DOA NIAT PUASA SYA’BAN SEKALIGUS BAYAR HUTANG

Assalamu’alaikum Sobat INDONEWSID

Puasa Sya’ban adalah salah satu puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Sya’ban, sebelum masuknya bulan Ramadan. Puasa ini memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim, seperti mendapatkan pahala yang besar, menghapus dosa-dosa, dan memperbanyak amalan kebaikan.

Tidak hanya itu, puasa Sya’ban juga seringkali dimanfaatkan untuk membayar hutang puasa, yang mungkin belum terlaksana pada bulan-bulan sebelumnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan menunaikan kewajiban sebagai seorang Muslim.

Sebelum melaksanakan puasa Sya’ban sekaligus membayar hutang puasa, ada baiknya untuk menyempurnakan niat terlebih dahulu. Berikut adalah doa niat puasa Sya’ban sekaligus bayar hutang:

أَصُوْمُ غَدًا عَنْ شَهْرِ شَعْبَانَ وَعَنْ دَيْنِي الَّذِي عَلَيَّ فَيَا اللهُ أَدَّهُ عَنِّي

Artinya: “Aku berniat puasa besok untuk bulan Sya’ban dan untuk membayar hutang puasa yang aku tanggung, Ya Allah tolonglah aku untuk melunasinya.”

Dengan doa niat puasa tersebut, diharapkan Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan puasa Sya’ban sekaligus membayar hutang puasa yang belum terlaksana.

Tidak hanya itu, selama menjalankan puasa Sya’ban sekaligus membayar hutang puasa, kita juga disarankan untuk memperbanyak ibadah lainnya. Seperti membaca Al-Quran, shalat sunnah, dan sedekah.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, “Janganlah kalian meremehkan sholat-solat yang sedikit, apabila kalian terus menerus melakukannya meskipun sedikit, maka itu akan menjadi banyak. Sungguh, Allah Ta’ala mencoba dan menguji hamba-Nya dengan sedikit pahala dan sedikit amalan. Dan apabila Allah menyukai hamba-Nya, maka Dia akan memperbanyak pahala dan amalannya (HR. Ahmad 21829 dan 21881, Al-Hakim 1/304).”

Dengan memperbanyak ibadah selama puasa Sya’ban sekaligus membayar hutang puasa, kita berharap mendapatkan pahala yang semakin besar dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT.

Selain itu, puasa Sya’ban juga seringkali dihubungkan dengan malam Nisfu Sya’ban. Malam yang disebut juga dengan malam mid tahun Islam ini memiliki makna yang penting bagi umat Muslim, seperti diampuninya dosa-dosa hamba yang bersungguh-sungguh memohon ampun pada malam tersebut.

Untuk itu, selama menjalankan puasa Sya’ban sekaligus membayar hutang puasa, kita juga disarankan untuk memperbanyak ibadah pada malam Nisfu Sya’ban. Seperti shalat tahajud, membaca Al-Quran, dan berdoa memohon ampun kepada Allah SWT.

Terakhir, setelah melaksanakan puasa Sya’ban sekaligus membayar hutang puasa, ada baiknya untuk mengevaluasi diri dan melakukan introspeksi. Apakah sudah melakukan ibadah dengan maksimal selama bulan Sya’ban? Apakah sudah memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan sesama?

Hal ini dilakukan sebagai bentuk memperbaiki diri dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT. Sebab, setiap amalan yang dilakukan dengan ikhlas dan maksimal akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat INDONEWSID