NIAT PUASA DZULHIJJAH HARI KE 3

Halo Sobat INDONEWSID!

Selamat datang kembali di artikel kami, kali ini kami akan membahas tentang Niat Puasa Dzulhijjah Hari Ke 3. Seperti yang kita ketahui, bulan Dzulhijjah adalah bulan yang sangat mulia bagi umat muslim. Pada bulan ini, umat muslim yang mampu diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah.

Namun, bagi umat muslim yang tidak mampu untuk menunaikan ibadah haji, masih bisa mengisi bulan Dzulhijjah dengan berbagai amalan yang mulia, salah satunya adalah puasa Dzulhijjah. Puasa Dzulhijjah memiliki beberapa keutamaan, di antaranya adalah meningkatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Puasa Dzulhijjah dilakukan selama 10 hari, dimulai dari tanggal 1 Dzulhijjah hingga tanggal 10 Dzulhijjah. Dan pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Niat Puasa Dzulhijjah Hari Ke 3.

Sebelum kita membahas tentang Niat Puasa Dzulhijjah Hari Ke 3, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang puasa Dzulhijjah. Puasa Dzulhijjah memiliki beberapa syarat, yaitu:

1. Menunaikan shalat 5 waktu dengan khusyuk dan taat kepada Allah SWT.

2. Menjauhi segala bentuk maksiat dan melakukan amal yang baik.

3. Tidak meninggalkan shalat fardhu dan shalat sunnah yang dianjurkan.

4. Memperbanyak membaca Al-Quran dan berdzikir kepada Allah SWT.

5. Menjaga lisan dari berkata-kata yang buruk dan menyakiti hati orang lain.

Setelah kita mengenal tentang puasa Dzulhijjah, kini saatnya kita membahas tentang Niat Puasa Dzulhijjah Hari Ke 3. Niat Puasa Dzulhijjah Hari Ke 3 adalah:

أُصِيْبِحُ ، فَجَعَلْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ ، يَوْمَ ثَلاَثَةٍ عَنْ دِيْنِيْ ، فَيَا اللهُ إِنَّ لِيْ فِيْهِ نِيَّةً وَعَزْمًا ، فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ يَا مُجِيْبَ الدَّعْوَةِ

Artinya: “Aku berniat puasa di awal pagi, maka aku memilih puasa pada bulan Dzulhijjah, pada hari ketiga karenanya, karena Allah dan semoga Allah menerima niat dan tekadku.”

Dengan membaca niat puasa Dzulhijjah Hari Ke 3 di atas, maka kita sudah sah melakukan puasa Dzulhijjah pada hari itu. Namun, tidak hanya membaca niat puasa saja yang penting, kita juga harus menjaga niat kita agar tetap kuat dan konsisten dalam menjalankan ibadah puasa Dzulhijjah.

Selama kita menjalankan ibadah puasa Dzulhijjah, kita juga harus meningkatkan kualitas ibadah kita, seperti memperbanyak membaca Al-Quran, berdzikir, dan melakukan amal kebaikan lainnya. Kita juga harus menjaga diri dari segala bentuk maksiat dan dosa, serta memperbaiki akhlak dan sikap kita kepada sesama.

Demikianlah pembahasan tentang Niat Puasa Dzulhijjah Hari Ke 3. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas ibadah kita di bulan Dzulhijjah. Mari kita jadikan bulan Dzulhijjah sebagai momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaiki diri kita sebagai seorang muslim yang baik. Aamiin.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!