Rekomendasi Jurusan SAINTEK yang Nggak Banyak Menghitung Saat Kuliah dan Jurusan yang Prospek Gajinya Tinggi!

Beberapa orang kesusahan memilih fokus karir mereka karenakan sistem pendidikan yang terlalu memisahkan suatu bidang pengetahuan dan bidang lainnya.
Pengelompokan keilmuan membentuk orang yang hendak menentukan kejuruan di sekolah dan perkuliahan menjadi masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah para penggemar sains yang lemah dengan kemampuan mengolah angka kebingungan memilih jurusan SAINTEK yang cocok dengan mereka.
Apakah kamu sedang menghadapi problem yang sama, Bestiee? khusus buat kamu yang ingin menentukan jurusan SAINTEK tapi tidak mau terlalu banyak menghitung di perkuliahan. Berikut ini kami merekomendasikan 5 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan. Kuy, simak baik-baik ya!

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

1. Teknologi Hasil Hutan

Jika kamu menyukai hal-hal berbau alam akan tetapi tidak begitu menyukai perhitungan, muungkin jurusan Teknologi hasil hutan cocok untukmu, Bestie.
Sebagai mahasiswa Teknologi hasil hutan, nantinya kamu akan menerima ilmu seputar teknik eksplorasi hasil hutan serta pengelolaan hasil hutan sebagai produk-produk yang bermanfaaat. Pada program studi ini kamu juga akan mendapat ilmu seputar manajemen industri dan pengelolaan limbah dari industri hasil hutan. Meskipun jurusan ini belum begitu banyak dibicarakan, tapi peluang kerjanya relatif luas dan menjanjikan Lho, Bestiee. Mengingat SDA (Sumber Daya Alam) kehutanan yang semakin memprihatinkan, membutuhkan banyak tenaga ahli dalam bidang ini.

2. Agribisnis

Kamu mencari Jurusan kuliah IPA yang lemah pada matematika dan fisika, akan tetapi masih akrab menggunakan perhitungan dasar kimia? Jurusan Agribisnis adalah jawabannya!
Di samping adanya mata kuliah kimia umum, di jurusan ini kamu akan lebih mendalami seluk beluk perjuangan atau usaha yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Dikarenakan judul utama dari jurusan ini merupakan usaha, kamu akan mempelajari proses produksi, pengelolaan, sampai distribusi hasil pertanian yang efektif supaya memperoleh keuntungan maksimal. Buat kamu yang punya jiwa wirausaha bertenaga, jurusan ini bisa dijadikan opsi utama.

3. Teknik Industri

Apabila kamu mendengar nama “teknik” jangan kabur dulu ya, Bestie. Meski kamu tidak akan lepas dari kegiatan menghitung pada semua jurusan SAINTEK, namun terdapat beberapa jurusan yang tidak mengharuskanmu untuk ahli pada mata kuliah berbau matematis, salah satunya ialah Teknik Industri.
Secara umum , Teknik Industri meliputi segala pengetahuan tentang pengelolaan segala aspek tentang perindustrian. Mulai dari manajemen proyek, pemasaran industri, sampai ekonomi teknik. Karena jurusan ini termasuk multidisipliner, nantinya kamu akan banyak bersinggungan dengan ilmu sosial seperti manajemen bisnis, psikologi, dan segala hal soal pengelolaan sumber daya manusia, Bestie.

4. Budidaya Perairan

Bestiee, meski sekilas terdengar mirip, namun ternyata kajian pada Budidaya Perairan tidak sama dengan jurusan Budidaya Perikanan Loh.. Tidak sama dengan Budidaya Perikanan, jurusan Budidaya Perairan tak terbatas mempelajari dunia perikanan saja.
Pada jurusan ini, kamu akan menggali lebih dalam ilmu tentang aktivitas pemeliharaan serta pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar secara luas. Selain itu, jurusan ini lebih menekankan pada penggunaan teknologi buat menjaga kualitas perairan serta kelestarian lingkungan.

5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya pengelolaan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk kelancaran operasional perusahaan, peluang kerja untuk di bidang ini juga semakin terbuka lebar. Sesuai dengan namanya yaitu K3,jadi program studi ini akan menggali lebih dalam mengenai adanya bahaya dan resiko yang berpotensi terjadi di lingkungan kerja.
Dengan tujuan utama untuk meminimalisir kecelakaan di lingkungan proyek, kamu tidak hanya belajar tentang tata cara pengukuran terhadap faktor-faktor bahaya, melainkan juga mempelajari perihal kesejahteraan kesehatan pekerja dan pengelolaan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup).
Meski kamu akan bertemu dengan beberapa ilmu perhitungan, namun sifat dari mata kuliah tersebut lebih bersifat praktikal dibanding konsep tak berbentuk dan rumus-rumus yang rumit, jadi tenang saja Bestie..

Nah, itu dia lima rekomendasi jurusan yang membutuhkan kemampuan menghitung sangat minim di antara kebanyakan program studi SAINTEK. Sudahkah kamu tercerahkan untuk memilih jurusan SAINTEK idamanmu, Bestiee?

Selain itu kita juga punya rekomendasi jurusan SAINTEK dengan prospek honor tinggi Loh Bestiee..Kepo? Kuyy simak lagi baik-baik ya!

9 Jurusan SAINTEK Gaji Tinggi

1. Kedokteran

Jurusan Saintek pertama yang menerima prospek honor tinggi adalah jurusan Kedokteran. Diperkirakan jurusan ini mendapat honor kurang lebih Rp5 juta sampai Rp10 juta. Beberapa Universitas rekomendasi untuk jurusan kedokteran adalah Universitas Indonesia pada Jakarta, Universitas Gadjah Mada di Jogjakarta dan Universitas Airlangga di Surabaya. Berikutnya yakni, Universitas Sebelas Maret di Solo, Universitas Hasanuddin di Makasar, Universitas Padjajaran di Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Tanjungpura di Pontianak.

2. Teknologi informasi

Jurusan teknologi informasi diperkirakan menerima honor kurang lebih Rp7 juta serta Rp15 juta. Prospek honor yang relatif banyak pada jurusan Saintek. Beberapa rekomendasi Universitas untuk jurusan informasi merupakan Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia.

3. Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan prospek gajinya kurang lebih Rp8 hingga sekitar kurang lebih 15 juta. Rekomendasi Universitas untuk jurusan Teknik Permintaan antara lain, UPN Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi dan Sains Bandung, Universitas Negeri Padang Universitas Jambi dan Universitas Islam Riau. Selanjutnya Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Trisakti, Universitas Mulawarman Samarinda dan Universitas Tanjungpura Pontianak. Ada juga di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Khairun Maluku Utara dan Universitas Jember.

4. Aktuaria

Jurusan Aktuaria dikisarkan mendapat honor kurang lebih Rp9 sampai Rp25 Juta. Beberapa Universitas yang mempunyai jurusan Aktuaria ialah Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Gadjah Mada.

5. Teknik Nuklir

Untuk jurusan Teknik Nuklir kisaran honor yang diperkirakan kurang lebih Rp15 juta sampai Rp25 juta. Beberapa Universitas di Indonesia yang mempunyai jurusan Teknik Nuklir ialah Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir dan BATA Universitas Indonesia.

6. Teknik Penerbangan

Jurusan Teknik Penerbangan prospek gajinya yang didapat mulai Rp5 juta. Beberapa Universitas yang mempunyai jurusan Teknik Penerbangan seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya Universitas Hasanuddin, Universitas Trisakti, Universitas Syiah Kuala, Universitas Lambung Mangkurat, dan Universitas Negeri Padang. Ada juga di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Mulawarman, Universitas Palangka Raya.

7. Teknik Kimia

Teknik Kimia prospek nanti honornya sama dengan Teknik Penerbangan, yaitu berkisaran dari Rp5 juta. Seperti beberapa Universitas yang kami rekomendasikan yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, serta Institut Teknologi Bandung.

8. Arsitektur

Prospek honor jurusan Arsitektur kurang lebih Rp4 juta sampai Rp5 juta. Beberapa rekomendasi untuk jurusan arsitektur seperti, Universitas Brawijaya,Universitas Sebelas Maret, Universitas Gadjah Mada,Universitas Sriwijaya danUniversitas Diponegoro.

9. Teknik Sipil

Prospek honor jurusan Teknik Sipil kurang lebih Rp4 juta hingga Rp5 juta. Terdapat berbagai macam Universitas yang terdapat jurusan teknik sipil ini misalkan, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia. Selanjutnya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November.

Penutup

Mungkin itu saja artikel yang telah kami tulis mengenai Rekomendasi Jurusan SAINTEK yang Nggak Banyak Menghitung Saat Kuliah dan Jurusan yang Prospek Gajinya Tinggi, semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan dan juga informasi tambahan untuk teman-teman yang mungkin masih bingung mengenai jurusan kuliah IPA itu apa saja, kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.