NIAT PUASA SUNNAH AKHIR TAHUN HIJRIAH

Salam hangat untuk Sobat INDONEWSID yang sedang membaca artikel ini. Kita sudah memasuki bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Bulan ini memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah puasa sunnah akhir tahun. Puasa sunnah ini dapat dilakukan selama tiga hari pada bulan Muharram atau lebih tepatnya pada tanggal 13, 14, dan 15 Muharram. Berikut adalah niat puasa sunnah akhir tahun Hijriyah.

Niat Puasa Sunnah Akhir Tahun Hijriyah

Niat puasa sunnah akhir tahun Hijriyah sebenarnya cukup sederhana. Berikut ini adalah niat puasa sunnah akhir tahun Hijriyah yang bisa Sobat INDONEWSID baca saat hendak memulai puasa sunnah tersebut:أَصُوْمُ غَدًا عَنْ سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلمِ لِصَوْمِ عَاشُوْرَاءَArtinya: “Aku berniat puasa sunnah esok hari karena Sunnah Nabi Muhammad SAW, puasa ‘Asyura.”Puasa ‘Asyura sendiri merupakan puasa sunnah pada tanggal 10 Muharram. Namun, niat puasa sunnah akhir tahun bisa dilakukan dengan menyebutkan puasa ‘Asyura karena puasa sunnah akhir tahun ini dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 Muharram yang merupakan tanggal yang dekat dengan puasa ‘Asyura.

Keutamaan Puasa Sunnah Akhir Tahun

Puasa sunnah akhir tahun memiliki banyak keutamaan. Berikut ini adalah beberapa keutamaan puasa sunnah akhir tahun:1. Menghapuskan dosa dan kesalahan di tahun sebelumnya.2. Meningkatkan ibadah dan keimanan.3. Menambah keberkahan dan kesejahteraan di tahun yang baru.4. Merupakan amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.5. Menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Panduan Puasa Sunnah Akhir Tahun

Berikut ini adalah beberapa tips dan panduan untuk melakukan puasa sunnah akhir tahun:1. Mulailah dengan niat yang baik dan ikhlas.2. Persiapkan diri fisik dan mental sebelum memulai puasa.3. Hindari makan dan minum di waktu yang dilarang.4. Tingkatkan ibadah selama puasa, seperti sholat sunnah, membaca Al-Quran, dan berdoa.5. Berpuasalah dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.6. Jangan lupa untuk berbuka dengan makanan yang halal dan sehat.7. Setelah berbuka, jangan lupa untuk beribadah dan berdoa.

Kesimpulan

Puasa sunnah akhir tahun Hijriyah merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dengan melakukan puasa sunnah ini, kita bisa mendapatkan banyak keutamaan dan keberkahan dari Allah SWT. Untuk itu, mari kita lakukan puasa sunnah akhir tahun ini dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kekuatan dan kemudahan untuk melakukan amalan yang benar dan baik. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.