APAKAH BOLEH MEMBAYAR HUTANG PUASA DI BULAN SYA’BAN

Penjelasan Tentang Bulan Sya’ban

Hello Sobat INDONEWSID, bulan Sya’ban adalah bulan ke-delapan dalam kalender Hijriyah. Bulan ini sering dianggap sebagai bulan persiapan sebelum masuk ke bulan Ramadan.Banyak umat Muslim yang memilih untuk berpuasa di bulan Sya’ban sebagai bentuk persiapan fisik dan mental untuk menyambut bulan Ramadan yang akan datang.Namun, ada beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai puasa di bulan Sya’ban, salah satunya adalah apakah boleh membayar hutang puasa di bulan Sya’ban jika masih ada hutang puasa di tahun sebelumnya?

Membayar Hutang Puasa di Bulan Sya’ban

Menurut ulama, boleh saja membayar hutang puasa di bulan Sya’ban. Namun, lebih baik jika hutang puasa tersebut dibayar sebelum masuk ke bulan Ramadan.Hal ini disebabkan karena bulan Ramadan adalah bulan yang paling utama untuk berpuasa. Sehingga, sebaiknya jangan menunda-nunda untuk membayar hutang puasa.Jika ada kesulitan untuk membayar hutang puasa sebelum masuk ke bulan Ramadan, maka boleh saja membayarnya di bulan Sya’ban.

Keutamaan Berpuasa di Bulan Sya’ban

Meskipun membayar hutang puasa di bulan Sya’ban diperbolehkan, namun sebaiknya umat Muslim lebih memilih untuk berpuasa secara sukarela di bulan Sya’ban.Terlebih, terdapat beberapa hadis yang mengatakan tentang keutamaan berpuasa di bulan Sya’ban, seperti hadis berikut:”Rasulullah SAW sering sekali berpuasa pada bulan Sya’ban hingga kami mengira beliau akan terus berpuasa seluruh bulan. Dan beliau juga berpuasa pada hampir seluruh bulan Sya’ban.” (HR. Muslim)Dari hadis tersebut, terlihat jelas bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk berpuasa di bulan Sya’ban.

Kesimpulan

Dalam Islam, membayar hutang puasa di bulan Sya’ban diperbolehkan. Namun, sebaiknya jangan menunda-nunda untuk membayarnya sebelum masuk ke bulan Ramadan.Lebih baik lagi jika umat Muslim memilih untuk berpuasa secara sukarela di bulan Sya’ban sebagai bentuk persiapan menyambut bulan Ramadan.Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang puasa di bulan Sya’ban. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat INDONEWSID!