DOA NIAT MAKAN SAHUR

Kenapa Doa Niat Makan Sahur Penting?

Hello Sobat INDONEWSID, menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan memang bukan hal yang mudah. Selain menahan lapar dan haus, kita juga harus memperhatikan waktu-waktu shalat dan berbagai ibadah lainnya. Namun, ada satu hal lagi yang tidak boleh kita lewatkan, yaitu niat makan sahur. Niat makan sahur merupakan doa yang sangat penting karena bisa memudahkan kita dalam menjalankan ibadah puasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang doa niat makan sahur dan bagaimana cara mengamalkannya.

Doa Niat Makan Sahur

Doa niat makan sahur sebenarnya sangat sederhana. Berikut ini adalah doa niat makan sahur yang bisa Sobat INDONEWSID amalkan:

نَوَيْتُ الصُّوْمَ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمُبَارَكِ، فَرَضَ عَلَىَّ صِيَامَهُ لِلَّهِ تَعَالَى

Bunyinya kurang lebih seperti ini: “Nawaitu shouma min shahri Ramadanil mubarok fardhol lillahi ta’ala”. Artinya, “Saya berniat puasa di bulan Ramadan yang mulia ini karena Allah Ta’ala.”

Keutamaan Doa Niat Makan Sahur

Doa niat makan sahur memiliki banyak keutamaan. Pertama, dengan mengucapkan doa niat makan sahur, kita menegaskan niat kita untuk berpuasa di bulan Ramadan. Kedua, doa niat makan sahur bisa memudahkan kita dalam menjalankan ibadah puasa, karena kita sudah mempersiapkan tubuh dengan makan sahur. Ketiga, doa niat makan sahur juga bisa menjadi amal sholeh yang akan kita peroleh pahalanya di akhirat nanti.

Cara Mengamalkan Doa Niat Makan Sahur

Untuk mengamalkan doa niat makan sahur, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, kita harus menyadari bahwa doa niat makan sahur merupakan doa yang sangat penting sehingga harus diucapkan dengan khusyuk dan tulus. Kedua, doa niat makan sahur harus diucapkan sebelum waktu sahur berakhir. Ketiga, kita harus memperhatikan makna dari doa niat makan sahur sehingga kita bisa lebih memahami arti dan tujuan dari ibadah puasa.

Kesimpulan

Doa niat makan sahur merupakan doa yang sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Dengan mengucapkan doa niat makan sahur, kita bisa memudahkan diri dalam menjalankan ibadah puasa dan mendapatkan pahala amal sholeh di akhirat nanti. Oleh karena itu, sebagai muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, marilah kita mengamalkan doa niat makan sahur dengan tulus dan khusyuk. Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT dan kita bisa memperoleh keberkahan di bulan Ramadan yang mulia ini.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya