BACAAN NIAT PUASA SENIN KAMIS SEKALIGUS MEMBAYAR HUTANG PUASA RAMADHAN

Pengertian Puasa Senin Kamis dan Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Hello Sobat INDONEWSID, pada bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Namun, terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa menunaikan puasa Ramadhan karena berbagai alasan. Jika kamu termasuk orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan, maka kamu perlu membayarnya secepatnya. Selain itu, kamu juga bisa memperbanyak puasa sunnah, salah satunya adalah puasa Senin Kamis. Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan biasanya dilakukan setiap minggu.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Untuk melakukan puasa Senin Kamis, kamu perlu membaca niat terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan niat puasa Senin Kamis yang bisa kamu baca:أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ بِكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُArtinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Bacaan Niat Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Selain membaca niat untuk puasa Senin Kamis, kamu juga perlu membaca niat untuk membayar hutang puasa Ramadhan. Berikut adalah bacaan niat membayar hutang puasa Ramadhan yang bisa kamu baca:أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ إِنِّي نَوَيْتُ صَوْمَ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ الَّذِي أَديتُهُ فِي عَامِ (ذكر السنة) وَلَمْ أَقْدِرْ عَلَى صِيَامِهِ إِلَّا الآنَ، فَقَدْ أَدَّيْتُهُ الْيَوْمَ تَطْوِعًا مَرْضِيَّةً إِلَى اللَّهِ تَعَالَىArtinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, aku berniat untuk membayar hutang puasa Ramadhan yang aku lakukan pada tahun (sebutkan tahun) dan aku tidak bisa menunaikannya kecuali sekarang. Hari ini aku menunaikannya secara sukarela karena ridha-Mu, Ya Allah.”

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Puasa Senin Kamis memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut:1. Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.2. Menjaga kesehatan fisik dan mental.3. Membersihkan hati dari dosa-dosa kecil.4. Menambah keimanan dan ketakwaan.Sementara itu, membayar hutang puasa Ramadhan juga memiliki keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut:1. Membuat hati menjadi tenang dan merasa lega karena sudah melunasi hutang.2. Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.3. Menambah keimanan dan ketakwaan.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Sekaligus Membayar Hutang Puasa Ramadhan yang bisa Sobat INDONEWSID baca. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita. Jangan lupa untuk selalu membaca niat puasa saat akan melakukan puasa Senin Kamis atau membayar hutang puasa Ramadhan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Wassalamu’alaikum.