NIAT PUASA SUNNAH TARWIYAH DAN ARAFAH

Hello, Sobat INDONEWSID! Puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah. Puasa ini merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan spiritual kita.

1. Makna Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki makna yang sangat penting dalam Islam. Tanggal 8 Dzulhijjah merupakan hari Tarwiyah, yang berasal dari kata “tarwiyah” yang berarti memberi makanan dan minuman. Hari ini juga disebut hari persiapan sebelum memasuki hari Arafah.

Sedangkan tanggal 9 Dzulhijjah merupakan hari Arafah, yang merupakan hari penting dalam ibadah haji. Pada hari ini, jutaan jamaah haji berkumpul di Arafah untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

2. Niat Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah

Untuk melakukan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah, kita harus mengetahui niatnya terlebih dahulu. Berikut adalah niat puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah:

“أُصِيْبُ صَوْمَ تَطْوِيْعِ التَّرْوِيْحِ وَصَوْمَ يَوْمِ عَرَفَةَ سَوَاءً”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah dan puasa sunnah Arafah, sama-sama.”

3. Manfaat Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah

Puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan maupun spiritual. Berikut adalah beberapa manfaat puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah:

a. Membersihkan tubuh dari racun

b. Menurunkan berat badan

c. Meningkatkan ketahanan tubuh

d. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

e. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT

4. Tips Agar Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Lebih Lancar

Untuk menjalankan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah lebih lancar, berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat INDONEWSID lakukan:

a. Makan sahur dengan makanan yang bergizi

b. Menghindari makanan yang berlemak dan berat

c. Minum air putih yang cukup

d. Menghindari kelelahan fisik

e. Berdoa dan memperbanyak ibadah selama puasa

5. Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang niat puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah. Puasa ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan spiritual kita. Dengan niat yang benar dan tips menjalankan puasa yang baik, diharapkan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah dapat dilaksanakan dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat INDONEWSID dan kita bisa bertemu kembali di artikel menarik lainnya. Sampai jumpa!