BERAPA HARI PUASA SYA’BAN 2021

Sobat INDONEWSID, Apakah Kamu Tahu Berapa Hari Puasa Sya’ban Tahun Ini?

Hello Sobat INDONEWSID! Kita semua tahu bahwa bulan Sya’ban adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam, karena bulan ini merupakan bulan yang dianggap sebagai bulan persiapan menjelang bulan Ramadan. Dan salah satu tradisi yang biasa dilakukan oleh umat Islam di bulan Sya’ban adalah puasa Sya’ban. Namun, apakah kamu tahu berapa hari puasa Sya’ban tahun ini?

Puasa Sya’ban adalah puasa sunnah yang dilakukan oleh umat Islam pada bulan Sya’ban. Puasa ini bukanlah puasa wajib seperti puasa Ramadan, namun banyak umat Islam yang melaksanakan puasa Sya’ban sebagai bentuk ibadah dan peningkatan spiritualitas.

Ada beberapa pendapat mengenai berapa hari puasa Sya’ban sebaiknya dilakukan. Ada yang mengatakan bahwa puasa Sya’ban sebaiknya dilakukan selama satu bulan penuh, ada yang mengatakan bahwa puasa Sya’ban sebaiknya dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Sya’ban, dan ada juga yang mengatakan bahwa puasa Sya’ban sebaiknya dilakukan pada hari Senin dan Kamis.

Namun, menurut mayoritas ulama, puasa Sya’ban sebaiknya dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Sya’ban. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan An-Nasa’i dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Janganlah kamu melaksanakan puasa sebelum datang bulan Ramadan, kecuali jika kamu sudah biasa berpuasa pada bulan sebelumnya (yaitu bulan Sya’ban).”

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin melaksanakan puasa Sya’ban tahun ini, sebaiknya dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Sya’ban. Namun, jika kamu ingin melaksanakan puasa Sya’ban selama satu bulan penuh atau pada hari Senin dan Kamis, itu juga sah-sah saja. Yang terpenting adalah niat dan tujuan kita dalam melaksanakan puasa Sya’ban sebagai bentuk ibadah dan peningkatan spiritualitas.

Keutamaan Puasa Sya’ban

Melaksanakan puasa Sya’ban memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kita sebagai umat Islam. Di antara keutamaan puasa Sya’ban adalah sebagai berikut:

1. Menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik

Dengan melaksanakan puasa Sya’ban, kita akan terbiasa untuk menahan diri dari perbuatan yang tidak baik, seperti makan dan minum di tempat yang tidak pantas, berkata-kata kotor, dan sebagainya.

2. Meningkatkan ibadah dan spiritualitas

Melaksanakan puasa Sya’ban juga dapat meningkatkan ibadah dan spiritualitas kita sebagai umat Islam. Dengan berpuasa, kita akan lebih fokus pada ibadah dan dzikir kepada Allah SWT, sehingga dapat membantu kita lebih dekat dengan-Nya.

3. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Puasa Sya’ban juga dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita sebagai umat Islam. Dengan berpuasa, kita akan lebih sadar dan mengingat bahwa segala sesuatu yang kita lakukan hanya untuk meraih keridhaan Allah SWT semata.

4. Mendapatkan pahala yang besar

Salah satu keutamaan puasa Sya’ban adalah mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang yang berpuasa Sya’ban dengan penuh keikhlasan dan iman, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya dan memberikan pahala yang besar.

Kesimpulan

Jadi, Sobat INDONEWSID, berapa hari puasa Sya’ban tahun ini sebaiknya dilakukan? Menurut mayoritas ulama, puasa Sya’ban sebaiknya dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Sya’ban. Namun, jika kamu ingin melaksanakan puasa Sya’ban selama satu bulan penuh atau pada hari Senin dan Kamis, itu juga sah-sah saja. Yang terpenting adalah niat dan tujuan kita dalam melaksanakan puasa Sya’ban sebagai bentuk ibadah dan peningkatan spiritualitas.

Melaksanakan puasa Sya’ban juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kita sebagai umat Islam, seperti menjaga diri dari perbuatan yang tidak baik, meningkatkan ibadah dan spiritualitas, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan bulan Sya’ban ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan ibadah dan spiritualitas kita sebagai umat Islam.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.