RUKUN PERTAMA YANG DIKERJAKAN KETIKA SALAT

Hello Sobat INDONEWSID, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai rukun pertama yang harus dilakukan ketika salat. Seperti yang kita ketahui, salat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Namun, tahukah kamu bahwa dalam salat terdapat beberapa rukun yang harus dilakukan dengan benar dan sempurna?

Apa itu Rukun Salat?

Sebelum membahas rukun pertama dalam salat, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu rukun salat. Rukun salat adalah bagian-bagian pokok yang harus dilakukan dalam salat, tanpa rukun salat tersebut maka salat dianggap tidak sah.

Terdapat lima rukun dalam salat, yaitu:

  1. Niat
  2. Takbiratul Ikhram
  3. Qiyam
  4. Ruku
  5. Sujud

Nah, rukun pertama yang akan kita bahas adalah Niat.

Apa itu Niat?

Niat merupakan kesungguhan hati dalam melaksanakan salat. Niat harus dilakukan sebelum memulai salat dan dilakukan dalam hati. Niat ini penting dilakukan agar salat yang kita lakukan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT.

Saat melakukan niat, kita harus menyebutkan dalam hati bahwa kita akan melaksanakan salat sesuai dengan jenis salat yang akan dilakukan, misalnya salat Maghrib, salat Subuh, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Melakukan Niat?

Untuk melakukan Niat, kita harus berdiri dengan tegap menghadap kiblat. Kemudian, sebelum mengucapkan takbiratul ihram, kita membaca niat dalam hati dengan benar. Sebagai contoh, “Aku niat melaksanakan salat Maghrib dua rakaat karena Allah SWT”.

Setelah itu, kita mengucapkan takbiratul ihram dan memulai salat. Ingat ya Sobat INDONEWSID, niat harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas dalam hati.

Kenapa Niat Sangat Penting dalam Salat?

Niat adalah bagian yang sangat penting dalam salat. Tanpa niat, salat yang kita lakukan tidak akan sah dan tidak akan diterima oleh Allah SWT. Niat juga merupakan bentuk pengakuan kita bahwa kita melakukan salat hanya untuk Allah SWT dan semata-mata untuk mendapatkan ridha-Nya.

Selain itu, dengan melakukan niat yang benar, maka kita akan lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan salat. Sehingga, salat yang kita lakukan akan lebih baik dan lebih bermakna.

Bagaimana Jika Lupa Niat?

Jika dalam salat kita lupa untuk melakukan niat, maka salat yang kita lakukan tidak akan sah. Oleh karena itu, jika kita lupa melakukan niat, maka kita harus mengulang salat dari awal dengan melakukan niat yang benar.

Kesimpulan

Dalam salat, terdapat lima rukun yang harus dilakukan dengan benar dan sempurna. Rukun pertama dalam salat adalah niat. Niat merupakan kesungguhan hati dalam melaksanakan salat dan harus dilakukan sebelum memulai salat. Niat sangat penting dilakukan agar salat yang kita lakukan menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT.

Jangan lupa untuk selalu melakukan niat dengan benar dan ikhlas dalam hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat INDONEWSID. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.