APA NAMA PUASA SEBELUM IDUL ADHA

Pengertian Puasa Sebelum Idul Adha

Hello Sobat INDONEWSID, sebelum membahas apa nama puasa sebelum Idul Adha, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu puasa sebelum Idul Adha. Puasa sebelum Idul Adha adalah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah, yaitu bulan ke-12 dalam kalender Hijriyah. Puasa ini dilakukan sebagai bentuk persiapan menyambut hari raya Idul Adha.

Keutamaan Puasa Sebelum Idul Adha

Tidak hanya sebagai persiapan menyambut Idul Adha, puasa Dzulhijjah juga memiliki keutamaan tersendiri. Puasa ini merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Puasa sebelum Idul Adha juga dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Selain itu, keutamaan lainnya adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Waktu Pelaksanaan Puasa Sebelum Idul Adha

Puasa sebelum Idul Adha dilaksanakan selama 9 hari, yaitu dimulai pada tanggal 1 Dzulhijjah dan berakhir pada tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari ke-10 Dzulhijjah, umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha. Puasa ini tidak wajib dilakukan, namun sangat dianjurkan bagi umat Islam yang mampu melakukannya.

Apa Nama Puasa Sebelum Idul Adha?

Sebelumnya kita sudah membahas apa itu puasa sebelum Idul Adha, keutamaannya, dan waktu pelaksanaannya. Sekarang, mari kita bahas apa nama puasa sebelum Idul Adha. Puasa ini dikenal dengan beberapa nama, di antaranya adalah puasa Tasua dan puasa Asyura.

Puasa Tasua

Puasa Tasua dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, yaitu satu hari sebelum Idul Adha. Puasa ini juga dikenal dengan sebutan puasa Hari Arafah, karena pada tanggal tersebut, umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji akan berada di Padang Arafah untuk melakukan wukuf. Puasa Tasua dianggap sebagai bentuk persiapan menyambut hari raya Idul Adha.

Puasa Asyura

Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Muharram, yaitu bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Namun, puasa ini juga dapat dilakukan pada tanggal 9 atau 11 Muharram. Puasa Asyura memiliki keutamaan tersendiri, di antaranya adalah menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Puasa Asyura juga merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Kesimpulan

Puasa sebelum Idul Adha adalah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah sebagai persiapan menyambut hari raya Idul Adha. Puasa ini dilaksanakan selama 9 hari, yaitu dimulai pada tanggal 1 Dzulhijjah dan berakhir pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa sebelum Idul Adha dikenal dengan beberapa nama, di antaranya adalah puasa Tasua dan puasa Asyura. Puasa Tasua dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, sementara puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita dengan melaksanakan puasa sebelum Idul Adha.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya