NIAT PUASA 10 DZULHIJJAH

Pengertian Puasa 10 Dzulhijjah

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang niat puasa 10 Dzulhijjah. Puasa 10 Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah, yaitu hari raya Idul Adha. Puasa ini termasuk puasa yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki banyak keutamaan.

Keutamaan Puasa 10 Dzulhijjah

Puasa 10 Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan di antaranya adalah:

1. Mendapatkan pahala yang besar dan diampuni dosa-dosanya.

2. Menjadi penghapus dosa selama setahun.

3. Mendapatkan pahala seperti haji jika dilakukan secara ikhlas.

4. Menjadi perlindungan dari siksa kubur.

Cara Melakukan Puasa 10 Dzulhijjah

Untuk melakukan puasa 10 Dzulhijjah, Sobat INDONEWSID hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Niat puasa ketika malam harinya.

2. Menjaga diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

3. Melaksanakan shalat sunah dua rakaat pada malam harinya.

Niat Puasa 10 Dzulhijjah

Untuk melakukan puasa 10 Dzulhijjah, Sobat INDONEWSID harus mengucapkan niat puasa pada malam harinya. Berikut adalah niat puasa 10 Dzulhijjah:

“Ushallii sunnata ‘ashurasy-syahril-haraami hadzaa lillaahita’aalaa, fardzal-lii wajhihis-syariif wa haqqi nafsii wa miini wa ziwajii wa zuriyatii wa ‘aasysyiratisy-sholihati bijami’il-muslimiina fii kulli makaanin al-yawma ‘asyura-a hadzaa, allaahu akbaru.”

Kesimpulan

Jadi, Sobat INDONEWSID, puasa 10 Dzulhijjah merupakan puasa yang sangat dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan. Untuk melakukan puasa ini, Sobat INDONEWSID harus mengucapkan niat puasa pada malam harinya dan menjaga diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat INDONEWSID dan dapat menjadi motivasi untuk melaksanakan puasa 10 Dzulhijjah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!