NIAT PUASA TARWIYAH ARAFAH

Hello Sobat INDONEWSID, apakah kamu sudah mengetahui tentang niat puasa Tarwiyah Arafah? Kedua puasa ini adalah puasa sunnah yang dilakukan oleh umat muslim pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah, yaitu menjelang hari raya Idul Adha. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut mengenai niat puasa Tarwiyah Arafah.

Puasa Tarwiyah

Pada tanggal 8 Dzulhijjah, umat muslim disunnahkan untuk melakukan puasa Tarwiyah. Puasa ini dinamakan puasa Tarwiyah karena pada hari itu, umat muslim dahulu mempersiapkan diri untuk pergi ke Mekah dan menunaikan ibadah haji. Para jamaah haji biasanya mempersiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup untuk menghadapi perjalanan yang panjang.

Selain itu, puasa Tarwiyah juga memiliki makna untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan. Dengan berpuasa, umat muslim diharapkan bisa lebih fokus dalam beribadah dan meningkatkan kualitas spiritualnya.

Meskipun tidak wajib, berpuasa Tarwiyah sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya. Rasulullah SAW sendiri pernah berpuasa Tarwiyah ketika beliau masih hidup.

Puasa Arafah

Sementara itu, pada tanggal 9 Dzulhijjah, umat muslim disunnahkan untuk melakukan puasa Arafah. Puasa ini dinamakan puasa Arafah karena pada hari itu, jamaah haji berada di Padang Arafah dan melakukan ibadah wukuf.

Puasa Arafah juga memiliki makna yang sama seperti puasa Tarwiyah, yaitu membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan. Selain itu, puasa Arafah juga dianjurkan karena memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa Arafah dapat menghapus dosa-dosa selama satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Niat Puasa Tarwiyah Arafah

Untuk melakukan puasa Tarwiyah Arafah, umat muslim perlu mengetahui niat puasa yang benar. Niat puasa Tarwiyah Arafah adalah sebagai berikut:

“أُصِيْبِحُ صَائِمًا اُنْتَهِيْ بِهِ إِلَى اللهِ تَعَالَى عَنْ نِيَّةِ صَوْمِ التَرْوِيْحَةِ وَصَوْمِ عَرَفَةَ”

Artinya: “Aku berniat berpuasa hari ini untuk menunaikan puasa Tarwiyah dan Arafah karena Allah Ta’ala.”

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai niat puasa Tarwiyah Arafah. Semoga kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas spiritual kita dan mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kita agar lebih banyak yang mengetahui tentang puasa Tarwiyah Arafah. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!