Sekolah kedinasan di Jogja
Source : siedoo.com

Daftar 8 Sekolah Kedinasan Di Jogja

Sekolah Kedinasan di Jogja – halo sobat Indonewsid! Pada tahun 2022 ini akan dimulai tahun ajaran baru untuk pada bulan Juli mendatang. Untuk sobat sekalian yang sudah tamat SMA, apakah sudah mempersiapkan akan lanjut kemana kamu nantinya?

Di Indonesia sendiri banyak sekali sekolah kedinasan yang tersebar luas di hampir seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya adalah Jogja. Jogja memang terkenal sebagai kota pelajar karena banyak pelajar dari seluruh Indonesia yang memang merantau ke Jogja untuk melanjutkan pendidikannya.

Jika membahas sekolah kedinasan, sebenarnya sobat sekalian sudah paham belum mengenai sekolah kedinasan ini mulai dari sistem belajar dan lain-lainnya? Nah, pada artikel kali ini, Humorbendol akan memberikan informasi mengenai sekolah kedinasan yang ada di Indonesia dan sekolah kedinasan di Jogja terlengkap 2022. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Sekolah Kedinasan di Indonesia

Sekolah kedinasan di Jogja
Source : borneo24.com

Apa itu sekolah kedinasan? Sekolah kedinasan merupakan sebuah institusi Pendidikan yang setara dengan perkuliahan yang mana sekolah ini langsung dikelola oleh Lembaga pemerintahan atau kementrian. Sekolah kedinasan ini dibuat khusus untuk memberikan Pendidikan sesuai dengan bidang keahlian yang Lembaga tersebut kelola. Jadi setelah lulus dari sekolah kedinasan, siswanya akan berkesempatan kerja di Lembaga yang menaunginya tersebut.

Mengingat kesempatan bekerja yang lebih meyakinkan maka tidak sedikit peminat dari sekolah kedinasan ini. Apalagi untuk sekolah kedinasan yang menyelenggarakan ikatan dinas seperti STAN, IPDN dan lain sebagainya. Karena itulah seleksi yang diselenggarakan pun cukup ketat dan juga ada beberapa persyaratan yang tidak boleh dilewatkan dan diremehkan. Untuk persayaratan umum yang selalu ada disetiap sekolah kedinasan adalah tinggi badan dan riwayat kesehatan.

Eitss, tidak semua sekolah keidnasan loh sobat yang melaksanakan program ikatan dinas ini. Namun, sekolah kedinasan yang non ikatan dinas juga tetap berada di bawah naungan lembaga atau kementrian. Yang membedakan adalah non ikatan dinas ini tidak memiliki keringan biaya Pendidikan serta mahasiswa yang lulus tidak selalu diangkat menjadi pegawai pemerintahan.

Sekolah Kedinasan di Jogja

Jogja memang layak dinobatkan sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia. Mengapa? Karena memang banyak orang-orang yang merantau demi melanjutkan pendidikannya. Nah, sekolah kedinasan di Jogja ini beragam loh sobat. Ada PTK yang melangsungkan ikatan dinas ada pula yang tidak. Nah, di bawah ini daftar sekolah kedinasan di Jogja.

Akademi Angkatan Udara (AAU)

Sekolah Kedinasan di Jogja
Source : ex-school.com

Yang pertama ada Akademi Angkatan Udara atau AAU. Sekolah kedinasan yang satu ini adalah institusi pendidikan khusus untuk melatih dan mendidik calon anggota menjadi TNI AU. Mahasiswa yang lulus dari AAU ini akan menjadi prajurit TNI AU sehingga bisa disimpulkan bahwa AUU menyelenggarakan ikatan dinas.

Persyaratan umum

Warga Negara Indonesia.
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.
Sehat jasmani dan rohani.
Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC”

Sekolah kedinasan di Jogja
Source : jogjaland.net

Sekolah kedinasan di Jogja berikutnya ada sekolah multi media. Nah, ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai jurusan multi media ini. MMTC adalah jawabannya. MMTC adalah sekolah tinggi multi media adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Persyaratan Umum

Lulus SMA/MA/dan SMK Semua jurusan.
Sehat jasmani dan rohani.
Tidak buta warna untuk Program Studi Manajemen Teknik Studio Produksi, Animasi, dan Teknologi Permainan.
Tidak buta warna total untuk Program Studi Manajemen Produksi Siaran, Manajemen Produksi Berita, dan Manajemen Informasi Komunikasi.
Melakukan proses pendaftaran secara online sesuai prosedur.
Mengunggah semua berkas yang sesuai dengan alur pendaftaran.
Pendaftar yang diterima pada Prodi Manajemen Teknik Studio dan Produksi (Matekstosi) disarankan memiliki kamera video, minimal handycam atau DSLR.
Pendaftar yang diterima pada Prodi Animasi dan Teknologi Permainan disarankan memiliki komputer/laptop dengan prosesor minimal Intel Core i5 dengan RAM 4 GB.

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

sekolah kedinasan di jogja
Source : indonesia-college.com

Sekolah kedinasan di Jogja berikutnya ada STPN atau Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. STPN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional. PTK yang satu ini ditujukan kepada mahasiswa yang mana sekolah ini mendidik siswanya yang berkaitan dengan ilmu pertanahan. Mereka menyediakan dua jurusan ilmu pertanahan yaitu Manajemen Pertanahan dan Perpetaan.

Persyaratan Umum

Lulusan SMA/SMU atau MAN jurusan IPA (A-1/A-2) dan SMK/STM Jurusan Bangunan atau Survey Pemetaan, Komputer, geologi pertambangan (dibuktikan dengan legalisir Ijazah)
Berusia maksimal 23 tahun pada tahun 2022;
Nilai rata-rata mata pelajaran Matematika kelas 1 s.d 3 minimal 7,5.
Tinggi Badan Untuk Putra Min 165 cm untuk Putri 160 cm

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)

sekolah kedinasan di jogja
Source : tribunnewswiki.com

Sekolah kedinasan di Jogja nomor 4 yaitu ada Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir atau STTN. STTN berada di bawah naungan BATAN atau Badan Tenaga Nuklir Nasional. Sekolah ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang teknologi nuklir yang professional.

Persyaratan Umum

Memiliki prestasi akademik dengan rata-rata 7,25 (skala 10) atau atau 2,9 (skala 4) untuk maple matematika, fisika, kimia dan Bahasa Inggris
Surat keterangan akreditasi sekolah oleh BAN-PT
Surat rekomendasi kepala sekolah
Raport semester 1 s.d semester 5
Piagagam / sertifikat akademik minimal tingkat kabupaten
Tulisan yang berisi motivasi kuliah di STTN
Surat keterangan dokter yang menyatakan sehat rohani dan jasmani serta tidak buta warna total maupun parsial
Surat bebas narkoba dari dokter atau kepolisian dan SKCK

Politeknik Kesehatan (Poltekkes Kemenkes)

sekolah kedinasan di jogja
Source : tribunnewswiki.com

Berikutnya ada Poltekkes Kemenkes yang merupakan salah satu sekolah kedinasan kesehatan yang ada di Jogja. Poltekkes kemenkes ini berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan yang gunanya untuk mencari tenaga kerja kesehatan di Indonesia. Program pendidikan yang tersedia ada D3 dan D4

Poltek ATK (Politeknik Akademi Teknologi Kulit)

sekolah kedinasan di Jogja
Source : rencanamu.id

Sekolah kedinasan di Jogja yang keenam yaitu ada Poltek ATK atau Politeknik Akademi Teknologi Kulit. Poltek ATK ini adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Perguruan tinggi yang satu ini dibuat khusus agar mahasiswa yang menjadi lulusannya menjadi tenaga ahli di bidang pengolahan dan pengelolaan kulit. Program studi yang dibuka yaitu Teknologi Pengolahan Kulit serat Desain dan Teknologi Kulit.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP)

sekolah kedinasan di jogja
Source : faktakampus.com

Sekolah kedinasan di Jogja berikutnya ada STTP. Mengingat Indonesia adalah negara agraris, maka negara ini memerlukan banyak tenaga ahli yang profesional di bidang pertanian. Nah, hal inilah yang membuat pemerintah membuat sekolah kedinasan STTP. Sekolah ini berfokus memberikan Pendidikan seputar Penyuluhan Pertanian.

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)

Sekolah kedinasan di jogja
Source: radarjogja.com

Sekolah kedinasan di Jogja yang terakhir yaitu STTKD atau Tinggi Teknologi Kedirgantaraan atau STTKD yang merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan TNI AU. Sekolah ini melaksanakan pendidikan pada bidang penerbangan. Program studi atau jurusan yang tersedia yaitu aircraft, desain pesawat tanpa awak, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Ada 8 sekolah kedinasan di Jogja yang sama sama memiliki kelebihan di bidangnya. Mulai dari AAU sampai dengan STTKD. Semua memiliki tujuan untuk menjadikan mahasiswanya menjadi tenaga ahli yang professional di bidangnya.

Nah, itulah artikel mengenai sekolah kedinasan di Jogja. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Kritik dan saran dari sobat setia kami perlukan demi kesempurnaan website kami. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.