ADA BERAPA RUKUN SALAT

Pengertian Salat

Hello Sobat INDONEWSID! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang rukun salat. Sebelum membahas lebih jauh tentang rukun salat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari salat itu sendiri. Salat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Muslim. Salat juga merupakan ibadah yang dianggap sebagai tiang agama. Salat dilakukan dengan cara menghadap kiblat dan membaca doa serta gerakan-gerakan tertentu.

Jumlah Rukun Salat

Sobat INDONEWSID, ada berapa rukun salat, ya? Sebelum membahas lebih lanjut tentang rukun salat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu jumlah rukun salat itu sendiri. Jumlah rukun salat ada empat, yaitu rukun salat yang pertama adalah takbiratul ihram, rukun salat yang kedua adalah membaca Al-Fatihah, rukun salat yang ketiga adalah rukuk, dan rukun salat yang keempat adalah sujud.

Takbiratul Ihram

Rukun salat yang pertama adalah takbiratul ihram. Takbiratul ihram dilakukan dengan cara mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan membaca takbir “Allahu Akbar”. Dengan membaca takbiratul ihram, kita memulai salat yang kita lakukan.

Membaca Al-Fatihah

Rukun salat yang kedua adalah membaca Al-Fatihah. Al-Fatihah merupakan surat pembuka dalam Al-Quran. Ketika membaca Al-Fatihah, kita harus memperhatikan tajwid serta arti dari setiap ayat yang kita baca.

Rukuk

Rukun salat yang ketiga adalah rukuk. Rukuk dilakukan dengan cara membungkukkan badan dengan tangan di atas lutut. Ketika melakukan rukuk, kita juga harus membaca doa “Subhanallah Rabbiyal Azim”. Rukuk dilakukan sebanyak tiga kali saat salat.

Sujud

Rukun salat yang keempat adalah sujud. Sujud dilakukan dengan cara meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Ketika melakukan sujud, kita juga harus membaca doa “Subhanallah Rabbiyal A’la”. Sujud dilakukan sebanyak dua kali saat salat.

Kesimpulan

Itulah Sobat INDONEWSID, empat rukun salat yang harus kita lakukan saat melaksanakan salat. Rukun salat yang pertama adalah takbiratul ihram, rukun salat yang kedua adalah membaca Al-Fatihah, rukun salat yang ketiga adalah rukuk, dan rukun salat yang keempat adalah sujud. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi kita semua.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya