Kedokteran tidak akan sama antara satu perguruan tinggi dengan yang lainnya. Sebagai contoh, Jurusan Kedokteran UGM lebih fokus dalam mempersiapkan peserta didik untuk menempuh pendidikan akademik selama 3,5 tahun. Setelah itu, perkuliahan dilanjutkan dengan fase profesi selama dua tahun. Materi pembelajaran disusun secara sedikit demi sedikit, mulai dari dasar pemahaman fisiologis dan homeostasis, hubungan antara kondisi sehat dan sakit, hingga keterampilan klinis.

Baca Juga : Beasiswa Unggulan kemendikbud 2022/2023

Nah setelah lulus dan menerima gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter pada klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta. Bila kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat tanda pendaftaran dan Surat izin Praktek sesudah melalui tahap internship. Atau jika kamu belum ingin membuka praktek kamu masih mempunyai pilihan lain yaitu melanjutkan studi kedokteran lagi untuk mengambil pendidikan dokter spesialis. Pada jurusan kedokteran nanti kamu juga akan mempelajari mengenai penyakit serta cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya ada dua hal penting pada Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera. Mahasiswa yang telah mengambil jurusan kedokteran maka wajib menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai dalam praktik langsung di pasien. Jurusan ini sangat di rekomendasikan bagi kamu yang senang dengan pelajaran biologi. Sedangkan untuk prospek kerjanya yakni sebagai Dokter Anak, Dokter Kandungan serta Ginekologi, Dokter Pengobatan Nuklir atau Dokter Pengobatan Olahraga.

2. Ilmu Gizi

Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, dan kualitas manusia. Ilmu Gizi juga mempelajari persoalan sektor pertanian, ekonomi, serta sosial budaya. yang tidak kalah penting ialah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi dan memberikan jasa konsultasi. Untuk kamu yang senang dengan pelajaran biologi dan kimia bisa memilih masuk ke jurusan Ilmu Gizi. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai ahli Diet dan Nutrisi, Praktisi keluarga serta umum.

3. Farmasi

Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya, jurusan ini juga tidak kalah populer dengan jurusan kedokteran. Para mahasiswa di jurusan farmasi belajar untuk mengenali struktur senyawa obat serta cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Mahasiswa lulusan farmasi nantinya diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang telah memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Kimia. Dan untuk prospek kerjanya yakni sebagai spesialis Kimia, Dokter Pengobatan Preventif dan Apoteker.

4. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika semakin terkenal menyusul kemajuan teknologi saat ini. Maka tenaga yang dibutuhkan dalam bidang teknik informatika juga semakin banyak. Oleh karena itu, jurusan teknik informatika termasuk dalam jurusan dengan prospek karier kerja yang menjanjikan. Nah kamu nanti di jurusan IT akan mempelajari mengenai ilmu komputer, software, jaringan komputer, dan implementasinya, terutama pada bidang bisnis dan usaha. Tidak hanya teori, Teknik Informatika juga mewajibkan para mahasiswa mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Untuk menguasai teknik informatika dengan baik, kami sarankan paling tidak kamu memahami logika dan matematika. Mahasiswa teknik informatika akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman, yang merupakan perwujudan dari algoritma (matematika serta logika). Jurusan yang satu ini cocok untuk kamu yang senang dengan pelajaran matematika. Sedangkan untuk prospek kerjanya yakni sebagai Programmer komputer, Analis Riset Operasional, Web Developer atau Developer software, dan lainnya.

5. Arsitektur

Jika kamu merupakan siswa lulusan IPA tetapi memiliki ketertarikan pada desain, tidak ada salahnya loh untuk mencoba masuk jurusan arsitektur pada bangku kuliah. Mahasiswa pada program studi Arsitektur akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Karena hampir seluruh perusahaan properti serta konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Namun arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa wajib mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), keindahan atau estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Untuk prospek kerjanya yakni sebagai Arsitek, Manajer Konstruksi, Desainer Interior.

6. Teknik Pertambangan

Jurusan teknik pertambangan adalah salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus di ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral, misalkan saja emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya. Akan tetapi, tidak banyak perguruan tinggi yang mempunyai program studi teknik pertambangan di Indonesia. Pada teknik pertambangan nanti mahasiswa belajar tentang proses pertambangan, yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai pemasaran hasil tambang. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran seperti, fisika dan juga kimia. Nah untuk prospek kerjanya yakni sebagai ahli Tambang dan Geologi, ahli Pengeboran Bumi baik yang Non Minyak dan Gas, ahli Teknik energi, Teknisi Geologi dan Perminyakan.

7. Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang mempunyai nilai guna bagi manusia. saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini mencakup teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, dan rekayasa genetika. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran biologi, sedangkan untuk prospek kerjanya yaitu ahli Biomedis, Teknisi Pembangkit Biomassa, dan Peneliti Bioinformatika

8. Biokimia

Ilmu Biokimia ialah ilmu yg mempelajari tentang peranan berbagai molekul pada reaksi kimia serta proses yang berlangsung pada makhluk hidup. Jangkauan ilmu Biokimia sangat luas. tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung pada tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mengkaji berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran biologi dan Kimia. Prospek kerjanya yakni sebagai Peneliti Bioinformatika, ahli biologi Molekul dan Sel, serta ahli Biokimia dan Biofisika.
Penutup
Mungkin itu saja artikel yang telah kami tulis mengenai Jurusan Kuliah IPA, semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan dan juga informasi tambahan untuk teman-teman yang mungkin masih bingung mengenai jurusan kuliah IPA itu apa saja, kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.