BACAAN NIAT BERBUKA PUASA

Salam hormat untuk Sobat INDONEWSID

Hello Sobat INDONEWSID, bulan Ramadan sudah tiba. Bagi umat Islam, bulan suci ini adalah waktu yang penuh berkah dan keberkahan. Salah satu ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan adalah puasa. Saat berbuka puasa, kita harus membaca niat agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Berikut adalah bacaan niat berbuka puasa yang bisa Sobat INDONEWSID amalkan.

Niat berbuka puasa dibaca setelah adzan Maghrib sebelum makan atau minum. Berikut bacaan niatnya:

“Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu.”

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Niat berbuka puasa ini bersifat sunnah. Artinya, jika Sobat INDONEWSID lupa membacanya, puasanya tetap sah. Namun, membaca niat berbuka puasa merupakan amalan yang dianjurkan agar ibadah kita lebih sempurna.

Selain itu, saat berbuka puasa juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah beberapa doa yang bisa Sobat INDONEWSID bacakan:

“Allahumma inni laka sumtu wa ‘ala rizqika afthartu wa bika amantu.”

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dan aku beriman kepada-Mu.”

“Allahumma taqabbal minni innaka antas samiiul ‘aliim.”

Artinya: Ya Allah, terimalah dari saya karena Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.”

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

Doa-doa tersebut mengandung makna syukur atas nikmat berbuka puasa, memohon ampunan dan ridha Allah SWT. Selain itu, membaca doa juga bisa memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hati.

Bagi Sobat INDONEWSID yang ingin membaca doa lain, bisa mencari referensi di kitab suci Al-Quran atau hadist Nabi Muhammad SAW. Namun, yang terpenting adalah membaca dengan penuh keikhlasan dan keyakinan bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa kita.

Terakhir, jangan lupa untuk mengucapkan salam setelah membaca niat berbuka puasa dan doa. Berikut adalah contoh salam yang bisa Sobat INDONEWSID ucapkan:

“Assalamu’alaikum wa rahmatullah.”

Artinya: Semoga keselamatan dan rahmat Allah selalu menyertai kita.”

Dengan membaca niat berbuka puasa, doa, dan salam, kita bisa merasakan keberkahan bulan Ramadan secara utuh. Semoga amalan kita selalu diterima oleh Allah SWT dan menjadi ladang pahala di akhirat kelak. Amin.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya