BACAAN DOA BERBUKA PUASA RAMADHAN

Salam sejahtera untuk Sobat INDONEWSID yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang harus dilaksanakan selama sebulan penuh. Namun, setelah seharian berpuasa, tentu kita harus mengakhiri dengan berbuka puasa. Dan tak lupa, setiap kali berbuka puasa, kita harus membaca doa agar makanan dan minuman yang kita konsumsi menjadi berkah. Berikut ini adalah bacaan doa berbuka puasa Ramadhan yang bisa Sobat INDONEWSID amalkan.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

“Allohumma lakasumtu wa alaa rizqika aftartu”Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa.Doa ini menjadi doa utama yang biasanya diucapkan setiap kali berbuka puasa. Selain itu, ada beberapa doa lain yang juga bisa diamalkan untuk menambah pahala dan berkah.

Doa Ketika Menyantap Kurma

“Bismillahi rohmanirohim”Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Kurma menjadi salah satu makanan yang biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebelum menyantap kurma, bacalah doa di atas agar makanan tersebut menjadi berkah dan mendatangkan kebaikan.

Doa Setelah Berbuka Puasa

“Allahumma thoyaibnaa thoyib maa rozaqta-naa waqinaa ‘adzaabannar”Artinya: Ya Allah, berikanlah kami makanan yang baik dari rezeki-Mu dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.Setelah berbuka puasa, bacalah doa di atas agar makanan yang kita konsumsi menjadi berkah dan mendatangkan kebaikan.

Doa Sebelum Makan Saat Berbuka Puasa

“Bismillahirrahmanirrahim”Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Sebelum makan saat berbuka puasa, bacalah doa di atas agar makanan yang kita konsumsi menjadi berkah dan mendatangkan kebaikan.

Doa Setelah Makan Saat Berbuka Puasa

“Alhamdulillahilladzi at’amanaa washabanaa wa ja’alanaa muslimiin”Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri kepada-Nya.Setelah makan saat berbuka puasa, bacalah doa di atas sebagai tanda syukur kita atas rezeki yang diberikan Allah.

Doa Agar Puasa Diterima

“Allahummaghfir li dzunubi waftah li abwaba rahmatik”Artinya: Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan bukakanlah pintu rahmat-Mu.Bacalah doa di atas agar puasa kita diterima oleh Allah dan mendatangkan kebaikan.

Doa Agar Diberikan Kekuatan dalam Berpuasa

“Allahumma lakasumtu wa bika aamantu wa alaa rizqika aftartu”Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa.Bacalah doa di atas agar diberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Doa Agar Diberikan Kesehatan

“Allahumma inni as’aluka al-‘afiyah fi dini wa dunyaya wa ahli wa mali”Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kesehatan dalam agama, dunia, keluarga dan harta.Bacalah doa di atas agar diberikan kesehatan dalam beribadah dan kehidupan sehari-hari.

Doa Agar Diberikan Rejeki yang Halal

“Rabbanaa atinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaabannar”Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka.Bacalah doa di atas agar diberikan rejeki yang halal dan mendatangkan kebaikan.

Doa Agar Diberikan Ketenangan Hati

“Hasbiyallahu laa ilaha illa Huwa ‘alaihi tawakkaltu wa Huwa Rabbul ‘Arsyil Azhim”Artinya: Cukuplah Allah bagiku, tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung.Bacalah doa di atas agar diberikan ketenangan hati dalam menjalankan ibadah puasa.

Doa Agar Diberikan Kebahagiaan

“Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa zurriyaatinaa qurrata a’yunin waj’alnaa lilmuttaqiina imaama”Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami istri-istri dan anak-anak kami sebagai penyejuk hati dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.Bacalah doa di atas agar diberikan kebahagiaan dalam keluarga dan kehidupan sehari-hari.

Doa Agar Diberikan Perlindungan dari Gangguan Setan

“A’udzu billahi minasy syaitanirrajim”Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.Bacalah doa di atas agar diberikan perlindungan dari gangguan setan saat berpuasa.

Doa Agar Diberikan Kemudahan dalam Segala Urusan

“Rabbanaa laa tuzigh quloobanaa ba’da idz hadaytanaa wa hab lanaa milladunka rahmah innaka antal wahhaab”Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau sesatkan hati kami setelah Engkau tunjukkan kepada kami, dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau adalah Pemberi karunia yang tiada henti-hentinya.Bacalah doa di atas agar diberikan kemudahan dalam segala urusan.

Doa Agar Diberikan Kedamaian dan Kesabaran

“La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazh zhholimin”Artinya: Tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang yang zhalim.Bacalah doa di atas agar diberikan kedamaian dan kesabaran dalam menjalankan ibadah puasa.

Doa Agar Diberikan Kecerdasan dan Keberhasilan

“Rabbi zidni ‘ilmaa”Artinya: Ya Tuhanku, tambahkanlah aku ilmu.Bacalah doa di atas agar diberikan kecerdasan dan keberhasilan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Agar Diberikan Kebahagiaan di Akhirat

“Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaabannar”Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka.Bacalah doa di atas agar diberikan kebahagiaan di akhirat.

Doa Agar Diberikan Keberkahan dalam Hidup

“Barakallahu lanaa wa laka”Artinya: Semoga Allah memberkahi kita dan engkau.Bacalah doa di atas agar diberikan keberkahan dalam hidup dan mendatangkan kebaikan.

Doa Agar Diberikan Kemampuan untuk Terus Beribadah

“Ya Allah, jadikanlah ibadahku mudah, janganlah Engkau jadikan ia sulit. Berkatilah aku dalam ibadah-Mu dan janganlah Engkau menghilangkan rasa cinta dan semangatku dalam beribadah.”Bacalah doa di atas agar diberikan kemampuan untuk terus beribadah dan mendatangkan kebaikan.

Doa Agar Diberikan Kemampuan untuk Memaafkan

“Allahumma inni as’aluka hilmal laa yada’u wa sahhalal laa yusriqu wa rizqan thoyyiban laa yabuthu ba’dah”Artinya: Ya Allah, aku memohon kepadamu akhlak yang lemah lembut dan tidak kasar, kemudahan yang tidak membuat sulit dan rezeki yang baik yang tidak merugikan setelah diberikan.Bacalah doa di atas agar diberikan kemampuan untuk memaafkan dan mendatangkan kebaikan.

Kesimpulan

Itulah beberapa bacaan doa berbuka puasa Ramadhan yang bisa Sobat INDONEWSID amalkan. Selain membaca doa, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan saat berpuasa. Semoga kita semua diberikan kemampuan untuk menjalankan ibadah puasa dengan baik dan mendapatkan kebaikan yang diinginkan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.