jurusan kuliah ips

Jurusan Kuliah IPS yang Mempunyai Prospek Kerja Sangat Menjanjikan

Jurusan Kuliah IPS – Memilih sebuah jurusan untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tentunya tidak perkara yang mudah bukan? Pasti banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memastikan apakah jurusan yang akan kita pilih tersebut cocok dan sesuai atau tidak dengan keinginan dan kemampuan kita dalam menguasai pengetahuan yang telah kita tampung selama pendidikan di sekolah. Nah untuk cara memastikannya yaitu dengan cara yang pertama ialah kita mencari tau informasi mengenai jurusan-jurusan dan universitas terbaik yang kita inginkan dengan menggunakan google tentunya.

Berikutnya cara yang kedua ialah kita bisa mulai bercerita kepada orang tua atau teman terdekat untuk memastikan “Kira-kira jurusan yang aku ambil udah sesuai sama keinginan ku gak ya?”. Apalagi sekarang masih ada saja yang masih mengelompokkan antara jurusan IPA dan juga jurusan IPS bisa jadi apa aja sih… pasti akan jadi pilihan yang membingungkan ya.

Baca Juga : Beasiswa Unggulan kemendikbud

10 Jurusan Kuliah IPS Menjanjikan

Nah, buat kamu anak-anak SMA kelas 12 khususnya jurusan IPS, pasti akan bertanya-tanya setelah lulus sekolah mau melanjutkan kuliah dimana? Kemudian, peluang apa saja sih yang cocok dan bisa untuk anak-anak kuliah di jurusan IPS? Kalian tidak perlu bingung, karena kami akan memberikan beberapa pilihan jurusan juga gambaran peluang kerja yang bisa kalian pertimbangkan. Check this out ya!

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPS yang pertama ialah jurusan ilmu komunikasi. Jurusan ilmu komunikasi atau yang biasa kita sebut dengan ILKOM ini juga merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati teman-teman yang dari lulusan IPS. Akan tetapi, ada juga yang bilang kalau jurusan ini banyak yang isinya cuman buat anak-anak yang jago ngomong, ini salah besar ya guys!
Selain membahas tentang medium yang digunakan yaitu untuk berkomunikasi, di jurusan ini kamu juga akan belajar banyak hal seputar dunia politik, sains, menulis berita, fotografi, bahkan sampai diminta untuk membuat program acara TV loh guys. Pada dasarnya, kamu akan belajar banyak hal tentang aspek-aspek komunikasi juga teori dan praktik. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai penulis, presenter, jurnalis, public relations, hubungan masyarakat, dan lain-lain.

✅REKOMENDED:  Pengertian Ilmu Pendidikan dan Fungsinya

2. Psikologi

Jurusan psikologi juga merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati anak IPS setiap tahunnya, hampir sama dengan jurusan ilmu komunikasi dan tentu pesainnya juga banyak, tapi jangan berkecil hati dulu ya guys. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal mengenai mental, pikiran, serta perilaku manusia. Jurusan ini juga akan meneliti alur pemikiran serta alasan di balik sikap yang kita lakukan. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai HRD, psikolog, terapis, penulis, content creator, dan lain-lain.

3. Hubungan Internasional

Jurusan hubungan Internasional atau yang biasa kita kenal dengan jurusan HI ini merupakan salah satu jurusan yang paling bergengsi. Mahasiswa yang memilih jurusan Hubungan Internasional ini nanti akan diminta untuk menyelidiki segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, serta globalisasi. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai Konsultan politik, diplomat, wartawan internasional, konsultan Imigrasi, dan lain-lain.

4. Akuntansi

Menjadi anak jurusan IPS pada SMA, kamu pasti udah gak asing lagi sama jurusan akuntansi kan? Walaupun pelajaran akuntansi hanya diberikan guru pada saat kita telah menginjak kelas 12 SMA, tapi tidak menutup kemungkinan kita lulusan IPS dapat memilih kuliah jurusan tersebut. Akuntansi merupakan salah satu program atau jurusan kuliah yang mempelajari tentang keuangan seperti prinsip akuntansi serta teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi porto, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, dan lain-lainnya. Pada dasarnya, kamu akan mempelajari banyak hal mengenai keuangan khususnya di sebuah perusahaan ya. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai Akuntan, pemeriksa keuangan, manajer keuangan, administrasi, dan lain-lain.

✅REKOMENDED:  contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu

5. Manajemen perbankan

Jurusan IPS selanjutnya adalah jurusan manajemen perbankan. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil dalam menangani kegiatan operasional perbankan yang meliputi pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai analisis keuangan, akuntan, analisis kredit, perpajakan, dan lain-lain.

6. Perhotelan dan pariwisata

Seperti yang kamu ketahui, jurusan perhotelan dan pariwisata ini kental banget dengan jurusan-jurusan yang identik di isi oleh mahasiswa dari lulusan Sekolah Menengan Atas IPS. Di jurusan ini nanti, kamu akan mempelajari segala hal yang terkait dengan pariwisata, rekreasi, serta penginapan atau akomodasi. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai pegawai di bidang perhotelan serta kapal pesiar, biro perjalanan wisata, perusahan objek serta daya tarik wisata, konsultan perjalanan wisata, maskapai penerbangan, maupun membuka usaha sendiri.

7. Hukum

Jurusan hukum juga merupakan salah satu jurusan yang paling sering dicari pada perkuliahan nih. Jika kamu peduli banget dengan what’s going on nih di hukum Indonesia, kamu cocok banget loh untuk masuk ke jurusan ini. Disana nanti kamu akan belajar banyak hal tentang peraturan aturan di Indonesia maupun luar negeri. Untuk prospek kerjanya yaitu bisa sebagai pengacara, sekretaris legal, asisten legal, hakim, jaksa, dan lain-lain.

8. Sosiologi

Senang dengan dunia sosial serta ingin bergabung atau menggerakkan organisasi sosial? Jurusan sosiologi bisa banget jadi pilihan kamu loh. Hubungan yang terjadi antara satu orang menggunakan orang yang lain menjadi fokus utama yang dipelajari pada jurusan ini. Hubungan itu sendiri bentuknya beragam dan akan punya dampak langsung terhadap kondisi masyarakat. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai Peneliti sosial, sosiolog, spesialis media sosial, relawan, dan lain-lain.

✅REKOMENDED:  Slogan yang Cocok untuk Pelajar Adalah Sebagai berikut

9. Penyiaran (broadcasting)

Broadcasting atau penyiaran adalah salah satu cabang dari jurusan ilmu komunikasi terutama jurnalistik. Apa sih yang dipelajari di jurusan ini? Nah jurusan broadcasting mempelajari tentang bagaimana menciptakan dan mengemas suatu ide sebagai program untuk di produksi serta disiarkan pada khalayak lewat media massa. Untuk prospek kerjanya yakni sebagai wartawan, tim kreatif TV atau radio, content creator, presenter, dan lain-lain.

10. Fashion bisnis

Buat kamu yang suka fashion dan bercita-cita punya usaha di bidang itu, jurusan ini adalah jurusan yang tepat buat kamu. Program studi Fashion bisnis mempelajari bagaimana mengatur bisnis pada dunia fashion serta perilaku konsumen pada trend fashion saat ini. Untuk prospek kerja jurusan ini yakni sebagai Visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist, dan lain-lain.
Penutup
Mungkin itu saja artikel yang telah kami tulis mengenai Jurusan Kuliah IPS, semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan dan juga informasi tambahan untuk teman-teman yang mungkin masih bingung mengenai jurusan kuliah IPS itu apa saja, kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih

Pencarian Populer
Tes Jurusan Kuliah Ips -Jurusan Kuliah Ips Yang Menjamin Masa Depan -Jurusan Kuliah Ips Yang Menjanjikan -Jurusan Kuliah Ips Yang Menjanjikan Pekerjaan -Jurusan Kuliah Ips Yang Tidak Ada Matematika -Jurusan Kuliah Untuk Anak Ips Yang Tidak Ada Matematika -Jurusan Mata Kuliah Ips -Macam Macam Jurusan Kuliah Ips -Pekerjaan Jurusan Ips Yang Gajinya Besar -Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan -Jurusan Kuliah Ips Yang Jarang Diminati -Jurusan Kuliah Ips Untuk Wanita -Contoh Jurusan Kuliah Ips -Jurusan Ipa Kuliah Ips-Jurusan Kuliah Ips 2021 -Jurusan Kuliah Ips Dengan Gaji Besar -Jurusan Kuliah Ips Di Luar Negeri -Jurusan Kuliah Ips Di Ugm -Jurusan Kuliah Ips Di Ui -Jurusan Kuliah Ips Di Unpad -