rekomendasi jurusan stan

Kuy Intip! 5 Jurusan STAN yang Paling Banyak diminati

Jangan ditanya lagi deh kalau masalah masuk PKN STAN. Pasti teman-teman semua pada pingin masuk kesini kan? Hihi. Meskipun namanya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, tapi jurusan yang terdapat di kampus ini bervariatif Lho.

Sebelum masuk ke topik pembahasan, kita akan memberi informasi sedikit mengenai PKN STAN. Apa sih yang dimaksud PKN STAN? Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tau apa yang dimaksud PKN STAN. Nah, PKN STAN atau kepanjangan dari Politeknik Keuangan Negara STAN artinya perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menyelenggarakan program studi diploma di bidang keuangan negara. Selama pendidikan, mahasiswa tak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. setelah lulus, para alumni akan mengikuti ujian seleksi CPNS untuk ditempatkan di instansi lingkungan Kemenkeu ataupun instansi pada pemerintahan pusat dan daerah. Nanti kalian hanya mempunyai kesempatan tiga kali loh untuk mengikuti ujian CPNS.

Baca Juga : Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerjanya

5 Rekomendasi Jurusan STAN

Nah, sekarang langsung masuk ke topik yang akan ingin kita kasih tau nih ke teman-teman, jurusan apa aja sih yang paling banyak diminati pada sekolah kedinasan ini. Mari simak artikel ini baik-baik ya!

1. Akuntansi

Yaps, namanya juga Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, pastinya jurusan yang paling favorit adalah jurusan akuntansi. Bahkan bisa dibilang setengah dari seluruh mahasiswa PKN STAN berasal dari Jurusan Akuntansi. Kenapa peminatnya banyak? Karena, mahasiswa yang lulus dari program studi Akuntansi PKN STAN ini memiliki peluang penempatan kerja yang lebih luas dibanding jurusan-jurusan lainnya. Untuk masuk ke jurusan ini, kamu wajib menyiapkan mental dan pikiran yang matang ya Guys!
Nah, di jurusan ini terdiri dari 3 program diploma dan 4 program diploma. Akuntansi ialah salah satu jurusan yang menuntut hasil Ujian Saringan Masuk tertinggi. Secara umum , Ilmu Akuntansi yang dipelajari di jenjang Diploma PKN STAN sama dengan yang dilahap mahasiswa strata atau tingkatan 1 perguruan tinggi pada umumnya. Hanya saja, mahasiswa PKN STAN dapat tambahan “menu ” seperti Akuntansi Pemerintahan, hukum Keuangan Negara, Keuangan Publik, dan mata kuliah lainnya. Dan saat lulus nanti kamu akan berkesempatan menjadi tenaga akuntan pada semua instansi di Indonesia. Hmm.. keren kan.

✅REKOMENDED:  Prospek Kerja Administrasi Negara 2022

Baca Juga: Rekomendasi Jurusan SAINTEK yang Nggak Banyak Menghitung Saat Kuliah dan Jurusan yang Prospek Gajinya Tinggi!

2. Perpajakan

Dunia keuangan pasti tidak jauh dari pajak. Di PKN STAN juga telah menyediakan program studi pajak. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar banyak hal mmengenai administrasi dan tata kelola pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Memang belajar pajak nggak semudah yang dibayangkan sih, akan tetapi kamu pasti bisa deh melaluinya dengan baik jika bersungguh-sungguh. Lulusannya sih umumnya akan berkecimpung di Ditjen Pajak Republik Indonesia. Yang jelas masa depan kamu bakal terjamin disini.
Jurusan pajak terdiri dari program studi D3 Pajak, D3 Pajak Bumi dan Bangunan atau Penilai, serta D1 Pajak. Apa sih bedanya antara Pajak pada PKN STAN dan perguruan tinggi pada umumnya? Mahasiswanya sama-sama diajari membuat laporan keuangan perpajakan, akan tetapi mahasiswa PKN STAN turut belajar juga tentang administrasi maupun tata usaha pemungut pajak terkait dengan keuangan negara. Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Penjualan Barang mewah (PPnBM), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Akuntansi Dasar hingga Menengah, dan lainnya adalah mata kuliah wajib yang harus di tuntas oleh mahasiswa Jurusan Pajak PKN STAN.
By the way, mata kuliah Pajak ini terkenal nggak mudah Lho, jadi sangat layak untuk kamu perjuangkan. Apalagi, jika kamu juga meyakini senangnya honor pegawai Ditjen Pajak ya, disinilah sebagian besar alumni Jurusan Pajak PKN STAN bekerja.

✅REKOMENDED:  menghormati menjamin dan melindungi hak asasi manusia lainnya disebut

3. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Kepabeanan dan Cukai, merupakan suatu jurusan di PKN STAN yang identik dengan laki-laki. Gimana nggak? Selama pendidikan disini kamu nanti akan di gembleng dengan sistem semi militer dengan tujuan menggembleng calon-calon petugas penjaga pelabuhan dan perbatasan dari kemungkinan adanya penyelundupan. Nah, mungkin ini bisa dijadikan alasan kenapa mahasiswanya hanya laki-laki. Dan lulusannya wajib siap dengan rintangan yang ada. Eits, tapi tenang aja guys, kalo kamu siap dan mempersiapkan sedini mungkin kita yakin kamu pasti bisa kok. Percaya deh! Setelah lulus nanti, mahasiswa dari jurusan ini kebanyakan akan bertugas di Dirjen Kepabeanan dan Cukai Republik Indonesia. Wah asik ya!
Nantinya, jurusan kepabeanan dan cukai terdiri dari program D3 dan D1. Sesuai dengan sistem semi militernya, calon mahasiswa Kepabeanan dan Cukai wajib melewati seleksi fisik yang cukup ketat. Contohnya saja, penglihatan tidak boleh minus atau silinder lebih dari tiga dan tidak boleh buta warna. Ya bayangin aja deh, bila jadi petugas Bea Cukai terus kamu harus periksa barang dengan teliti, tapi kacamatamu ketinggalan. Nah, loo…
Selain sistem pendidikan serta persyaratan fisik semi militer, para calon petugas Bea dan Cukai di PKN STAN juga memerlukan otak yang encer. Masih terkait dengan pemeriksaan barang, mahasiswa Jurusan Kepabeanan dan Cukai wajib menguasai kimia dasar.

4. Kebendaharaan Negara

Selanjutnya adalah salah satu jurusan yang paling diperlukan untuk mengelola perencanaan dan pelaporan keuangan negara. Jurusan ini terdiri dari 3 program studi, yaitu D3 Kebendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, dan D1 Kebendaharaan Negara. Mahasiswa yang mengambil jurusan program studi Kebendaharaan Negara akan mempelajari tentang perencanaan, pelaksanaan, serta pelaporan penggunaan uang negara. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini banyak yang bekerja di Ditjen anggaran, Ditjen pengelolaan utang, daan Ditjen perbendaharaan.

✅REKOMENDED:  6 Keahlian Dan Prospek Kerja Teknik Kimia

5. Manajemen Aset

Manajemen Aset adalah jurusan yang paling kece juga nih di PKN STAN. Jurusan ini akan berfokus dengan mata kuliah hukum. Salah satunya tentang piutang, lelang negara, dan penilaian aset properti.
Saat kamu lulus nanti akan berkecimpung dan bekerja di Ditjen Kekayaan Negara di seluruh Indonesia. Yang pastinya sih jurusan ini sangat dibutuhkan pada setiap daerah di Indonesia. Jadi, siap-siap aja ya guys!

Emang sih, masuk sebagai mahasiswa di PKN STAN tuh emang Istimewa banget, dalam artian beda dari mahasiswa perguruan tinggi pada umumnya mulai dari sistem paket perkuliahan maupun ketentuan seragam. Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester PKN STAN juga harus lebih serius karena jika kamu gagal nantinya resikonya kamu akan dikeluarkan dari kampus Lho. Aduh, berat nggak tuh, jangan sampai ya guys..!
Makanya, kalau kamu telah yakin masuk di PKN STAN, harus banget kamu menyiapkan dengan baik ya.. Gak hanya itu guys, pastikan jika kamu sudah yakin akan masuk ke kampus PKN STAN, kamu harus tetap semangat, pantang mundur, kuatkan mentalmu dan belajarlah lebih keras agar dapat menggapai mimpimu ya. Sejak dari tes masuk ke kampusnyapun sudah ketat, perjalanan selama sebagai mahasiswa PKN STAN juga tidak santai, tapi sepadan lah dengan prospek kerja yang cemerlang di lingkup Kemenkeu. Dan untuk informasi lainnya cek artikel dari kita lainnya ya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau kamu bisa mencari informasi ke PKN STAN langsung agar lebih jelas. Good Luck All!

Penutup

Mungkin itu saja artikel yang telah kami tulis mengenai jurusan yang paling banyak diminati di PKN STAN, semoga artikel diatas dapat memberikan wawasan dan juga informasi tambahan untuk teman-teman mengenai yang mungkin masih bingung ingin memasuki jurusan di PKN STAN, kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima kasih